KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMP KELAS VIII PADA MATERI BANGUN DATAR
Isi Artikel Utama
Abstrak
Pengembangan berpikir kreatif merupakan salah satu fokus pembelajaran matematika. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa SMP Krida Utama kelas VIII pada materi bangun datar. Sampel pada penelitian ini berjumlah 5 orang siswa, instrumen yang digunakan sebanyak 4 buah butir soal yang berbentuk soal uraian. Saat ini pengembangan kreativitas telah menjadi salah satu fokus pembelajaran yang dapat dikembangkan melalui proses mengajar, termasuk pembelajaran matematika. Salah satu topik dalam matematika yang berpotensi sebagai sarana mengembangkan kreativitas pencapaian kemampuan berpikir kreatif adalah topik bangun datar. Pada penelitian ini jumlah siswa yang memenuhi indikator kelancaran (fluency) sebanyak 65 %, flexibility sebanyak 70 %, originality sebanyak 50 %, elaboration sebanyak 40 %.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Rincian Artikel
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Referensi
Materi Lingkaran Di Kelas VIII MTS NURUL HUDA. Apotema, 2(2), 76–85.
Hendriana, H., & Sumarmo, U. (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika.
Hendriana, H., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skills dan soft skills.
Muthaharah, Y. A., Kriswandani, & Prihatnani, E. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif
Matematis Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Bangun Ruang Sisi Datar. Mitra Pendidikan
(JMP Online), 2(1), 63–75.
Putra, T. T., Irwan, & Vionanda, D. (2012). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dengan
Pembelajaran Berbasis Masalah. Pendidikan Matematika, 1(1), 22–26.
Rohaeti, E. E. (2008). Pembelajaran dengan Pendekatan Eksplorasi untuk Mengembangkan
Kemampuan Berfikir Kritis dan Kreatif Matematik Siswa Sekolah Menengah Pertama.
Sumarmo, U., Hidayat, W., & Zukarnaen, R. (2012). Kemampuan Dan Disposisi Berpikir Logis, Kritis,
Dan Kreatif Matematik (Eksperimen terhadap Siswa SMA Menggunakan Pembelajaran
Berbasis Masalah dan Strategi Think-Talk-Write). Pengajaran MIPA, 17, 17–33