Creative Reading Terhadap Dongeng Untuk Penulisan Puisi

Authors

  • Pana Pramulia Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.29407/e.v5i2.12321

Keywords:

Creative Reading, Dongeng, Puisi

Abstract

 

Menulis karya sastra, khususnya puisi membutuhkan kecermatan dalam memotret realitas dan harus memiliki pengetahuan kompleks tentang kehidupan, serta penulis puisi harus mempunyai daya perenungan yang kuat. Artinya, penulis puisi atau penyair dituntut sebagai pembaca aktif, karena dari pembacaan aktif penyair akan mempunyai pengetahuan yang holistik. Bagi penulis puisi pemula, menulis puisi merupakan hal yang tidak mudah, maka dibutuhkan teknik khusus. Salah satu teknik yang dapat digunakan, yaitu teknik creative reading. Teknik creative reading adalah teknik membaca untuk melahirkan kembali sebuah teks setelah pembaca mengalami transformasi. Teknik tersebut digunakan mahasiswa PGSD Unipa Surabaya angkatan 2014 untuk menulis puisi berdasarkan pembacaan dongeng secara intensif. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan dua model, yaitu dalam bentuk hard file (kertas) dan soft file yang dikirimkan ke surat elektronik. Karya puisi mahasiswa setelah menggunakan teknik creative reading dikatakan baik, karena dapat memahami tahapan dan karakter teknik tersebut dengan baik pula

References

Aminudin. 2013. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Cetakan kesepuluh. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Ardiansyah. 2015. https://dongengceritarakyat.com/kumpulan-cerita-dongeng-anak-indonesia/.

Dewi, Novita. 2006. Membaca, Menulis, dan Membaca untuk Menulis: Diagnosis Dini Penulisan Karya Tulis di Fakultas Sastra. Jurnal Susastra 3, Volume 2 Nomor 3 tahun 2006, halaman 20 – 35. Jakarta: Himpunan Sarjana – Kesusastraan Indonesia dan Yayasan Obor Indonesia.

Hidayati, Uci Nurul. 2018. Sahabat Sampai Surga: Puisi dan Cerpen Anak, Antologi Karya mahasiswa Universitas Adibuana Surabaya PGSD 2014. Judul Puisi: Pelangi, halaman 38. Lamongan: Pagan Press.

Permana, E. P. (2015). Pengembangan Media Pembejaran Boneka Kaus Kaki Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 2(2), 133–140. https://doi.org/10.23917/ppd.v2i2.1648

Pramulia, Pana. (2017). Nilai Moral dalam Antologi Cerpen Karya Mahasiswa PGSD Angkatan 2013 Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Efektor, 4 (1), 68-74. doi:10.29407/e.v4i1.791

Sugihastuti. 2011. Teori dan Apresiasi Sastra. Cetakan IV. Cetakan I tahun 2002. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.

Sutejo dan Kasnadi. 2009. Kajian Puisi: Teori dan Aplikasinya. Yogyakarta: Pustaka Felicha.

Verdiana, Hesti. 2018. Sahabat Sampai Surga: Puisi dan Cerpen Anak, Antologi Karya mahasiswa Universitas Adibuana Surabaya PGSD 2014. Judul Puisi: Teman Seperjuangan, halaman 23. Lamongan: Pagan Press.

Waldanie, Alif Rossiani. 2018. Sahabat Sampai Surga: Puisi dan Cerpen Anak, Antologi Karya mahasiswa Universitas Adibuana Surabaya PGSD 2014. Judul Puisi: Kita Adalah Sahabat, halaman 77. Lamongan: Pagan Press.

PlumX Metrics

Published

2018-07-25

How to Cite

Pramulia, P. (2018). Creative Reading Terhadap Dongeng Untuk Penulisan Puisi. Efektor, 5(2), 146–151. https://doi.org/10.29407/e.v5i2.12321