Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen kepelatihan renang dan program latihan pada klub-klub renang di Kota Kediri tahun 2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan dengan metode survey. Subjek penelitian ini pelatih seluruh klub-klub renang kota Kediri yang berjumlah 12 pelatih dari 12 klub. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara dan observasi. Teknik analisis data menggunakan teknik persentase yang disertai dengan uraian deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah variabel mulai dari identifikasi pelatih keseluruhan mendapatkan persentase baik sebesar 86%, identifikasi perekrutan atlet keseluruhan mendapatkan persentase baik sebesar 69,85% dan metode latihan yang digunakan dalam melatih renang dan identifikasi penyusunan program latihan keseluruhan mendapatkan persentase baik sebesar 75%. Pelaksanaan program latihan klub-klub renang kota Kediri tahun 2019, sudah tergolong baik sebesar 77%. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu manajemen kepelatihan yang dilakukan oleh klub-klub renang kota Kediri baik, hal ini dapat dilihat dari banyaknya prestasi yang diraih oleh atlet-atlet renang dari kediri. Kategori baik ini dapat diperoleh setelah melihat manajemen kepelatihan yang di dalamnya terdapat identifikasi pelatih, identifikasi perekrutan atlet metode latihan, dan program latihan yang dilakukan masuk dalam kategori baik.
References
Abadi, R. A. (2018). Studi Analisis Prestasi Atlet Karate Sulawesi Selatan. Jurnal Program Studi Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 9(1).
Cholid, A. (2015). Peranan Pelatih Dalam Memotivasi Pemain Sepakbola. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 11(20).
Agus, A. (2010). Pentingnya Peran Olahraga dalam Menjaga Kesehatan dan Kebugaran Tubuh.
Cashmore, E. (2006). Sport and Exercise Psychology: The Key Concepts. In Sport and Exercise Psychology: The Key Concepts. https://doi.org/10.4324/9780203994160.
Creswell, J. W. (2013). Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. In Journal of Chemical Information and Modeling. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004.
Dio, R. (2018). Gaya Kepemimpinan Pelatih dalam Penerapan Sistem Pengendalian Manajemen dalam Klub Bintang Timur Surabaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 7(1).
Donie. (2013). Kepemimpinan Pelatih dalam Pembinaan Olahraga Prestasi. Padang.
Gordon, D. (2009). Coaching Science (First). Inggris: Learning Matters Ltd.
Hadi, R. (2011). Peran pelatih dalam membentuk karakter atlet. Media Ilmu Keolahragaan Indonesia, 1(1).
Indonesia, P. R. (2005). Undang-Undang Republik Indonesia Sistem Keolahragaan Nasional.
Indrayana, B. (2017). Peranan Kepelatihan Olahraga Sebagai Pendidik, Pelatih dan Pembina Olahraga di Sekolah. Jorpres (Jurnal Olahraga Prestasi). https://doi.org/10.21831/jorpres.v13i1.12882.
Lanang, W. (2011). Pemasalan Bulu Tangkis Melalui Ekstrakurikuler. Suara Merdeka, p. 14.
Leite, N., Baker, J., & Sampaio, J. (2009). Paths to expertise in Portuguese national team athletes. Journal of Sports Science & Medicine, 8(4), 560.
Lekso, F. (2013). Pengaruh Metode Latihan dan Power Tungkai Terhadap Kecepatan Renang Gaya Dada 50 Meter Atlet Kelompok Umur IV Perkumpulan Renang Spectrum Semarang. Journal of Physical Education and Sports, 2(1).
Maksum, A. (2007). Kualitas pribadi atlet: Kunci keberhasilan meraih prestasi tinggi. Anima, Indonesian Psychological Journal, 22(2), 108-115.
Medise, B. E. (2014). Manfaat Olahraga bagi Kesehatan Anak dan Remaja.
Mesquita, I., Isidro, S., & Rosado, A. (2010). Portuguese coaches’ perceptions of and preferences for knowledge sources related to their professional background. Journal of Sports Science & Medicine, 9(3), 480.
Muslima, T. F., & Himam, F. Peran Pelatih dalam Pembinaan Prestasi Atlet pada Organisasi Taekwondo Profesional. Gadjah Mada Journal of Professional Psychology (GamaJPP), 2(3), 186-199.
Nugroho, S. (2016). Manajemen Persatuan Renang Seluruh Indonesia Kabupaten Cilacap. Judika (Jurnal Pendidikan Unsika), 4(2), 243-253.
Pelana, R. (2017). Persepsi Atlet Terhadap SDM PPLM Tentang Prestasi Atlet. Gladi Jurnal Ilmu Keolahragaan, 7(2), 765-779. https://doi.org/10.21009/gjik.072.03.
Pradipta, G. D. (2017). Gaya Kepemimpinan Pelatih dalam Meningkatkan Prestasi Olahraga. Seminar Nasional.
Purnamasari, I. (2011). Hubungan Kompetensi Pelatih dan Prestasi Atlet Ditinjau Dari Perspektif Atlet. Jurnal Kepelatihan Olahraga, 3(2).
Serrano, J., Shahidian, S., Sampaio, J., & Leite, N. (2013). The importance of sports performance factors and training contents from the perspective of futsal coaches. Journal of Human Kinetics. https://doi.org/10.2478/hukin-2013-0055.
Setyobroto, S. (2002). Psikologi Olahraga. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.
Situmorang, A. S. (2012). Gaya Kepemimpinan Pelatih Olahraga dalam Upaya Mencapai Prestasi Maksimal. Proceedings of the National Academy of Sciences.
Sudijono, A. (2012). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susanto, H. (2016). Manajemen Pembinaan Prestasi Atlet Olahraga Renang Di Delta Swimming Club. Jurnal Kesehatan Olahraga, 4(4).
Wibowo, K., Hidayatullah, M. F., & Kiyatno, K. (2017). Evaluasi Pembinaan Prestasi Olahraga Bola Basket di Kabupaten Magetan. Media Ilmu Keolahragaan Indonesia, 7(1), 9-15.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2020 Sugito, Muhammad Akbar Husein Allsabah, Rendhitya Prima Putra