Main Article Content

Abstract

Tingginya angka kejadian keterlambatan perkembangan sosial emosional pada anak usia 4-5 tahun di TK Dharma Wanita Kelurahan Burengan Kecamatan Pesantren Kota Kediri. Tujuan penelitian ini yaitu Menganalisis pola asuh orang tua terhadap perkembangan sosial emosional pada anak usia 4–5 tahun di TK Dharma Wanita Kelurahan Burengan Kecamatan Pesanten Kota Kediri. Desain penelitian ini menggunakan analitik korelasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua orang tua yang memiliki anak usia 4-5 tahun yang sekolah di TK Dharma Wanita Kelurahan Burengan Kecamatan Pesantren Kota Kediri  dengan besar sampel 33 responden yang diambil menggunakan teknik simple random sampling. Variabel independent dalam penelitian ini adalah pola asuh orang tua, sedangkan variabel dependenya adalah perkembangan sosial emosional anak. Analisis data menggunakan Spearman Rank. Hasil penelitian didapatkan sebagian kecil dari responden yaitu (21,2% ) menerapkan pola asuh otoriter terhadap perkembangan sosial emosional termasuk katagori berkembang sangat baik. Nilai sig (p) = 0,018, α = 0,05, p < α, maka H0 ditolak, berarti ada pengaruh yang kuat antara pola asuh orang tua terhadap perkembangan sosial emosional pada anak usia  4–5 tahun di TK Dharma Wanita Kelurahan Burengan Kecamatan Pesantren Kota Kediri. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu pola asuh orang tua dengan otoriter akan mempengaruhi perkembangan sosial emosional pada anak usia 4–5 tahun di TK Dharma Wanita Kelurahan Burengan Kecamatan Pesantren Kota Kediri.

Keywords

Pola Asuh Orangtua, Perkembangan Sosial Emosional, Anak

Article Details

How to Cite
Andriani, N. P. L., & Wahyuni, C. (2020). Analisis Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Dharma Wanita Kelurahan Burengan Kecamatan Pesantren Kota Kediri. Judika (Jurnal Nusantara Medika), 4(2), 106-117. https://doi.org/10.29407/judika.v4i2.15383

References

  1. Adriana, D. (2011). Tumbuh Kembang dan Terapi Bermain pada Anak. Jakarta: Salemba Medika
  2. Aliyah Rasyid Baswedan. (2015). Wanita Karir & Pendidikan Anak, Yogyakarta: Ilmu Giri.
  3. Beaty Bea Septiari. (2012). Mencetak Balita Cerdas dan Pola Asuh Orang Tua. Yogyakarta: Nuha Media.
  4. Dadan Suryana. (2016). Pendidikan Anak Usia Dini Stimulasi Dan Aspek Perkembangan Anak, Jakarta: Kencana.
  5. Depdiknas. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan Republik Indonesia No. 137 Tentang Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas
  6. Hasnida. (2014). Analisis Kebutuhan Anak Usia Dini. Jakarta: Luxima.
  7. Hurlock, Elizabeth B. (2011). Psikologi perkembangan : Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta.
  8. Notoatmodjo Soekidjo. (2012). Metodologo Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta
  9. Nursalam.(2011). Konsep Dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu K eperawatan. Jakarta : Salemba Medika.
  10. Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D), Bandung:Alfabeta.
  11. Suryadi. (2011). Psikologi Belajar PAUD. Yogyakarta: Bintang Pustaka Abadi.
  12. Yamin, Jamila Sabri Sunan. (2013). Panduan PAUD Pendidikan Anak Usia Dini, Ciputat: Gaung Persada Press Group.
  13. Yudrik Jahja. (2011). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Kencana.