Pelatihan Psychological First Aid Di Lingkungan Perguruan Tinggi: Studi Kasus Di Stikes Bahrul Ulum Jombang
DOI:
https://doi.org/10.29407/dedikasi.v5i2.27354Keywords:
Psychological First Aid, Student Mental Health, Peer SupportAbstract
Permasalahan kesehatan mental di kalangan mahasiswa menjadi isu serius yang memerlukan perhatian di lingkungan pendidikan tinggi. Mahasiswa sering menghadapi tekanan akademik, sosial, dan ekonomi yang dapat memicu stres, kecemasan, atau depresi. Untuk menjawab kebutuhan tersebut, kegiatan pelatihan Psychological First Aid (PFA) atau Pertolongan Psikologis Pertama dilaksanakan di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Bahrul Ulum Jombang. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi efektivitas pelatihan PFA dalam meningkatkan literasi psikologis, empati, dan kesiapsiagaan mahasiswa serta dosen dalam menangani krisis emosional. Metode yang digunakan adalah pendekatan partisipatif melalui experiential learning berupa simulasi, role play, dan studi kasus, disertai pre-test dan post-test untuk mengukur peningkatan kompetensi. Hasil menunjukkan adanya peningkatan signifikan sebesar 32% dalam pemahaman konsep dasar PFA serta perubahan sikap yang lebih terbuka terhadap isu kesehatan mental. Selain itu, terbentuk kelompok peer support yang berfungsi sebagai sistem dukungan awal di kampus. Temuan ini menunjukkan bahwa pelatihan PFA efektif memperkuat kapasitas civitas akademika dalam memberikan dukungan emosional awal, membangun budaya kampus yang peduli, serta menumbuhkan kesadaran pentingnya kesehatan mental di perguruan tinggi.
Downloads
References
Brymer, M., Jacobs, A., Layne, C. M., Pynoos, R. S., Ruzek, J. I., Steinberg, A. M., ... & Watson, P. J. (2019). Psychological First Aid: Field operations guide (2nd ed.). National Child Traumatic Stress Network and National Center for PTSD.
Everly, G. S., & Flynn, B. W. (2013). Principles of Psychological First Aid. Johns Hopkins University.
Hunt, J., & Eisenberg, D. (2010). Mental health problems and help-seeking behavior among college students. Journal of Adolescent Health, 46(1), 3–10.
Irawati, D. D., Handayani, H., & Suryani, R. (2021). Prevalensi dan Faktor Risiko Gangguan Mental pada Mahasiswa di Indonesia. Jurnal Psikologi Klinis dan Kesehatan Mental, 10(2), 123–132.
Jorm, A. F. (2012). Mental health literacy: Empowering the community to take action for better mental health. American Psychologist, 67(3), 231–243.
Karyotaki, E., Efthimiou, O., Miguel, C., Cuijpers, P., & Furukawa, T. A. (2022). Intervention effectiveness on depression and anxiety among university students: A meta-analysis. Psychological Medicine, 52(3), 424–435.
Knowles, M. S., Holton, E. F., & Swanson, R. A. (2015). The adult learner: The definitive classic in adult education and human resource development (8th ed.). Routledge.
Lestari, N., & Wulandari, S. (2020). Penguatan soft skills mahasiswa melalui pengabdian masyarakat berbasis kompetensi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 21–29.
Nasir, R., & Kurniawan, T. (2020). Mental health promotion in higher education: Challenges and strategies. Indonesian Journal of Educational Counseling, 4(1), 40–50.
Olff, M., Koeter, M. W., van Haaften, E. H., Kersten, P. H., & Gersons, B. P. (2020). Impact of a peer support system on mental health of university students. European Journal of Psychotraumatology, 11(1), 1801953.
Sa’diyah, L., Rohmawati, E., & Maulidah, R. (2023). Analisis Tingkat Stres dan Strategi Penanganannya pada Mahasiswa STIKES di Jawa Timur. Jurnal Keperawatan Jiwa, 11(1), 58–67.
Setiawati, Y., Yuniarti, K. W., & Putri, D. A. (2022). Peningkatan Literasi Kesehatan Mental Melalui Pelatihan Psychological First Aid (PFA) di Kalangan Mahasiswa. Jurnal Pengabdian Masyarakat Humanis, 3(2), 85–94.
Sukardi. (2018). Transformasi pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 23(2), 157–166.
Wahyuningsih, S., Rahayu, W. P., & Hartati, S. (2021). Integrasi pelatihan PFA dalam pendidikan keperawatan: Sebuah evaluasi program. Jurnal Ilmu Keperawatan, 9(2), 89–96.
World Health Organization. (2011). Psychological First Aid: Guide for Field Workers. WHO.
World Health Organization. (2022). World Mental Health Report: Transforming mental health for all. Geneva: WHO.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Basith Arham, Ajeng Oktavia Larasati, Stevanus Gatot Supriyadi, Mochammad Ilham Aziz

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
- Penulis memberikan jurnal tersebut, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya tersebut dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
- Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

