PENGARUH AKTIFITAS PACARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA KELAS XI SMK PEMUDA PAPAR

Isi Artikel Utama

Alik Bima Afriansyah
Khususiyah Khususiyah
Yuanita Dwi Krisphianti

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pacaran digunakan untuk memotivasi dirinya, siswa yang memiliki persepsi mengenai pacaran yang positif akan termotivasi saling bersaing untuk mampu mencapai prestasi belajar yang optimal. Sebaliknya dengan siswa yang mempunyai aktifitas pacaran yang kurang baik akan memiliki keterbatasan dalam mencapai prestasi belajar.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik kausal assosiatif. Proses analisis datanya menggunakan bantuan program SPSS 23.00 for windows dengan menggunakan uji korelasi product moment. Sampel penelitian ini sejumlah 30 siswa yang di ambil dengan menggunakan simple random sampling. Pengambilan datanya menggunakan intrument angket aktifitas pacaran dan angket motivasi belajar. Hasil analisis data menggunakan uji korelasi product moment menunjukkan pengaruh aktifitas pacaran terhadap motivasi belajar memperoleh nilai  0,415  0,361 dengan taraf signifikansi 5%. Maka dapat disimpulkan bahwa Ha berbunyi ada pengaruh aktifitas pacaran terhadap motivasi belajar pada siswa kelas XI di SMK PEMUDA PAPAR tahun ajaran 2016/2017. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti saran yang perlu dikemukanan adalah sebagai salah satu bahan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan bantuan pacar atau teman.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Rincian Artikel

Bagian
Artikel

Referensi

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. PT Rineka cipta
Dasril dan Mawardah, Mutia. 2014. Hubungan Antara Religiusitas Dengan Sikap Terhadap
Pacaran Pada Santri Pondok Pesantren Ahlul Quran Palembang. Jurnal ilmiah
PSYCHE. 8 (1)
DeGenova & Rice. 2005. Intimate relations hip, marriage and family. 6th edition. Boston: Mc
Graw Hill.
Sudjana, 2005. Metode statistika. Bandung: Tarsito.
Sugiyono. 2016. Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.
Bandung: Alfabeta.
Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. Tersedia :
http://www.slideshare.net/suprapto/uu-no-20-tahun-2003., diunduh 15 januari
2016.
Winkel. 2005. Psikologi pendidikan dan evaluasi belajar. Jakarta: Gramedia.

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##