KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMP KELAS VIII PADA MATERI BANGUN DATAR

Isi Artikel Utama

Rita Susanti
Chandra Novtiar

Abstrak

Pengembangan berpikir kreatif merupakan salah satu fokus pembelajaran matematika. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui tingkat  kemampuan berpikir kreatif siswa SMP Krida Utama kelas VIII pada materi bangun datar. Sampel pada penelitian ini berjumlah 5 orang siswa, instrumen yang digunakan sebanyak 4 buah butir soal yang berbentuk soal uraian. Saat ini pengembangan kreativitas telah menjadi salah satu fokus pembelajaran yang dapat dikembangkan melalui proses mengajar, termasuk pembelajaran matematika. Salah satu topik dalam matematika yang berpotensi sebagai sarana mengembangkan kreativitas pencapaian kemampuan berpikir kreatif adalah topik bangun datar. Pada penelitian ini jumlah siswa yang memenuhi indikator kelancaran (fluency) sebanyak 65 %, flexibility sebanyak 70 %, originality sebanyak 50 %, elaboration sebanyak 40 %.


 

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Rincian Artikel

Bagian
Artikel

Referensi

Halizah, N., & Sari, D. I. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Pada
Materi Lingkaran Di Kelas VIII MTS NURUL HUDA. Apotema, 2(2), 76–85.
Hendriana, H., & Sumarmo, U. (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika.
Hendriana, H., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skills dan soft skills.
Muthaharah, Y. A., Kriswandani, & Prihatnani, E. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif
Matematis Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Bangun Ruang Sisi Datar. Mitra Pendidikan
(JMP Online), 2(1), 63–75.
Putra, T. T., Irwan, & Vionanda, D. (2012). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dengan
Pembelajaran Berbasis Masalah. Pendidikan Matematika, 1(1), 22–26.
Rohaeti, E. E. (2008). Pembelajaran dengan Pendekatan Eksplorasi untuk Mengembangkan
Kemampuan Berfikir Kritis dan Kreatif Matematik Siswa Sekolah Menengah Pertama.
Sumarmo, U., Hidayat, W., & Zukarnaen, R. (2012). Kemampuan Dan Disposisi Berpikir Logis, Kritis,
Dan Kreatif Matematik (Eksperimen terhadap Siswa SMA Menggunakan Pembelajaran
Berbasis Masalah dan Strategi Think-Talk-Write). Pengajaran MIPA, 17, 17–33