Pelatihan Psychological First Aid Di Lingkungan Perguruan Tinggi: Studi Kasus Di Stikes Bahrul Ulum Jombang

Authors

  • Basith Arham Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri
  • Ajeng Oktavia Larasati Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri
  • Stevanus Gatot Supriyadi Universitas Kahuripan Kediri
  • Mochammad Ilham Aziz Institut Teknil Al - Mahrusiyah

DOI:

https://doi.org/10.29407/dedikasi.v5i2.27354

Keywords:

Psychological First Aid, Student Mental Health, Peer Support

Abstract

Permasalahan kesehatan mental di kalangan mahasiswa menjadi isu serius yang memerlukan perhatian di lingkungan pendidikan tinggi. Mahasiswa sering menghadapi tekanan akademik, sosial, dan ekonomi yang dapat memicu stres, kecemasan, atau depresi. Untuk menjawab kebutuhan tersebut, kegiatan pelatihan Psychological First Aid (PFA) atau Pertolongan Psikologis Pertama dilaksanakan di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Bahrul Ulum Jombang. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi efektivitas pelatihan PFA dalam meningkatkan literasi psikologis, empati, dan kesiapsiagaan mahasiswa serta dosen dalam menangani krisis emosional. Metode yang digunakan adalah pendekatan partisipatif melalui experiential learning berupa simulasi, role play, dan studi kasus, disertai pre-test dan post-test untuk mengukur peningkatan kompetensi. Hasil menunjukkan adanya peningkatan signifikan sebesar 32% dalam pemahaman konsep dasar PFA serta perubahan sikap yang lebih terbuka terhadap isu kesehatan mental. Selain itu, terbentuk kelompok peer support yang berfungsi sebagai sistem dukungan awal di kampus. Temuan ini menunjukkan bahwa pelatihan PFA efektif memperkuat kapasitas civitas akademika dalam memberikan dukungan emosional awal, membangun budaya kampus yang peduli, serta menumbuhkan kesadaran pentingnya kesehatan mental di perguruan tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.
Abstract views: 0 , PDF downloads: 0

References

Brymer, M., Jacobs, A., Layne, C. M., Pynoos, R. S., Ruzek, J. I., Steinberg, A. M., ... & Watson, P. J. (2019). Psychological First Aid: Field operations guide (2nd ed.). National Child Traumatic Stress Network and National Center for PTSD.

Everly, G. S., & Flynn, B. W. (2013). Principles of Psychological First Aid. Johns Hopkins University.

Hunt, J., & Eisenberg, D. (2010). Mental health problems and help-seeking behavior among college students. Journal of Adolescent Health, 46(1), 3–10.

Irawati, D. D., Handayani, H., & Suryani, R. (2021). Prevalensi dan Faktor Risiko Gangguan Mental pada Mahasiswa di Indonesia. Jurnal Psikologi Klinis dan Kesehatan Mental, 10(2), 123–132.

Jorm, A. F. (2012). Mental health literacy: Empowering the community to take action for better mental health. American Psychologist, 67(3), 231–243.

Karyotaki, E., Efthimiou, O., Miguel, C., Cuijpers, P., & Furukawa, T. A. (2022). Intervention effectiveness on depression and anxiety among university students: A meta-analysis. Psychological Medicine, 52(3), 424–435.

Knowles, M. S., Holton, E. F., & Swanson, R. A. (2015). The adult learner: The definitive classic in adult education and human resource development (8th ed.). Routledge.

Lestari, N., & Wulandari, S. (2020). Penguatan soft skills mahasiswa melalui pengabdian masyarakat berbasis kompetensi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 21–29.

Nasir, R., & Kurniawan, T. (2020). Mental health promotion in higher education: Challenges and strategies. Indonesian Journal of Educational Counseling, 4(1), 40–50.

Olff, M., Koeter, M. W., van Haaften, E. H., Kersten, P. H., & Gersons, B. P. (2020). Impact of a peer support system on mental health of university students. European Journal of Psychotraumatology, 11(1), 1801953.

Sa’diyah, L., Rohmawati, E., & Maulidah, R. (2023). Analisis Tingkat Stres dan Strategi Penanganannya pada Mahasiswa STIKES di Jawa Timur. Jurnal Keperawatan Jiwa, 11(1), 58–67.

Setiawati, Y., Yuniarti, K. W., & Putri, D. A. (2022). Peningkatan Literasi Kesehatan Mental Melalui Pelatihan Psychological First Aid (PFA) di Kalangan Mahasiswa. Jurnal Pengabdian Masyarakat Humanis, 3(2), 85–94.

Sukardi. (2018). Transformasi pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 23(2), 157–166.

Wahyuningsih, S., Rahayu, W. P., & Hartati, S. (2021). Integrasi pelatihan PFA dalam pendidikan keperawatan: Sebuah evaluasi program. Jurnal Ilmu Keperawatan, 9(2), 89–96.

World Health Organization. (2011). Psychological First Aid: Guide for Field Workers. WHO.

World Health Organization. (2022). World Mental Health Report: Transforming mental health for all. Geneva: WHO.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2025-12-22

How to Cite

Pelatihan Psychological First Aid Di Lingkungan Perguruan Tinggi: Studi Kasus Di Stikes Bahrul Ulum Jombang. (2025). Dedikasi Nusantara: Jurnal Pengabdian Masyarakat Pendidikan Dasar, 5(2), 241-248. https://doi.org/10.29407/dedikasi.v5i2.27354

Similar Articles

11-20 of 22

You may also start an advanced similarity search for this article.