Keberterimaan Instrumen Penilai Kompetensi Komunikasi dan Interaksi Positif Konselor Terhadap Masyarakat Sekolah
Isi Artikel Utama
Abstrak
Kompetensi penting yang harus dimiliki oleh konselor adalah terampil dalam komunikasi dan interaksi positif dengan komunitas sekolah. Keterampilan ini mencakup tiga hal, yakni dengan staf pendidik, peserta didik, dan orangtua peserta didik. Dari penelisuran belum ditemukan instrumen yang layak untuk menilai ketiga hal tersebut. Tujuan penelitian adalah menghasilkan instrumen penilai kompetensi komunikasi dan interaksi positif konselor terhadap masyarakat sekolah yang memiliki keberterimaan oleh ahli dan praktisi. Metode penelitian ini adalah developmental research. Subjek penelitian adalah dua ahli dari akademisi dan dua ahli dari praktisi bimbingan dan konseling. Hasil dari penelitian dengan subjek dua ahli akademisi adalah 0.34 dengan kriteria cukup baik/ cukup layak. Hasil dari penelitian dengan subjek dua ahli praktisi adalah 0.36 dengan kriteria cukup baik/ cukup layak. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa instrumen penilai kompetensi berkomunikasi dan interaksi positif konselor terhadap masyarakat sekolah telah memiliki keberterimaan baik dari ahli dan praktisi. Dari temuan, peneliti memberikan saran: 1) sebelum menerapkan instrumen, peneliti perlu memberikan pemahaman berupa penjelasan langsung terhadap guru BK akan fungsi dari instrumen evaluasi kinerja BK; 2) peneliti hendaknya dalam pengembangan instrumen menggunakan bahasa yang mudah dipahami, kalimat yang lugas dan sederhana, dan kalimat tidak terlalu panjang; 3) dalam penelitian selanjutnya perlu mengebangkan lebih lanjut hasil pengembangan dari penelitian ini dalam bentuk teknologi yang aplikatif.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Rincian Artikel
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Referensi
Barida, Muya & Sutamo, S. (2016). Pengembangan Instrumen Evaluasi “Self Evaluaation” dan “Peer Evaluation” Layanan Konseling Individual di Sekolah Bagi Konselor. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 4(2), 110-117. https://doi.org/10.29210/17200
Coleman, H.L.K. & Yeh, C. (2008) Handbook of School Counseling. New York: Routledge, Taylor & Francis Group.
Daniel L. Stufflebeam, Chris L. S. Coryn. (2014). Evaluation Theory, Models, and Applications, ed.2nd. San Francisco: Jossey-Bass.
Febriani, Rahmi D. & Triyono (2018). Faktor Penghambat Pelaksanaan Evaluasi Program Bimbingan dan Konseling oleh Guru Bimbingan dan Konseling. Jurnal Counseling Care, 2(1), 21-27. https://doi.org/10.22202/jcc.2018.v2i1.2860
Gibson, R.L., & Mitchell. M.H. (2011). Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Gregory, R.J. (2014). Psychological Testing: History, principle, and Application (7thed). Boston: Pearson.
Gysbers, N.C. & Henderson, P. (2006). Developing & Managing Your School Guidance and Counseling Program (7thed). Alexandria: American Counseling Assosiation.
Gysbers, N.C. & Henderson, P. (2012) Developing & managing your school guidance & counseling program (5thed). Alexandria: American Counseling Association.
Hanggara, G.S. & Setyaputri, N.Y. (2017) Kontribusi Kemenarikan Interpersonal Konselor pada Motivasi Siswa dalam Mengikuti Bimbingan Kelompok di Kota Malang. PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan dan Konseling, 6(1), 36-44. http://dx.doi.org/10.12928/psikopedagogia.v6i1.7122
Hanggara, G., Andrianie, S., & Ariyanto, R. (2018). Pengembangan Aplikasi Assessment Menggunakan Media Short Message Service. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 3(4), 146-153. https://doi.org/10.17977/um001v3i32018p146
Hidayati S, N., Sugiyo, S., & Wagimin, W. (2018). Pengembangan Model Instrumen Evaluasi Program Bimbingan dan Konseling Komprehensif di SMP Negeri Kota Samarinda. Jurnal Bimbingan Konseling, 6(2), 167-173. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jubk/article/view/21793
Juniarti, E., Endang, B., & Lestari, S. (2017). Analisis Evaluasi Pelaksanaan Program Bimbingan Dan Konseling Bidang Sosial di SMA Negeri 9 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(7), 1-9. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/26257
Linden, J.D., Stone, S.C. and Shertzer, B. (1965), Development and Evaluation of an Inventory for Rating Counseling. The Personnel and Guidance Journal, 44: 267-276. https://doi.org/10.1002/j.2164-4918.1965.tb03516.x
Mendiknas. (2008). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 27 Tahun 2008 tentang Standar kualifikasi dan Kompetensi Konselor. Kementerian Pendidikan Nasional RI. https://bsnp-indonesia.org/id/wp-content/uploads/tenaga/Permen_27_Th-2008.pdf
Missouri Departement of Elementary and Secondary Education. (2000). Guidelines for Performance-Based Profesional School Counselor Evaluation. Jefferson City, MO: Author.
Purwaningrum, Ribut. 2011. Pengembangan Instrumen Evaluasi Diri Penguasaan Teknik Dasar Komunikasi dalam Konseling pada Mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang.
Schmith, J.J. (2008) Counseling in Schools: Comprehensive Program of Responsive Service for All Students (5thed). Boston: Pearson Education, Inc.
Sink, C. A. (2009). School counselors as accountability leaders: Another call for action. Professional School Counseling, 13(2), 68–74. https://doi.org/10.5330/PSC.n.2010-13.68
Sugiyo, Muslikah. (2018). Evaluation Models of Guidance and Counseling Service Based CIPP in Senior High School. Windiarti, R (Eds), Proceedings of the 4th International Conference on Early Childhood Education. Semarang Early Childhood Research and Education Talks (SECRET 2018) (pp. 242-249). Atlantis Press. https://doi.org/10.2991/secret-18.2018.41