UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH MELALUI PENDEKATAN BERMAIN LOMPAT KANGURU PADA SISWA KELAS V SEMESTER II SD NEGERI 1 GRABAGAN KEC. KRADENAN KAB. GROBOGAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Abstract
Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar lompat jauh melalui metode pendekatan permainan lompat kanguru pada siswa kelas V Semester II SD Negeri 1 Grabagan Kecamatan Kradenan Kabupaten Grobogan tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus mempunyai 4 langkah yaitu: Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, dan Refleksi. Subyek penelitian tindakan kelas akan diikuti oleh siswa kelas V SD Negeri 1 Grabagan tahun pelajaran 2015/2016, dengan jumlah 19 siswa yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Adapun teknik pengumpulan data penelitian ini diantaranya melalui tes praktik, observasi lapangan. Data penelitian dikumpulkan dan disusun melalui teknik pengumpulan data meliputi : sumber data, jenis data, teknik pengumpulan data dan instrument yang digunakan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui pendekatan bermain kanguru dengan menggunaan media modifikasi berupa botol aqua dan pralon dapat meningkatkan efektitas belajar siswa dan mengoptimalkan penggunaan alat peraga sebagai sarana dan prasarana pada mata pelajaran Pendidikan jasmani Olahraga dan Kesehatan khususnya materi lompat jauh pada siswa kelas V Semester II SD Negeri 1 Grabagan Kec. Kradenan Kab. Grobogan Tahun Pelajaran 2015/2016.
Downloads
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License