NILAI MORAL DALAM ANTOLOGI CERPEN KARYA MAHASISWA PGSD ANGKATAN 2013 UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.29407/e.v4i1.791Keywords:
Nilai moral, Antologi Cerpen, Balada Rasa dan Cerita, Mahasiswa PGSD.Abstract
Nilai merupakan persoalan universal yang dimiliki seluruh manusia. Setiap manusia
mempunyai kecenderungan terhadap nilai. Maksudnya, setiap orang akan cenderung
berorientasi kepada kebaikan-kebaikan. Kebaikan yang dimiliki atau dilakukan manusia
merupakan nilai dari sebuah kehidupan. Begitu juga dengan mahasiswa PGSD
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Cerpen mereka yang terkumpul dalam antologi
Balada Rasa dan Cerita menyuguhkan nilai-nilai hidup yang baik. Berdasarkan
pembacaan intensif, setiap cerpen menguraikan mengenai nilai moral tokoh beserta
dampaknya. Selain itu, juga menceritakan bahwa angkara murka pasti mengalami
kerugian yang besar. Nilai moral tersebut mewarnai hampir seluruh cerpen yang secara
keseluruhan berjumlah tiga puluh. Maka dari itu, untuk memaparkan nilai moral antologi
cerpen tersebut digunakan pendekatan pragmatik. Berdasarkan analisis, nilai moral
yang diungkapkan berasal dari realitas pengalaman para penulis yang mencermati
kehidupan sekitarnya, walaupun cerita yang disampaikan sudah diubah menjadi bentuk
fiksi.
References
Held, Virginia. 1991.Etika Moral: Pembenaran Tindakan Sosial. Cetakan kedua. Cetakan pertamatahun1989. Alih Bahasa: Y. Ardy Handoko. Jakarta: Erlangga.
Mahasiswa PGSD 2013 Kelas Bahasa. 2017.Antologi Puisi dan Cerpen Balada Rasa dan Cerita.Lamongan: Pagan Press.
Pramulia, Pana. 2017.Sanggit: Filosofi Pergelaran Wayang Kulit. Lamongan: Pagan Press.
Sarumpaet, Riris K. Toha. 2010.Pedoman Penelitian Sastra Anak: Edisi Revisi. Jakarta: Yayasan PustakaObor Indonesia.
Teew, A. 2013.Sastra dan Ilmu Sastra. Cetakan Kekempat. Cetakan Pertama tahun 1984. Bandung:Dunia Pustaka Jaya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.