PEMANFAATAN MEDIA BIJI-BIJIAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIDANG PENGEMBANGAN MATEMATIKA PADA ANAK USIA DINI

  • Anik Lestariningrum
Abstract views: 2902 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 1611

Abstract

 

Anak  TK usia 4-5 tahun merupakan bagian dari anak usia dini yang berada pada rentangan usia lahir sampai usia 6 tahun. Masa ini merupakan masa untuk meletakkan dasar seluruh pengembangan kemampuan fisik, kognitif, bahasa, sosial emosional, konsep diri, disiplin dan lain-lain. Untuk itu diperlukan berbagai stimulasi untuk merangsang pengembangan seluruh aspek tersebut tanpa melewatkan bahwa anak usia dini belajar melalui bermain. Untuk pembelajaran yang menyenangkan tidak perlu dengan sumber belajar yang mahal tetapi juga dari benda-benda di sekitar anak. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa media biji-bijian dapat membantu anak usia dini dalam pengembangan matematika sesuai dengan pola berfikir anak yang masih dalam pra-operasional membutuhkan benda-benda konkret dalam kegiatan pembelajarannya. Media biji-bijian dapat dimanfaatkan untuk pemahaman konsep matematika sebagai salah satu aspek pengembangan kognitif. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: akan mendiskripsikan bagaimana media biji-bijian dapat meningkatkan pengembangan matematika pada anak TK Kelompok A dengan pemecahan melakukan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan rancangan model Kemmis & Taggart dengan perencanaan 2 siklus dalam pelaksanaannya. Hasil penelitian ini disimpulkan anak lebih mudah memahami konsep matematika karena dilakukan dengan bermain yang menyenangkan serta anak diajak bereksplorasi, menemukan dan memanfaatkan objek-objek yang dekat serta konkret. Biji-bijian sebagai objek konkret mengembangkan kemampuan berfikir untuk memahami konsep matematika sederhana yaitu  konsep mengenal bilangan 1-10. Penguasaan konsep matematika anak TK yang diamati melalui permainan ini sudah baik, sehingga diharapkan dapat menunjang keberhasilan pengajaran matematika pada pendidikan selanjutnya. Biarkan anak mempunyai gambaran bahwa matematika bisa dipelajari dengan konsep sederhana dan menyenangkan.

References

Arikunto, Suharsimi. 2006.Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rineka CiptaAisyah Siti, dkk. 2008.Perkembangandan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta; UniversitasTerbuka.Depdiknas. 2008.Pengembangan Model Pembelajaran di Taman Kanak-kanak. JakartaDwiyogo, Wasis D. 2013.Media Pembelajaran, Malang : Wineka Media.Depdiknas. 2007.Pedoman Pembelajaran Bidang Pengembangan Kognitif di Taman Kanak-kanak. Jakarta:Direktorat Pembinaan Taman Kanak-kanak dan Sekolah DasarDirektorat PAUD.Standart PAUD, Jakarta:2010Elizaberh B Hurlock,PerkembanganAnak, Jakarta: Erlangga1980 edisi kelimaFikriyati, Mirroh. 2013.Perkembangan Anak Usia Emas (Golden Age).Yogyakarta : Laras Media PrimaGustian, Edy. 2001. Mempersiapkan Anak Masuk Sekolah.Jakarta: Puspa SwaraMontolalu B.E.F. 2008.Bermain dan Permainan Anak. Jakarta; Universitas TerbukaMutia, Diana. 2010.Psikologi Bermain Anak Usia Dini.Jakarta: Kencana Predana Media GroupMuslih, Mansur.Melaksanakan PTK ItuMudah (Classroom Action Research)Sujiono, Yuliani Nurani, 2000,Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak Bagi Anak Usia Dini,Jakarta: PIIndeksSujiono, Yuliani Nurani. 2007.Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta; Universitas Terbuka.Suyanto, Slamet.2005,Dasar-dasarPAUD. Yogjakarta: Hikayat Publishing.Tangyong, F Agus dkk. 1994.Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-Kanak.Jakarta: PT GramediaWidiasarana IndonesiaWiriaatmadja, Rochiati. 2005.Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.Wardhani IGAK, Kusuma Wihardit. 2008.Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta; Universitas Terbuka.Zaman Badru, Asep HeryHernawan, Cucu Eliyawati. 2008.Media dan Sumber Belajar TK. Jakarta;Universitas Terbuka.

PlumX Metrics

Published
2015-04-10
How to Cite
Lestariningrum, A. (2015). PEMANFAATAN MEDIA BIJI-BIJIAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIDANG PENGEMBANGAN MATEMATIKA PADA ANAK USIA DINI. Efektor, 2(2). https://doi.org/10.29407/e.v2i2.71