Implementasi Model Word Square sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris Materi Things, Animal and Public Places around Us pada Siswa Kelas VII SMPN 3 Kediri
DOI:
https://doi.org/10.29407/e.v6i1.12796Keywords:
Model Word Square, Hasil Belajar, Things, Animal and Public Places around UsAbstract
Proses pembelajaran Bahasa Inggris di Kelas VII H SMPN 3 Kediri mengalami beberapa kendala. Kendalanya adalah nilai hasil belajar peserta didik yang belum mencapai KKM. Hal tersebut dikarenakan kemandirian peserta didik dalam belajar masih kurang. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VII H SMPN 3 Kediri di semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018 pada pelajaran Bahasa Inggris dengan menggunakan model pembelajaran Word Square. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes tulis, dan dokumentasi. Desain penelitian dimulai dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Proses pembelajaran Word Square dimulai dari guru menjelaskan materi secara singkat dilanjutkan dengan membentuk kelompok. Kemudian guru memberikan pertanyaan (word square) kepada setiap kelompok. Peserta didik dapat berdiskusi saat mengerjakan tugas dari guru. Setelah selesai, guru dan peserta didik membahas bersama-sama. Indikator keberhasilan dari penelitian ini adalah terdapat lebih dari 75% peserta didik yang lolos KKM. Berdasarkan data penelitian terlihat bahwa pada prasiklus terdapat 52% (16) peserta didik tuntas KKM. Kemudian, pada siklus I terdapat 65% (20) peserta didik tuntas KKM. Kemudian, pada siklus II terdapat 84% (26) peserta didik tuntas KKM. Keberhasilan penelitian sesuai dengan indikator keberhasilan didapat saat siklus II, yaitu 84% peserta didik memiliki nilai tuntas KKM.
References
Asrori, Muhammad. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV. Wacana Prima.
Dalyono. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Istarani. 2012. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.
Komara, E. 2014. Belajar dan Pembelajaran Interaktif. Bandung: PT. Refika Aditama.
Mujiman. 2007. Manajemen Pelatihan Berbasis Mandiri. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Permana, E. P. (2015). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBEJARAN BONEKA KAUS KAKI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR. Profesi Pendidikan Dasar, 2(2), 133–140.
Sardiman. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License