Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebugaran jasmani siswa kelas IV SDN Puhrubuh I dan MI Mambaul Hikam di Kabupaten Kediri tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pendekatan survey tes. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas IV putra putri dengan jumlah 24 siswa di SD Negeri Puhrubuh I dan MI Mambaul Hikam di Kecamatan Semen. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh, dimana semua populasi dijadikan sebagai sampel. Instrumen penelitian dalam penelitian ini menggunakan tes dan pengukuran. Untuk mengetahui kebugaran jasmani pada siswa maka dilakukan Tes Kebugaran Jasmani Indonesia (TKJI). Berdasarkan analisis data, hasil tingkat kebugaran jasmani siswa SD Negeri Puhrubuh I dan MI Mambaul Hikam 11 siswa termasuk dalam kategori sedang dengan prosentase 45,83%, 9 siswa termasuk dalam kategori kurang dengan prosentase 37,50%, 2 siswa termasuk dalam kategori baik dengan prosentase 8,33%, 2 siswa termasuk dalam kategori kurang sekali dengan prosentase 8,33%. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis deskriptif prosentase, maka dapat disimpulkan bahwa kebugaran jasmani siswa kelas IV SD Negeri Puhrubuh 1 dan MI Mambaul Hikam Kabupaten Kediri tahun ajaran 2016/2017 dalam kategori sedang dicapai sebanyak 11 siswa dengan jumlah prsentase 45,83%.
References
European Commission/EACEA/Eurydice. (2013). Physical Education and Sport at School in Europe. Eurydice Report. Luxembourg: Publications Office of the European Union.
Hanief, Yulingga Nanda and Sugito. (2015). Membentuk Gerak Dasar Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Permainan Tradisional. Jurnal SPORTIF 1.(1): 60-73.
Hanief, Y. N., & Himawanto, W. (2017). Statistik Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.
Ibrahim Rusli. (2001). Landasan Psikologis Pendidikan Jasmai di Sekolah Dasar, Jakarta : Depdiknas.
Mendiknas. (2010). Tes Kesegaran Jasmani Indonesia untuk anak umur 10 – 12 tahun, Jakarta : Pusat Kesegaran Jasmani dan Rekreasi
Sugiyono. (2001). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: CV Alfabeta.
Vamos, Ảgnes dan Tamas Doczi. (2015). Everyday Physical Education: Functional and Dysfunctional Consequences in Hungarian Public Education. Physical Culture and Sport. Studies and Research, 67(1): 20-30. Retrieved 16 November 2017, from doi:10.1515/pcssr-2015-0020.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.