Peningkatan Hasil Belajar PKn Melalui Model Pembelajaran Picture And Picture Berbantuan Flash Card Siswa Kelas 2 SD Negeri Kenteng 01

  • Senja Ayu Nurvita Universitas Kristen Satya Wacana
  • Slameto Slameto Universitas Kristen Satya Wacana
  • Eunice Widyanti Setyaningtyas Universitas Kristen Satya Wacana
Abstract views: 862 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 1967
Keywords: Learning Outcomes, Picture and Picture, Flash Card, Civic Educations, Hasil Belajar, Picture and Picture, Flash Card, Pendidikan Kewarganegaraan

Abstract

  Based on the facts conducted by researchers at SDN Kenteng 01 this problem arises is the lack of interest in students to the learning process by teaching teachers that still use conventional methods. The purpose of this research is to apply the learning model of image and flash-assisted image and improve student learning outcomes with collaboration model . This research was conducted in grade 2 with type of research of PTK spiral model which was proposed by C . Kemmis and Mc . Taggart In the study using 2 cycles of cycles I and II which consists of planning , step and reflection . Research data obtained from the test results and analyzed using descriptive techniques with the learning outcomes of Civics subjects on 2 cycles based on learning outcomes is ≥ 65 . The result of this research shows that there is an increase of learning result of Civics which can be seen on the value of learning result of Civics subject based on learning completeness that is cycle I is 66,77% and cycle II is 100%. Based on these results , this study has succeeded in improving student learning outcomes of Civics subjects. 

References

Alfiah. 2017. Peningkatan kualitas pembelajaran IPA melalui model kooperatif tipe Picture and Picture pada siswa kelas II SD Negeri 008 Tembilahan Hulu Kecamatan Tembilahan Hulu Semester I tahun pelajaran 2014/2015. Jurnal Widya Sari, 19(6), 21-32.

Aprilia, L. A., Setyaningtyas, E. W., & Slameto. 2018. Meningkatkan Hasil Belajar IPA dengan Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw Berbasis Kurikulum 2013. Wacana Akademia, 2(1), 61-72.

Aqib, Z. 2015. Model-model Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (INOVATIF). Bandung: Penerbit YRAMA WIDYA.

Astuti, D. A. P., Slameto, & Setyaningtyas, E. W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Sekolah, 2(2), 102-109.

Dahar, Ratna Wilis. 2011. Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga

Fida Reni Susanti. 2012. Penggunaan Metode Picture and Picture Dengan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Pokok Bahasan Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi, dan Transportasi di Kelas IV SD Negeri Pojok Kecamatan Pulokulon Kabupaten Grobogan Semester II tahun 2011/2012. Skripsi. Salatiga: FKIP Universitas Kristen Satya Wacana.

Handayani, D., Bintari, H. S., & Lisdiana. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture berbantuan Spesimen pada Materi Invertebrata. Unnes Journal of Biology Education, 2(3), 322-328.

Istarani, 58 Model Pembelajaran Inovatif (Referensi Guru Dalam Menentukan Model Pembelajaran). (Medan: Media Persada, 2011), hlm.1-8.

Kustandi, Cecep dan Bambang Sutjipto. 2011. Media Pembelajaran; Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.

Kurniasari, B. R. 2015. Layanan Guru Pada Siswa Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) di kelas V SD N 1
Sedayu Kecamatan Sedayu Kabupaten Bantul. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(4), 1-12.

Sari, Desty Lusia dan Mawardi. 2015. Keefektifan Model Pembelajaran Picture and Picture dan Make a Match Ditinjau dari Hasil Belajar Dalam Pembelajaran IPA Kelas 4 SD Gugus Mawar. (online), (http://www.repository.uksw.edu), diakses tanggal 20 Maret 2018.

Makmun Khairani. 2014. Psikologi Belajar. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Nurdiana, Ida. 2012. Penerapan model pembelajaran Picture and Picture untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS kelas 3 di SDN Tumpang 02 Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang. (online), (http://library.um.ac.id), diakses tanggal 20 Maret 2018.

Permana, E. P. (2015). PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING DENGAN MEDIA GAMBAR SERI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS KELAS IV SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 1(1), 1–16.

Raharjo, T. 2012. Peningkatan Kemampuan Daya Ingat Anak Slow Learner Melalui Terapi Kognitif Pada Anak Sekolah Dasar. , 5(1), 34-41.

Rayandra Asyar. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.

Rudi, S., & Cepi, R. 2008. Media Pembelajaran. Bandung: Jurusan Kurtekpend FIP UPI.

Setiawati, N. L. M., Dantes, N., & Candiasa, M. I. 2015. Pengaruh Penggunaan Media Gambar Flash Card Terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas VI SDLBB Negeri, Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 5(1), 3.

Sharan, Sholomo. 2009. Cooperative Learning Jogjakarta: Imperium.

Suprijono, A. 2011. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Undang-Undang Republik Indonesia. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional : Depdiknas

PlumX Metrics

Published
2018-07-23
How to Cite
Nurvita, S. A., Slameto, S., & Setyaningtyas, E. W. (2018). Peningkatan Hasil Belajar PKn Melalui Model Pembelajaran Picture And Picture Berbantuan Flash Card Siswa Kelas 2 SD Negeri Kenteng 01. Efektor, 5(2), 134-145. https://doi.org/10.29407/e.v5i2.12308