UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR GERAK DASAR LARI MELALUI PENDEKATAN BERMAIN DALAM PEMBELAJARAN PENJASORKES PADA SISWA KELAS V SD NEGERI I KUWU KECAMATAN KRADENAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018
DOI:
https://doi.org/10.29407/pn.v3i1.11711Keywords:
motivasi dan hasil belajar, pendekatan bermain, gerak dasar lariAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar gerak dasar lari dalam pembelajaran penjas melalui pendekatan bermain.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan sasaran penelitian siswa kelas V SD Negeri 1 Kuwu Kecamatan Kradenan Kabupaten Grobogan. Penelitian dilakukan selama dua siklus, tiap 1 siklus 1 kali pertemuan, Data motivasi diperoleh dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan bermain meningkatkan motivasi belajar gerak dasar lari siswa, sehingga dapat meningkatkan rerata kecepatan lari 50 m dari siklus I sebesar 9,75 (kategori baik) meningkat menjadi 9,46 (kategori baik) pada siklus II. Sedangkan jumlah siswa yang tuntas pada siklus I sebanyak 30 anak (68, 18 %) setelah siklus II yang tuntas menjadi 39 anak (88,63 %) dari 44 jumlah siswa, maka telah melampaui ketuntasan individu dengan kategori baik dan ketuntasan klasikal sebesar 75 %.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License