Pengaruh Model Quantum Learning Berbantuan Nearpod Terhadap Kemampuan Long Term Memory Siswa Pada Materi Genetika di MAN Lumajang
DOI:
https://doi.org/10.29407/jbp.v12i2.27080Keywords:
Quantum Learning , Nearpod , Daya IngatAbstract
Hasil observasi pra-penelitian menunjukkan bahwa siswa XII MIPA MAN Lumajang memiliki kemampuan mengingat materi tergolong lemah yang ditandai dengan sebagian besar siswa tidak mampu menjawab ketika diberikan pertanyaan oleh guru pada saat kegiatan recalling memory terkait materi yang dipelajari sebelumnya. Hal ini dikarenakan media pembelajarannya hanya berdasarkan buku paket dan model pembelajaran yang sering diterapkan adalah model konvensional. Sedangkan dalam mempelajari materi genetika dibutuhkan daya ingat yang kuat karena karakteristik materi yang abstrak, banyak ditemukan istilah-istilah asing dan memiliki tingkat kerumitan materi yang cukup kompleks. Dengan demikian, model Quantum Learning berbantuan media nearpod sangat penting untuk diterapkan.Tujuan penelitian yaitu mengetahui signifikansi pengaruh model Quantum Learning berbantuan nearpod pada kemampuan daya ingat jangka panjang siswa XII MIPA MAN Lumajang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif berupa pendekatan nonequivalent pretest-posttest control group design dari jenis quasi eksperimen. Sampel penelitian kelompok kontrol 26 siswa (XII MIPA E) dan kelompok eksperimen 27 siswa (XII MIPA F). Uji Mann Whitney U-Test sebagai teknik analisis data. Hasil penelitian kemampuan long term memory kelompok kontrol diperoleh 48,85 mean prestest dengan 51,31 untuk mean posttest lebih rendah dari kelompok eksperimen yaitu diperoleh hasil 75,34 mean posttest dan mean prestest sebesar 49,52. Hasil uji Mann Whitney U-Test dari hasil posttest soal daya ingat diperoleh nilai Sig. 0.000 < 0.05 atau terdapat pengaruh yang signifikan model Quantum Learning berbantuan media nearpod terhadap kemampuan daya ingat jangka panjang siswa pada materi genetika kelas XII MIPA MAN Lumajang.
References
Adhar, Muhammad, dan Purwadi Didiek. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Quantum Learning
Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Standar Kompetensi Menerapkan Proses Pelaksanaan Pekerjaan Dasar-Dasar Survey Dan Pemetaan Di Kelas X SMK Negeri 3 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 1–13.
Annisa, Maulida Dwi. (2024). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Genetika Kelas XII MIPA Di
SMA Negeri Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2023/2024. Skripsi: Universitas Islam Negeri Kiai
Achmad Siddiq Jember.
Baharun, Hasan. (2018). Penguatan Daya Ingat Mahasantri. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 5(2), 180–
92.
DePorter, Bobbi, dan Mike Hernacki. (2023). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan
Menyenangkan. Bandung: KAIFA.
Fajrina, Suci dan Neviyarni. (2019). Peranan Ingatan serta Implikasinya dalam Proses Pembelajaran”
Jurnal Pendidikan Rokania, 4(1), 35-48.
Jannah, Magfirahtul. (2023). Literatur Review: Telaah Pembelajaran Biologi Materi Genetika Di Sekolah
Menengah Atas. Normalita Jurnal Pendidikan, 11(3), 548–53.
Juleha, Siti, Emah Khuzaemah dan Dewi Cahyani. (2014). Penerapan Strategi Belajar MURDER Untuk
Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa Pada Pembelajaran Biologi Kelas VIII MTS Al-Ikhlas
Setupatok Cirebon. Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains, 11–28.
Latifah, Endah Nur. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Learning Dalam Pelajaran
Bahasa Inggris Terhadap Hasil Belajar Dan Retensi Siswa Kelas Iv Sd Muhammadiyah 1
Samarinda Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan (JIMPIAN), 1(2),
55–70.
Marcharis, Dita Alawiyah. (2015). Beban Kognitif Siswa Pada Pembelajaran Biologi Di SMA Berbasis
Pesantren. Skripsi: Universitas Pendidikan Indonesia.
Mones, Anselmus Yata. (2020). Upaya Meningkatkan Daya Ingat Siswa Kelas IV Melalui Penerapan Metode
Praktek Dan Latihan Terstruktur Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Katolik. Jurnal Selidik, 1(1), 22.
Novianti, Devi. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap
Kemampuan Daya Ingat Siswa Pada Materi Pelajaran Kubus Dan Balok Di SMP Swasta Ar-
Rahman Percut Tahun Pelajaran 2017-2018. Skripsi: UIN Sumatera Utara.
Nurmailia, Emi, Mahwar Qurbaniah, dan Hanum Mukti Rahayu. (2024). The Effectiveness of Nearpod
Interactive Edugame on Learning Retention of Class XI IPA Students of SMAN 1 District of
Seventeen. Qalam: Jurnal Ilmu Pendidikan, 12(1), 63–71.
Saba’ Pasinggi, Yonathan, Zaid Zainal dan A Nurfauziah. (2022). Studi Literatur: Quantum Learning
Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Journal.Citradharma, 7(1), 390–401.
Saparina, Sepi, Anandita E.S, Nuri D.M. (2017). Efektivitas Buku Saku Berbasis Mnemonik Terhadap
Retensi Siswa dengan Metode SQ3R Pada Sub Materi Tulang Di Kelas XI IPA MAN 2 Pontianak.”Jurnal Bioeducation, 4(1), 39-46.
Sudarisman, Suciati. (2015). Memahami Hakikat Dan Karakteristik Pembelajaran Biologi Dalam Upaya
Menjawab Tantangan Abad 21 Serta Optimalisasi Implementasi Kurikulum 2013.” Florea : Jurnal Biologi
Dan Pembelajarannya, 2(1), 29–35.
Sugiyono. (2023). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.Sultan, Lisdayanti dan Hajerina. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Quantum Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII A MTs. AL-Khairat Biromaru Pada Materi Aritmatika
Sosial. Guru Tua :Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 7–20.
Susilowati, Dewi, Novia Puji Rahayu dan Khoiruliono Abdullah. (2023). Penerapan Model Quantum
Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dalam Eksperimen Sederhana Melalui Game Pada
Materi Proses Fotosintesis Di Kelas IVA SD Islam Al Madina. Jurnal Bintang Pendidikan
Indonesia (JUBPI ), 1(4), 261–70.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Kharisma, Heni Setyawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License



