UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR GERAK DASAR LARI MELALUI PENDEKATAN BERMAIN DALAM PEMBELAJARAN PENJASORKES PADA SISWA KELAS V SD NEGERI I KUWU KECAMATAN KRADENAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018

  • Totok Warsito SD Negeri 1 Kuwu
Abstract views: 85 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 215
Keywords: motivasi dan hasil belajar, pendekatan bermain, gerak dasar lari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar gerak dasar lari dalam pembelajaran penjas melalui pendekatan bermain.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan sasaran penelitian siswa kelas V SD Negeri 1 Kuwu Kecamatan Kradenan Kabupaten Grobogan. Penelitian dilakukan selama dua siklus, tiap 1 siklus 1 kali pertemuan, Data motivasi diperoleh dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan bermain meningkatkan motivasi belajar gerak dasar lari siswa, sehingga dapat meningkatkan rerata kecepatan lari 50 m dari siklus I sebesar 9,75 (kategori baik) meningkat menjadi 9,46 (kategori baik) pada siklus II. Sedangkan jumlah siswa yang tuntas pada siklus I sebanyak 30 anak (68, 18 %) setelah siklus II yang tuntas menjadi 39 anak (88,63 %) dari 44 jumlah siswa, maka telah melampaui ketuntasan individu dengan kategori baik dan ketuntasan klasikal sebesar 75 %.

 

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2017-11-20
How to Cite
Warsito, T. (2017). UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR GERAK DASAR LARI MELALUI PENDEKATAN BERMAIN DALAM PEMBELAJARAN PENJASORKES PADA SISWA KELAS V SD NEGERI I KUWU KECAMATAN KRADENAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 3(1), 54-59. https://doi.org/10.29407/pn.v3i1.11711