PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK

Authors

  • Veny Iswantiningtyas UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI

DOI:

https://doi.org/10.29407/e.v4i1.743

Keywords:

Metode Bermain Peran, Keterampilan Sosial Anak.

Abstract

 

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan metode peran dalam pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan sosial anak kelompok B Taman Kanak-kanak Dharmawanita Punjul I Kecamatan Plosoklaten Kabupaten Kediri 2016/2017. Penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode bermain peran dalam pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan sosial anak kelompok B  Taman Kanak-kanak Dharmawanita Punjul I Kecamatan Plosoklaten Kabupaten Kediri.

References

Arikunto, Suharsimi.2002.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.Jakarta: PT Rineka Cipta.Baroroh, N. 2015.Keterampilan Sosial Anak Usia Dini danStrategi Pengembangannya.JurnalPendidikan Anak Usia Dini. Vol.2, No. 2 Oktober 2015. Surabaya : UniversitasNegeri Surabaya.Fatimah, Enung. 2006. Psikologi Perkembangan : Perkembangan Peserta Didik. Bandung: CV. PustakaSetia.Goleman, D. 1995.Emotional Intelligence. Cetakan I (Liputo, Trans). Bandung: MLC.Gunarti,W dkk. 2008.Metode Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini. Jakarta :Universitas Terbuka.Hurlock, Elizabeth B. 2002.Psikologi Perkambangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan.Edisi Kelima. Jakarta : Erlangga.Perdani, Putri A. 2013.Peningkatan Keterampilan Sosial Melalui Metode Bermain Permainan TradisionalPada Anak TK B.(Penelitian Tindakan di TK Nurul ‘Ain, Desa Gue Gajah,Kabupaten Aceh Besar). Jurnal Pendidikan Anak Usia Din. Volume. 7 No. 2November 2013. Jakarta : Universitas Negeri Jakarta.Sujiono, Y.N.2010.Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta : PT. Indeks.

PlumX Metrics

Published

2017-06-06

How to Cite

Iswantiningtyas, V. (2017). PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK. Efektor, 4(1), 41–43. https://doi.org/10.29407/e.v4i1.743