9 PENERAPAN KONSELING KELOMPOK RASIONAL EMOTIF PERILAKU UNTUK MEMBANTU SISWA MENGATASI DISTRESS

Isi Artikel Utama

Ikke Yuliani Dhian Puspitarini

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji efektivitas penerapan konseling kelompok perilaku rasional emotif untuk membantu siswa mengatasi kesulitan. Subyek penelitian ini adalah delapan siswa dari kelas XI APK 1 di SMK Negeri 4 Surabaya sebagai kelompok eksperimen dan tujuh siswa di kelas XI APK 2 sebagai kelompok kontrol yang diidentifikasi memiliki tingkat tinggi distress. Distress kuesioner digunakan sebagai metode pengumpulan data. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimental kuasi bersama dengan desain desain kelompok kontrol nonequivalent, yang menggunakan kelompok pembanding atau kelompok kontrol. Analisis mencoba untuk membandingkan hasil yang diperoleh pada pengumpulan data sebelum (pre-test) dan setelah (post-test) metode yang diberikan antara kontrol dan kelompok eksperimen. statistik non-parametrik bersama dengan uji Wilcoxon Ranking Sum digunakan sebagai teknik analisis data. Dari analisis diperoleh menunjukkan bahwa hyphothesis yang menyatakan "tingkat kesulitan antara kelompok mahasiswa yang membantu dengan konseling kelompok perilaku rasional emotif menurun secara signifikan dibandingkan dengan kelompok lain dari siswa yang dibantu dengan metode konvensional" dapat diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa konseling kelompok perilaku rasional emotif efektif untuk diterapkan sebagai strategi intervensi konseling bagi membantu siswa mengatasi kesulitan.


 


Kata kunci: Konseling Kelompok, rasional emotif perilaku, distress

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Rincian Artikel

Bagian
Artikel