Meningkatkan Kompetensi Calon Guru melalui Kegiatan Microteaching berbasis Lesson Study (LS) Mahasiswa Pendidikan Biologi

Authors

  • Farida Nurlaila Zunaidah Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.29407/e.v3i2.487

Abstract

 

Untuk meningkatkan kompetensi siswa, diperlukan guru yang cakap dan terampil. Untuk dapat membentuk calon guru yang berkompetensi tinggi, Prodi Pendidikan Biologi Universitas Nusantara PGRI kediri rutin mengadakan kegiatan Microteaching. Pada kegiatan microteaching ini mahasiswa sebagia calon guru diberikan kesempatan untuk banyak menggali ilmu dan mengeksplore kemampuan mengajar dengan teman sebaya mereka. Disisi lain, kegiatan microteaching yang sudah terlaksana masih banyak yang bersifat monoton. Dimana dosen hanya membimbing dan mengarahkan jika ada mahasiswa yang bertanya tentang RPP, silabus atau media yg akan digunakan. Proses microteaching berlangsung seharian yang membuat mahasiswa merasa bosan untuk menyimak. Tujuan dari penelitian ini adalah memasukkan Lesson Study (LS) dalam kegiatan microteaching. Diharapkan dengan adanya LS ini, kegiatan microteaching akan bisa meningkatkan kompetensi mengajar mahasiswa calon guru serta mampu mengurangi rasa bosan ketika mengikuti kegiatan microteaching.

 

References

Amobi,F.A. 2005.Preservice Teachers' Reflectivity on the Sequence andConsequences ofTeaching Actionsin a Microteaching Experience.Teacher Education Quarterly,Winter 2005. dihttp://findarticles.com/p/articles/mi_qa3960/is_200501/ai_n9522069/Diakses5 Oktober2016Aryulina, Diah.2010.Penerapan Lesson Study pada MicroteachingBagi Calon Guru Biologi.ForumKependidikan,Volume 30, Nomor 1, Juni 2010 halaman 14-19Hidayat,Bobi.2016.Analisis Keterlaksanaan Program Perkuliahan Micro Teaching BerbasisLesson Study Di Program Studi Pendidikan Sejarah FKIP UM Metro.Jurnal,Volume4, Nomor2,halaman75-80Mahmudi, Ali. 2009.Mengembangkan Kompetensi Guru melaluiLesson Study. ForumKependidikan, Volume28 Nomor2

PlumX Metrics

Published

2016-11-21

How to Cite

Zunaidah, F. N. (2016). Meningkatkan Kompetensi Calon Guru melalui Kegiatan Microteaching berbasis Lesson Study (LS) Mahasiswa Pendidikan Biologi. Efektor, 3(2), 21–24. https://doi.org/10.29407/e.v3i2.487