Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran gerak dasar melompat yang menarik dan variatif yaitu melalui permainan lompat cermin yang sesuai dengan dengan karakteristik gerak dasar melompat yang mengacu pada teknik pelaksanaan dan prinsip-prinsipnya. Berdasarkan data awal yang diperoleh melalui pengamatan menunjukkan bahwa perlu adanya dilakukan penelitian lebih mendalam. Penelitian pengembangan model pembelajaran ini mengikuti langkah-langkah yang digunakan oleh Gall & Borg ll yang dikutip oleh Ramadan yang dimodifikasi oleh peneliti karena pertimbangan waktu dan biaya. Secara ringkas data yang diperoleh dari evaluasi ahli pembelajaran diperoleh hasil 81,25%, dari evaluasi ahli pendidikan jasmani diperoleh hasil 91,67%, evaluasi ahli permainan lompat cermin diperoleh hasil 87,50%. Uji coba kelompok kecil diperoleh data 69,27%, dari uji coba kelompok besar diperoleh data bahwa 82,29% maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran hasil pengembangan dapat digunakan.
References
Ali Khafidin S. (2015). Meningkatkan Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Jongkok Melalui Permainan Jump Box. Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreations, 4(8), 1983–1987.
Anggi Feri Setiadi, Rumini, H. W. (2015). Model Pembelajaran Gerak Dasar Melompat Dalam Penjasorkes Melalui Permainan Lompat Bergandeng Pada Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreations, 4(5), 1807–1813.
Ardhika, D. F. (2012). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Gerak Dasar Lompat Melalui Modifikasi Permainan Tradisional Engklek Pada Siswa Kelas Ii Sd Negeri 2 Jeruk Kabupaten Blora Tahun 2013/2014. Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreations, 1(2), 648–655.
Ariawan, D. C. (2015). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Lompat Dan Loncat Melalui Permainan Tali Merdeka. Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreations, 4(10), 2123–2131.
Arikunto, S. (2006). . Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Edisi Revisi VI. Jakarta: Rineka Cipta.
Bakhtiar, W. (2010). Pembelajaran Teknik Dasar Lompat Jauh Melalui Permainan Rangkaian 3 Pos Pada Siswa Kelas V Sd Negeri Bumijawa 07 Kecamatan Bumijawa Kabupaten Tegal Tahun 2013. Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreations, 21(1), 1–11.
BOTA, E. (2103). Contribution of the game in the development of motor skills during the physical education class. Timisoara Physical Education and Rehabilitation Journal., 6(11), 65–69.
Burstiando, R., & Nurkholis, M. (2018). Permainan Invasi dan Permainan Netting untuk Meningkatkan Keterampilan Gerak Dasar Fundamental Siswa SD Negeri Se Kecamatan Mojoroto Kota Kediri. SPORTIF, 3(2), 167. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v3i2.11892
Hanief, Y. N., & Sugito, S. (2015). Membentuk Gerak Dasar Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Permainan Tradisional. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 1(1), 100–113. https://doi.org/https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v1i1.575
Ilham. (2011). Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Peningkatan Kemampuan Lompat Jauh Tanpa Awalan Siswa Sekolah Dasar Negeri No. 52/Iv Kota Jambi. Jurnal Penelitian Universitas Jambi Seri Humaniora, 13(2), 19–24.
Kisyanto, D. (2015). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Jongkok Menggunakan Permainan Lompat Pada Siswa Kelas V Mi Nurul Iman Kendalserut Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014. Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreations, 4(10), 2117–2122.
Ljubojevi, M., Muratovi, A., & Bubanja, M. (2016). Effects of Various Physical Education Curriculum on Motor Skills in Students of Final Grades in Primary School. Sport Mont, 14, 25–28.
Pramono, T. E., Setyawati, H., & Akhiruyanto, A. (2015). Peningkatan Hasil Belajar Lompat Tinggi Menggunakan Modifikas Permainan Lompat Karet Pada Siswa Tunarungu Di Sdlb Negeri Semarang Tahun Ajaran 2013/2014. Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreations, 4(3), 1660–1665.
Raharjo, T. B. (2015). Meningkatkan Hasil Belajar Lompat Jauh Melalui Permainan Lompat Gelang-Gelang Pada Siswa Kelas V Sdn 02 Garungwiyoro. Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreations, 4(8), 2002–2009.
Ramadan, H. T. dan G. (2018). Pengembangan Model latihan Keseimbangan Untuk Sekolah Dasar. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 4, 134–144.
Rinanto. (2015). Pengembangan Model Pembelajaran Lompat Jauh Gaya Jongkok Melalui Permainan Level Jump Dan Garis Tangkap Pada Siswa Kelas Vii Smp Negeri 1 Tulis Kecamatan Tulis Kabupaten Batang Tahun 2013. Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreations, 4(6), 1839–1844.
Stanojević, I. (20116). INFLUENCE OF PROGRAMMED EXERCISE ON THE MOTOR ABILITIES OF PRESCHOOL CHILDREN. International Journal of Cognitive Research in Science, Engineering and Education, 4(1), 55–58.
Sudijono, A. (2008). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Grafindo Persada.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suroso, A., Rustiana, E. R., & Sugiharto, S. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Dan Motorik Dasar Sekolah Dasar Kelas Awal. Journal Of Physical Educatin And Sport, 2(1), 187–192.
Suroso, M. B. (2015). Permainan Lompat Kanguru Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Jongkok. Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreations, 4(9), 2089–2093.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.