Pengaruh Model Quantum Learning Berbantuan Nearpod Terhadap Kemampuan Long Term Memory Siswa Pada Materi Genetika di MAN Lumajang

Authors

  • Kharisma Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  • Heni Setyawati Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember

DOI:

https://doi.org/10.29407/jbp.v12i2.27080

Keywords:

Quantum Learning , Nearpod , Daya Ingat

Abstract

Hasil observasi pra-penelitian menunjukkan bahwa siswa XII MIPA MAN Lumajang memiliki kemampuan mengingat materi tergolong lemah yang ditandai dengan sebagian besar siswa tidak mampu menjawab ketika diberikan pertanyaan oleh guru pada saat kegiatan recalling memory terkait materi yang dipelajari sebelumnya. Hal ini dikarenakan media pembelajarannya hanya berdasarkan buku paket dan model pembelajaran yang sering diterapkan adalah model konvensional. Sedangkan dalam mempelajari materi genetika dibutuhkan daya ingat yang kuat karena karakteristik materi yang abstrak, banyak ditemukan istilah-istilah asing dan memiliki tingkat kerumitan materi yang cukup kompleks. Dengan demikian, model Quantum Learning berbantuan media nearpod sangat penting untuk diterapkan.Tujuan penelitian yaitu mengetahui signifikansi pengaruh model Quantum Learning berbantuan nearpod pada kemampuan daya ingat jangka panjang siswa XII MIPA MAN Lumajang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif berupa pendekatan nonequivalent pretest-posttest control group design dari jenis quasi eksperimen. Sampel penelitian kelompok kontrol 26 siswa (XII MIPA E) dan kelompok eksperimen 27 siswa (XII MIPA F). Uji Mann Whitney U-Test sebagai teknik analisis data. Hasil penelitian kemampuan long term memory kelompok kontrol diperoleh 48,85 mean prestest dengan 51,31 untuk mean posttest lebih rendah dari kelompok eksperimen yaitu diperoleh hasil 75,34 mean posttest dan mean prestest sebesar 49,52. Hasil uji Mann Whitney U-Test dari hasil posttest soal daya ingat diperoleh nilai Sig. 0.000 < 0.05 atau terdapat pengaruh yang signifikan model Quantum Learning berbantuan media nearpod terhadap kemampuan daya ingat jangka panjang siswa pada materi genetika kelas XII MIPA MAN Lumajang.

Abstract views: 3 , PDF downloads: 1

References

Adhar, Muhammad, dan Purwadi Didiek. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Quantum Learning

Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Standar Kompetensi Menerapkan Proses Pelaksanaan Pekerjaan Dasar-Dasar Survey Dan Pemetaan Di Kelas X SMK Negeri 3 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 1–13.

Annisa, Maulida Dwi. (2024). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Genetika Kelas XII MIPA Di

SMA Negeri Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2023/2024. Skripsi: Universitas Islam Negeri Kiai

Achmad Siddiq Jember.

Baharun, Hasan. (2018). Penguatan Daya Ingat Mahasantri. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 5(2), 180–

92.

DePorter, Bobbi, dan Mike Hernacki. (2023). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan

Menyenangkan. Bandung: KAIFA.

Fajrina, Suci dan Neviyarni. (2019). Peranan Ingatan serta Implikasinya dalam Proses Pembelajaran”

Jurnal Pendidikan Rokania, 4(1), 35-48.

Jannah, Magfirahtul. (2023). Literatur Review: Telaah Pembelajaran Biologi Materi Genetika Di Sekolah

Menengah Atas. Normalita Jurnal Pendidikan, 11(3), 548–53.

Juleha, Siti, Emah Khuzaemah dan Dewi Cahyani. (2014). Penerapan Strategi Belajar MURDER Untuk

Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa Pada Pembelajaran Biologi Kelas VIII MTS Al-Ikhlas

Setupatok Cirebon. Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains, 11–28.

Latifah, Endah Nur. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Learning Dalam Pelajaran

Bahasa Inggris Terhadap Hasil Belajar Dan Retensi Siswa Kelas Iv Sd Muhammadiyah 1

Samarinda Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan (JIMPIAN), 1(2),

55–70.

Marcharis, Dita Alawiyah. (2015). Beban Kognitif Siswa Pada Pembelajaran Biologi Di SMA Berbasis

Pesantren. Skripsi: Universitas Pendidikan Indonesia.

Mones, Anselmus Yata. (2020). Upaya Meningkatkan Daya Ingat Siswa Kelas IV Melalui Penerapan Metode

Praktek Dan Latihan Terstruktur Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Katolik. Jurnal Selidik, 1(1), 22.

Novianti, Devi. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap

Kemampuan Daya Ingat Siswa Pada Materi Pelajaran Kubus Dan Balok Di SMP Swasta Ar-

Rahman Percut Tahun Pelajaran 2017-2018. Skripsi: UIN Sumatera Utara.

Nurmailia, Emi, Mahwar Qurbaniah, dan Hanum Mukti Rahayu. (2024). The Effectiveness of Nearpod

Interactive Edugame on Learning Retention of Class XI IPA Students of SMAN 1 District of

Seventeen. Qalam: Jurnal Ilmu Pendidikan, 12(1), 63–71.

Saba’ Pasinggi, Yonathan, Zaid Zainal dan A Nurfauziah. (2022). Studi Literatur: Quantum Learning

Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Journal.Citradharma, 7(1), 390–401.

Saparina, Sepi, Anandita E.S, Nuri D.M. (2017). Efektivitas Buku Saku Berbasis Mnemonik Terhadap

Retensi Siswa dengan Metode SQ3R Pada Sub Materi Tulang Di Kelas XI IPA MAN 2 Pontianak.”Jurnal Bioeducation, 4(1), 39-46.

Sudarisman, Suciati. (2015). Memahami Hakikat Dan Karakteristik Pembelajaran Biologi Dalam Upaya

Menjawab Tantangan Abad 21 Serta Optimalisasi Implementasi Kurikulum 2013.” Florea : Jurnal Biologi

Dan Pembelajarannya, 2(1), 29–35.

Sugiyono. (2023). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.Sultan, Lisdayanti dan Hajerina. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Quantum Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII A MTs. AL-Khairat Biromaru Pada Materi Aritmatika

Sosial. Guru Tua :Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 7–20.

Susilowati, Dewi, Novia Puji Rahayu dan Khoiruliono Abdullah. (2023). Penerapan Model Quantum

Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dalam Eksperimen Sederhana Melalui Game Pada

Materi Proses Fotosintesis Di Kelas IVA SD Islam Al Madina. Jurnal Bintang Pendidikan

Indonesia (JUBPI ), 1(4), 261–70.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2025-10-30

How to Cite

Pengaruh Model Quantum Learning Berbantuan Nearpod Terhadap Kemampuan Long Term Memory Siswa Pada Materi Genetika di MAN Lumajang. (2025). Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya (JB&P), 12(2), 239-251. https://doi.org/10.29407/jbp.v12i2.27080

Similar Articles

1-10 of 51

You may also start an advanced similarity search for this article.