PENGARUH PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN GERAK DASAR TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN SPRINT 100 METER

How to Cite

muharram, nur ahmad. (2015). PENGARUH PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN GERAK DASAR TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN SPRINT 100 METER. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 1(1). Retrieved from https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pjk/article/view/191

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Perbedaan pengaruh antara metode pembelajaran langsung dengan tidak langsung terhadap peningkatan sprint 100 meter pada Siswa Putra Ekstrakulikuler Olahraga Kelas VI SD Wonokerso III Kedawung Tahun Ajaran 2014 / 2015. (2) Perbedaan peningkatan sprint 100 meter antara siswa yang memiliki kemampuan gerak dasar tinggi dengan kemampuan gerak dasar rendah pada Siswa Putra Ekstrakulikuler Olahraga Kelas VI SD Wonokerso III Kedawung Tahun Ajaran 2014 / 2015. (3) Seberapa besar pengaruh interaksi antara metode pembelajaran dan kemampuan gerak dasar terhadap peningkatan sprint 100 meter pada Siswa Putra Ekstrakulikuler Olahraga Kelas VI SD Wonokerso III Kedawung Tahun Ajaran 2014 / 2015.

Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan faktorial 2x2. Subjek penelitian ini adalah Siswa Putra Ekstrakulikuler Olahraga Kelas VI SD Wonokerso III Kedawung Tahun Ajaran 2014 / 2015. berjumlah 40. Diperoleh dengan teknik purposive random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan pengukuran kemampuan lari sprint 100 meter dari J.Manuel.B (1999: 24) dan tes kemampuan gerak dasar dari Nurhasan (2001: 76). Teknik analisis data yang digunakan dengan uji t pada taraf signifikansi 5%.

Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan: (1) Ada perbedaan pengaruh pendekatan pembelajaran langsung dan tidak langsung terhadap peningkatan sprint 100 meter pada Siswa Putra Ekstrakulikuler Olahraga Kelas VI SD Wonokerso III Kedawung Tahun Ajaran 2014 / 2015. Dari hasil analisis data menunjukkan F0 = 5.227 > Ft = 4.11. (2) Ada perbedaan peningkatan sprint 100 meter antara siswa yang memiliki kemampuan gerak dasar tinggi dan kemampuan gerak dasar rendah terhadap peningkatan sprint 100 meter pada Siswa Putra Ekstrakulikuler Olahraga Kelas VI SD Wonokerso III Kedawung Tahun Ajaran 2014 / 2015. Dari hasil analisis data menunjukkan F0 =  6.632 > Ft = 4.11. (3) Ada pengaruh interaksi antara pendekatan pembelajaran dan kemampuan gerak dasar terhadap peningkatan sprint 100 meter pada Siswa Putra Ekstrakulikuler Olahraga Kelas VI SD Wonokerso III Kedawung Tahun Ajaran 2014 / 2015. Dari hasil analisis data menunjukkan F0 = 4.445 > Ft = 4.11.

Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.

Downloads

Download data is not yet available.