Pemertahanan Bahasa Sebagai Strategi Komunikasi pada Kegiatan Tutorial (Pembelajar BIPA Kelas Pemula)

Preserving Language as a Communication Strategy in Tutorial Activities (Beginner-level Indonesian Language Learners)

  • Hasan Nugroho Universitas Negeri Malang
Abstract views: 608 , PDF downloads: 1080
Keywords: bipa, tutor, tutorial, pemertahanan bahasa

Abstract

BIPA merupakan wadah bagi warga asing yang ingin belajar bahasa Indonesia.  Terdapat dua pelaksana teknis dalam program BIPA yang langsung bersentuhan dengan pembelajar, yaitu pengajar dan tutor. Artikel ini fokus untuk membahas tentang tutor dan kegiatan tutorial. Salah satu strategi yang dapat dilakukan oleh tutor saat kegiatan tutorial adalah pemertahanan bahasa. Pemertahanan bahasa oleh tutor akan membuat pembelajar terbiasa menggunakan bahasa Indonesia. Pada artikel ini dipaparkan mengenai (1) landasan teori pemertahanan bahasa sebagai strategi komunikasi pada kegiatan tutorial pembelajar BIPA kelas pemula, (2) pemertahanan bahasa sebagai sarana untuk menolak komunikasi dengan bahasa Inggris pada saat kegiatan tutorial, dan (3) pelaksanaan pemertahanan bahasa sebagai strategi komunikasi pada kegiatan tutorial dengan pembelajar BIPA kelas pemula.

Author Biography

Hasan Nugroho, Universitas Negeri Malang

 

35

References

Fishman, J. A. 1972. Language and Nationalism. Massachusetts: Newbury House Publishers.

Pranowo. 2014. Teori Belajar Bahasa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

H.S, Widodo. 2004. Pembelajaran BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing) Model Tutorial. Disertasi tidak dipublikasikan. Malang: Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Artyana, E.R. 2014. Ragam Permainan dalam Pembelajaran Berbicara BIPA. Makalah disajikan pada “ASILE 2014 Conference”. Bali, 29-30 September 2014.

Fauzi, I. 2008. Pemertahanan Bahasa Banjar di Komunitas Perkampungan Dayak. Makalah disajikan pada “Seminar Antar bangsa Dialek-Dialek Austronesia di Nusantara III (SADDAN III)”, Fakultas Linguistik Universiti Brunei Darussalam, Bandar Sri Begawan, 24-26 Januari.

Herawati. 2010. Pemertahanan Bahasa Konjo di Tengah Desakan Bahasa Bugis di Daerah Bufferstard. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Bahasa dan Budaya “Pemertahanan Bahasa Nusantara”, Program Studi Magister Linguistik Pascasarjana Universitas Diponegoro, Semarang, (tanpa tanggal).

Zulfikar, A. 2015. Bahasa Indonesia sebagai Embrio Bahasa ASEAN. Yogyakarta: Program Studi Ilmu Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiah Yogyakarta. (Artikel tidak diterbitkan).

Ardyansyah. 2012. Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing. Ditulis dalam http://badanbahasa.kemdikbud.go.id/lamanbahasa/info_bipa; diakses 9 Desember 2015.

H.S, Widodo. 2001. Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing Model Tutorial. Ditulis dalam https://id.scribd.com/doc/237923440/Model-Pembelajaran-BIPA-Tutorial; diakses 12 Desember 2015.

Reyhner, J. 2010. “Native Language Immersion”. Ditulis dalam https://www.google.com/search?q=immersion+method+pdf&ie=utf-8&oe=utf-8; diakses 12 Desember 2015.

PlumX Metrics

Published
2017-04-28
How to Cite
Nugroho, H. (2017). Pemertahanan Bahasa Sebagai Strategi Komunikasi pada Kegiatan Tutorial (Pembelajar BIPA Kelas Pemula): Preserving Language as a Communication Strategy in Tutorial Activities (Beginner-level Indonesian Language Learners). Wacana : Jurnal Bahasa, Seni, Dan Pengajaran, 1(1), 23-31. https://doi.org/10.29407/jbsp.v1i1.464
Section
Article