Efektivitas Art Therapy dalam Program Bimbingan Terhadap Kreativitas Anak Usia Dini

Isi Artikel Utama

Aniek Wirastania
Dimas Ardika Miftah Farid
Maghfirotul Lathifah

Abstrak

Kreativitas adalah aspek yang penting bagi setiap individu dan hendaknya dilakukan pengembangan sejak usia dini. Pengembangan kreativitas pada anak dapat dilakukan dengan memfasilitasi dengan menggunakan media yang kreatif. Penelitian ini bertujuan mengembangkan kreativitas anak dengan menggunakan art therapy dalam program bimbingan. Art therapy dalam program bimbingan ini berguna dalam meningkatkan kreativitas anak melalui sebuah proses dalam menghasilkan sebuah karya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode quasi eksperimental design. Penelitian ini melakukan langkah-langkah dari studi pendahuluan, Menyusun program hipotetik berdasar studi pendahuluan, melakukan revisi program, melakukan eksperimen yang dilakukan selama lima kali treatmen, dan selanjutnya dilakukan organisasi data serta analisis data dengan menggunakan uji Wilcoxon. Berdasarkan hasil uji analisis data menggunakan software SPSS 26, didapatkan hasil bahwa implementasi art therapy dalam program bimbingan efektif meningkatkan kreativitas siswa kelompok bermain.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Rincian Artikel

Bagian
Artikel

Referensi

Aiyuda, N. (2018). ART THERAPY. https://media.neliti.com/media/publications/327947-art-therapy-5a61739a.pdf

Choe, N. S. (2016). Utilizing digital tools and apps in art therapy sessions. Digital Art Therapy: Material, Methods, and Applications, January 2017, 54–66.

Dale, C. .2008. iPods and Creativity in Learning and Teaching An Instructional Perspective: University of Wolverhampton: International Journal of Teaching and Learning in Higher Education.

Fauziyyah, S. A., Ifdil, I., & Putri, Y. E. (2020). Art Therapy Sebagai Penyaluran Emosi Anak. SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling, 5(3), 109. https://doi.org/10.23916/08972011

Fitria, L., & Putri, A. M. (2022). Model bimbingan kelompok dengan art therapy untuk mereduksi stres akademik mahasiswa mengikuti perkuliahan daring dalam kondisi pandemi (Covid-19). JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 8(1), 53. https://doi.org/10.29210/020221460

Istirani & Pulungan, I. 2017. Ensiklopedia Pendidikan Jilid I. Medan: Media Persada.

Krisnanto, P. D. (2019). Pemberian Art Therapy Untuk Menurunkan Wilayah Lombok Utara Applying of Art Therapy To Reduce the Anxiety of Earthquake Victims in Children in the Lombok. Pendekatan Multidisiplin Ilmu Dalam Manajemen Bencana, 1–4.

Muqodas, I. (2015). Mengembangkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar. Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 9(2), 25–33. https://ejournal.upi.edu/index.php/MetodikDidaktik/article/viewFile/3250/2264

Machioldi, Cathy. 2011. Handbook of Art Therapy. London: Guilford Press.

Munandar, A., S. 2014. Psikologi Industri dan Organisasi. Jakarta: Universitas Indonesia (UI Press).

Musfiroh, T. (2008). Cerdas melalui bermain : Cara mengasah multiple intelligences pada anak sejak usia dini. Grasindo, 5(1), 61.

Ningrum, Nina 2021. Art of Therapy Melalui Proses Kreatif Menggambar Untuk Anak Usia Dini di Kota Bandung. Jurnal Penelitian Pendidikan. 21(2) Hal 1-11. Doi : https://doi.org/10.17509/jpp.v21i2.37407

Nurihsan, J. & Yusuf, S. 2009. Landasan Bimbingan & Konseling. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.

Ochi, Evelyn. 2019. Beragam Art Therapy untuk Anak-anak dan Manfaatnya. Jurnal.sociolla.com.

Orr, P. (2015). Art Therapy and Digital Media. In The Wiley Handbook of Art Therapy (pp. 188–197). https://doi.org/10.1002/9781118306543.ch19

Rahmadian, A. A. 2009. Program Bimbingan Dengan Menggunakan Pendekatan Ekologis Untuk Mengembangkan Kreativitas Siswa sekolah Dasar (Studi Kualitatif SD sains Al Biruni Bandung). Tesis. Bandung. Tidak diterbitkan.

Saputra, D. (2019). Penerapan Art Therapy Untuk Mengurangi Perilaku Menyakiti Diri Sendiri (Self-Injurious Behavior) Pada Dewasa Muda Yang Mengalami Distress Psikologis. INQUIRY: Jurnal Ilmiah Psikologi, 10(1), 26–40. https://doi.org/10.51353/inquiry.v10i1.225

Soma, Y. M., & Karneli, Y. (2020). Penerapan Teknik Art Therapy untuk Mengurangi Kecemasan Sosial terhadap Korban Cyberbullying. SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling, 5(2), 67. https://doi.org/10.23916/08774011

Wirastania, A. (2016). Penggunaan Clay Therapy Dalam Program. Jurnal Fokus Konseling, 2(1), 68–75.

Wirastania, A. (2019). Efektivitas Layanan Bimbingan Teknik Permainan Terhadap Kreativitas Pada Siswa Sekolah Dasar An Nur Surabaya. Jurnal Fokus Konseling, 5(2), 135–140. https://doi.org/10.26638/jfk.899.2099

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##