Implementasi Model Word Square sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris Materi Things, Animal and Public Places around Us pada Siswa Kelas VII SMPN 3 Kediri
Abstract
Proses pembelajaran Bahasa Inggris di Kelas VII H SMPN 3 Kediri mengalami beberapa kendala. Kendalanya adalah nilai hasil belajar peserta didik yang belum mencapai KKM. Hal tersebut dikarenakan kemandirian peserta didik dalam belajar masih kurang. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VII H SMPN 3 Kediri di semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018 pada pelajaran Bahasa Inggris dengan menggunakan model pembelajaran Word Square. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes tulis, dan dokumentasi. Desain penelitian dimulai dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Proses pembelajaran Word Square dimulai dari guru menjelaskan materi secara singkat dilanjutkan dengan membentuk kelompok. Kemudian guru memberikan pertanyaan (word square) kepada setiap kelompok. Peserta didik dapat berdiskusi saat mengerjakan tugas dari guru. Setelah selesai, guru dan peserta didik membahas bersama-sama. Indikator keberhasilan dari penelitian ini adalah terdapat lebih dari 75% peserta didik yang lolos KKM. Berdasarkan data penelitian terlihat bahwa pada prasiklus terdapat 52% (16) peserta didik tuntas KKM. Kemudian, pada siklus I terdapat 65% (20) peserta didik tuntas KKM. Kemudian, pada siklus II terdapat 84% (26) peserta didik tuntas KKM. Keberhasilan penelitian sesuai dengan indikator keberhasilan didapat saat siklus II, yaitu 84% peserta didik memiliki nilai tuntas KKM.
References
Asrori, Muhammad. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV. Wacana Prima.
Dalyono. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Istarani. 2012. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.
Komara, E. 2014. Belajar dan Pembelajaran Interaktif. Bandung: PT. Refika Aditama.
Mujiman. 2007. Manajemen Pelatihan Berbasis Mandiri. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Permana, E. P. (2015). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBEJARAN BONEKA KAUS KAKI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR. Profesi Pendidikan Dasar, 2(2), 133–140.
Sardiman. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Copyright (c) 2019 Efektor
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.