Membentuk Gerak Dasar Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Permainan Tradisional
PDF

PlumX Metrics

Keywords

Gerak dasar
permainan tradisional

How to Cite

Hanief, Y. N., & Sugito, S. (2015). Membentuk Gerak Dasar Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Permainan Tradisional. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 1(1), 60-73. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v1i1.575

Abstract

Salah satu tujuan pelaksanaan pendidikan jasmani, Olahraga dan Kesehatan di sekolah dasar adalah meningkatkan kemampuan dan keterampilan gerak dasar siswa. Gerak dasar jalan, lari dan lompat merupakan gerak dasar lokomotor yang perlu dikembangkan di sekolah dasar (SD) disamping gerak dasar lainnya. Gerak dasar lokomotor merupakan salah satu domain dari gerak dasar fundamental (fundamental basic movement), di samping gerak dasar non-lokomotor dan gerak dasar manipulatif, gerak dasar lokomotor yang merupakan pokok bahasan yang diajarkan disekolah dasar (SD).

Gerak dasar mempunyai peran penting dalam pembelajaran pendidikan jasmani, terutama cabang olahraga yang menuntut perpindahan tempat atau titik berat badan seperti lari cepat, lompat jauh, lompat tinggi dan cabang olahraga lainnya. Kemampuan gerak dasar dapat diterapkan dalam aneka permainan, olahraga, dan aktivitas jasmani yang dilakukan sehari-hari. Permainan tradisional merupakan salah satu jenis permainan yang dapat memberikan manfaat untuk perkembangan pertumbuhan anak. Permainan tradisional mempunyai hubungan yang erat dengan  perkembangan intelektual, sosial, serta karakter anak.

https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v1i1.575
PDF

References

Adisuyanto Aka, Blasworo. “Olahraga Tradisional Benteng”. 12 Juni 2015. http://www.formi-pb.or.id/olahraga-tradisional-benteng.html

Anonim. ”Benteng : Permainan Tradisional yang Memerlukan Strategi”. 12 Juni 2015. http://ensiklomini.blogspot.com/2013/05/benteng-permainan-tradisional-yang.html

Badan Standar Nasional Pendidikan. (2006). Standar Isi Pendidikan Jasmani Kelas 1-6.

Buku Panduan Pelatihan Standarisasi Wasit/Juri Olahraga Tradisional se-Jawa Timur Tahun 2015.

Gusril. (2004). Beberapa Faktor yang Berkaitan dengan Kemampuan Motorik Siswa Sekolah Dasar Negeri Kota Padang. (Disertasi). Jakarta: PPS UNJ.

Lutan, R. (1988). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Depdikbud. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Proyek Pendidikan Akademi.

Patty, A.M. (2008). Permainan Untuk Segala Usia. Jakarta: PT BPK. Gunung Mulia.

Syarifuddin, A. dan Muhadi. (1992). Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jakarta: Depdikbud. Dirjendekti. Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Copyright (c) 2015 Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran

Downloads

Download data is not yet available.