UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH MELALUI PENDEKATAN BERMAIN LOMPAT KANGURU PADA SISWA KELAS V SEMESTER II SD NEGERI 1 GRABAGAN KEC. KRADENAN KAB. GROBOGAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Authors

  • widodo widodo Sekolah Dasar Negeri 1 Grabagan

DOI:

https://doi.org/10.29407/pn.v2i2.712

Abstract

  ABSTRAK

Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar lompat jauh melalui metode pendekatan permainan lompat kanguru pada siswa kelas V Semester II SD Negeri 1 Grabagan Kecamatan Kradenan Kabupaten Grobogan tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus mempunyai 4 langkah yaitu: Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, dan Refleksi. Subyek penelitian tindakan kelas akan diikuti oleh siswa kelas V SD Negeri 1 Grabagan  tahun pelajaran 2015/2016, dengan jumlah 19 siswa yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Adapun teknik pengumpulan data penelitian ini  diantaranya melalui tes praktik, observasi lapangan. Data penelitian dikumpulkan dan disusun melalui teknik pengumpulan data meliputi : sumber data, jenis data, teknik pengumpulan data dan instrument yang digunakan.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa  melalui pendekatan bermain kanguru dengan menggunaan media modifikasi berupa botol aqua dan pralon dapat meningkatkan efektitas belajar siswa dan mengoptimalkan penggunaan alat peraga sebagai sarana dan prasarana pada mata pelajaran Pendidikan jasmani Olahraga dan Kesehatan khususnya materi lompat jauh pada siswa kelas V Semester II SD Negeri 1 Grabagan  Kec. Kradenan Kab. Grobogan Tahun Pelajaran 2015/2016.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published

2017-05-22

How to Cite

widodo, widodo. (2017). UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH MELALUI PENDEKATAN BERMAIN LOMPAT KANGURU PADA SISWA KELAS V SEMESTER II SD NEGERI 1 GRABAGAN KEC. KRADENAN KAB. GROBOGAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 2(2), 93–97. https://doi.org/10.29407/pn.v2i2.712