Pemberdayaan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Penerapan Model Siklus Belajar 5E berbasis Lesson Study pada Mahasiswa IKIP Budi Utomo

  • Tri Asih Wahyu Hartati IKIP Budi Utomo Malang
Abstract views: 171 , PDF downloads: 540

Abstract

 

IKIP Budi Utomo Malang sebagai salah satu LPTK (Lembaga Pendidikan Tenaga Keguruan) merupakan institusi pencetak guru, sehingga para mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan keguruan di institut ini diharapkan akan mampu menjadi guru yang profesional. Guru yang profesional mampu untuk menyesuaikan diri dan mampu menjawab tantangan hidup abad 21, diantaranya adalah kemampuan berpikir kritis. Hasil wawancara dengan dosen pengampu matakuliah yaitu pemberdayaan kemampuan berpikir kritis belum dilaksanakan dengan optimal dan hasil belajar kognitif mahasiswa hanya sampai tingkat C3. Metode pembelajaran yang dilakukan oleh dosen lebih banyak pada metode ceramah dan diskusi. Solusi yang ditempuh yaitu menerapkan pembelajaran dengan model siklus belajar 5E secara Lesson Study, artinya tim peneliti dan dosen secara bersama merancang dan merefleksi pembelajaran demi terciptanya pembelajaran yang berkualitas. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) berbasis Lesson Study (LS) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Waktu pelaksanaan mulai akhir bulan Oktober sampai pada akhir bulan November 2015. Tahap penelitian yang dijalankan meliputi tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pada tahap tindakan, dilaksanakan tahap-tahap LS yaitu Plan, Do, dan See. Instrumen yang digunakan yaitu pedoman wawancara dosen pengampu, tes tulis dan rubrik penilaian kemampuan berikir kritis, angket balikan mahasiswa, lembar observasi keterlaksanaan RPP, dan lembar observasi kegiatan lesson study. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan skor kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran model siklus belajar 5E.

References

Bybee, Rodger W, Joseph AT, April G, Pamela VC, Janet CP, Anne W, Nancy L. 2006.The BSCS5E Instructional Model: Origins and Effectiveness. Office of Science Education NationalInstitutes of Health.Dasna, I.W. 2007.Pembelajaran dengan Model Pembelajaran Siklus Belajar (Learning Cycle).Malang: FMIPA UM.Greenstein, Laura. 2012. Assessing 21st CenturySkills: A Guide to Evaluating Mastery andAuthentic Learning. United States of America: Corwin.Hidayanti, Y.E. 2009. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem-Based Learning)dengan Model Pembelajaran Kooperatif STAD (StudentTeams-Achievement Division) untukMeningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XA di SMA Negeri 2 Bangkalan.Skripsi tidak diterbitkan. Malang: FMIPA UM.Kuswana, Wowo Sunaryo. 2012. Taksonomi Kognitif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.Llewellyn, Douglas. 2013. Teaching High School Science Through Inquiry and Argumentation:Second Edition. USA: Corwin Press.Mahanal, Susriyati. 2009. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Deteksi Kualitas Sungai denganIndikator Biologi Berbasis Konstruktivistik untuk Memberdayakan Berpikir Kritis dan SikapSiswa SMA terhadap Ekosistem Sungai di Malang. Disertasi tidak diterbitkan. Malang: PPs UM.Munawwaroh, Anita. 2015. Rencana Pembelajaran Semester Matakuliah Rancangan Percobaan.Malang: IKIP Budi Utomo.Murdhiyah, Noor. 2014. Penggunaan Siklus Belajar 5E untuk meningkatkan Keterampilan Berpikirkritis Siswa Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. JPGSD Volume 02 Nomor 02 Tahun 2014.(Online).Ratnani, Feny. 2011. Aplikasi Model Pembelajaran Learning Cycle untuk menigkatkan hasil belajardan kemampuan berpikir kritispada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X SMAN KaumanTulungagung. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.Sari, Desi P. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Model Learning Cycle PadaMateri Suhu dan Perubahannya Untuk Siswa SMP Kelas VII. Skripsi.. Tidak dipublikasikan.Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

PlumX Metrics

Published
2017-05-05
How to Cite
Hartati, T. A. W. (2017). Pemberdayaan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Penerapan Model Siklus Belajar 5E berbasis Lesson Study pada Mahasiswa IKIP Budi Utomo. Efektor, 4(1), 1-5. https://doi.org/10.29407/e.v4i1.737