Pengaruh Self-efficacy dan Self-Management dalam Implementasi Layanan Bimbingan dan Konseling di SMP N di Kota Jambi

Isi Artikel Utama

Rasimin
Affan Yusra
Arizona

Abstrak

Tujuan penelitian ini sebagai berikut: 1) Untuk mengungkap seberapa besar pengaruh Selft efficacy terhadap bimbingan dan konseling di SMPN Kota Jambi?., 2) Untuk mengungkap seberapa besar pengaruh Selft management terhadap pelaksaan bimbingan dan konseling di SMPN Kota Jambi?, 3) Untuk mengungkap pengaruh langsung self efficacy dan self management terhadap  pelaksanan bimbingan dan konseling di SMPN Kota Jambi?. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini kuantitatif dengan desain expo-facto uji statistik yg digunakan adalah analisis Linier regresi berganda. Populasi yang ada dalam penelitian ini adalah guru bimbingan dan koseling dibawah naungan Sekolah menengah Pertama Negeri yang berada di kota jambi. Adapun hasil penelitian ini 1. tidak terdapat pengaruh variable  self efficasy (X1) terhadap layanan di sekoalah (Y) hal ini yang ditunjukan dengan hasil 0,146 > 0,05 dan untuk t hitung -1,464< t tabel 1. 2.  terdapat pengaruh variable  self management (X2) terhadap layanan di sekoalah (Y) hal ini yang ditunjukan dengan hasil sebesar 0,000< 0,05 dan untuk t hitung 4,360> t tabel 1,98. 3 terdapat pengaruh  self efficacy (X)1 dan self managemet (X2) secara silmutan terhadap layanan di sekolah (Y) 0,000< 0,005 dan nilai f hitung sebesar 15,030>3,09. Artinya terdapat hubungan yang silmultan antara variable.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Rincian Artikel

Bagian
Artikel

Referensi

Amelia, R. P., Filiani, R., & Herdi, H. (2014). 06 Self-efficacy Terhadap Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Layanan Bimbingan dan. Insight: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(1), 106–110. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/INSIGHT.031.18

Armstrong, C. (2015). Organization Development. Human Resource Development, 103–115. https://doi.org/10.1007/978-1-137-36010-6_6

Asrori, M., & Tjalla, A. (2018). The Effectiveness of Self-management Strategy of Cormier & Cormier Model to Increase Academic Self-efficacy of High School Students. American Journal of Educational Research, 6(6), 816–821. https://doi.org/10.12691/education-6-6-34

Azwar, S. (2010). Metode Penelitian. Pustaka Pelajar.

Bardhoshi, G., & Um, B. (2021). The Effects of Job Demands and Resources on School Counselor Burnout: Self-Efficacy as a Mediator. Journal of Counseling and Development, 99(3), 289–301. https://doi.org/10.1002/jcad.12375

Cohen, L., Manion, L., Morrison, K., & Wyse, D. (2010). A Guide to Teaching Practice. In A Guide to Teaching Practice. https://doi.org/10.4324/9780203848623

Corey, G. (2015). Theory and Practice of Counseling and Psychotheraphy, Eighth Edition. In Acta Universitatis Agriculturae et Silviculturae Mendelianae Brunensis (Vol. 53, Issue 9).

Garson, G. D. (2018). Partial Least Squares. In Multi-Label Dimensionality Reduction. https://doi.org/10.1201/b16017-6

Hanan, A. (2017). Meningkatkan Motivasi Belajar Bimbingan konseling Siswa Kelas VIII.C Melalui Bimbingan Kelompok Semester Satu Tahun Pelajaran 2015/2016. 3(1), 62–72.

Hariko, R. (2016). Ilmu Bimbingan dan Konseling, Nilai dan Kesejahteraan Individu: Studi Literatur. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 118–123.

Idrus, A., & Setiyadi, B. (2021). The Effect of Self-Efficacy and Entrepreneurship on Managers’ Professionalism and Performance in Jambi Community Learning Centers. Performance Improvement Quarterly, 34(1), 31–53. https://doi.org/10.1002/piq.21341

Lorig K R, & Holman H R. (2003). Self Management Education: History, Definition, Outcomes and Mechanisms. Annals of Behavioral Medicine, 26(1), 1–7. http://www.springerlink.com/index/96t1713736v23t27.pdf

McGowan, P. (2005). Self-Management: a Background Paper. New Perspectives: International Conference on Patient Self-Management, 1–10.

Prayitno dan Amti. (2018). Dasar-dasar bimbingan dan konseling. Rineka Cipta. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1135788#

Rahmi, R. (2020). INOVASI PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID-19. December. https://doi.org/10.24235/ath.v

Rod K. Dishman, Robert W. Motl, James F. Sallis, Andrea L. Dunn, Amanda S. Birnbaum, Greg J. Welk, PhD, Ariane L. Bedimo-Rung, PhD, C. C., & Voorhees, and J. B. J. (2006). Self-Management Strategies Mediate Self-Efficacy and Physical Activity. Bone, 23(1), 1–7.

Tomás, J. M., Gutiérrez, M., Georgieva, S., & ... (2020). The effects of self‐efficacy, hope, and engagement on the academic achievement of secondary education in the Dominican Republic. Psychology in the …. https://doi.org/10.1002/pits.22321

Wahyuni, F., & Kurniawan, C. (2022). Asesmen Self-Efficacy Konselor dalam Konseling : Pengembangan dan Validasi. Bulletin of Counseling and Psychotherapy, 4(2), 235–241. https://doi.org/10.51214/bocp.v4i2.196

Wester, K. L., Vaishnav, S., Morris, C. W., Austin, J. L., Haugen, J. S., Delgado, H., & Umstead, L. K. (2020). Interaction of Imposter Phenomenon and Research Self-Efficacy on Scholarly Productivity. Counselor Education and Supervision, 59(4), 316–325. https://doi.org/10.1002/ceas.12191

Young, R., & Ferguson, F. (2021). Writing for pleasure. In Inspiring Primary Learners: Insights and Inspiration Across the Curriculum. https://doi.org/10.4324/9780429024597-17