9 PENERAPAN KONSELING KELOMPOK RASIONAL EMOTIF PERILAKU UNTUK MEMBANTU SISWA MENGATASI DISTRESS
Isi Artikel Utama
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji efektivitas penerapan konseling kelompok perilaku rasional emotif untuk membantu siswa mengatasi kesulitan. Subyek penelitian ini adalah delapan siswa dari kelas XI APK 1 di SMK Negeri 4 Surabaya sebagai kelompok eksperimen dan tujuh siswa di kelas XI APK 2 sebagai kelompok kontrol yang diidentifikasi memiliki tingkat tinggi distress. Distress kuesioner digunakan sebagai metode pengumpulan data. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimental kuasi bersama dengan desain desain kelompok kontrol nonequivalent, yang menggunakan kelompok pembanding atau kelompok kontrol. Analisis mencoba untuk membandingkan hasil yang diperoleh pada pengumpulan data sebelum (pre-test) dan setelah (post-test) metode yang diberikan antara kontrol dan kelompok eksperimen. statistik non-parametrik bersama dengan uji Wilcoxon Ranking Sum digunakan sebagai teknik analisis data. Dari analisis diperoleh menunjukkan bahwa hyphothesis yang menyatakan "tingkat kesulitan antara kelompok mahasiswa yang membantu dengan konseling kelompok perilaku rasional emotif menurun secara signifikan dibandingkan dengan kelompok lain dari siswa yang dibantu dengan metode konvensional" dapat diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa konseling kelompok perilaku rasional emotif efektif untuk diterapkan sebagai strategi intervensi konseling bagi membantu siswa mengatasi kesulitan.
Kata kunci: Konseling Kelompok, rasional emotif perilaku, distress
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Rincian Artikel
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License