Peningkatan Sikap Tanggung Jawab dan Hasil Belajar IPS Tentang Pekerjaan Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) pada Siswa Kelas III SD Negeri 1 Bago Semester 2 Tahun Pelajaran 2017/2018
Abstract
Tujuan penelitian ini mendeskripsikan dan mengetahui Sikap Tanggungjawab dan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri 1 Bago semester 2 tahun pelajaran 2017/2018 dalam pembelajaran IPS tentang pekerjaan dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT).Tindakan dalam penelitian ini dilakukan 2 siklus. Setiap siklus terdiri 4 tahap : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan pada bulan Januari sampai dengan April 2018. Proses pengumpulan data, pengolahan data-data, analisis data, pengambilan simpulan, dan penyusunan laporan penelitian membutuhkan waktu selama 4 bulan, yaitu pada bulan Januari sampai dengan April 2018. Tempat untuk mengadakan penelitian di kelas III SD Negeri 1 Bago. Subjek dalam penelitian adalah guru dan seluruh siswa kelas III SD Negeri 1 Bago yang terdiri dari 30 siswa, yang terdiri 18 perempuan dan 12 laki-la Hasil belajar IPS melalui model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) mengalami peningkatan pada setiap siklus. Hal itu dapat dilihat dari persentase ketuntasan prasiklus 37%, meningkat menjadi 63% pada siklus I. Pada siklus II persentase ketuntasan kembali meningkat menjadi 97% dan telah memenuhi indikator keberhasilan yaitu sekurang-kurangnya 80%. Sikap Tanggung jawab siswa pada penelitian ini mengalami peningkatan. Pada siklus I data hasil pengamatan siswa mendapatkan skor rata-rata 10 dengan kategori cukup. Pada siklus II Sikap Tanggung jawab siswa meningkat dengan perolehan skor 12 dengan ketegori baik. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan sikap tanggung jawab dan hasil belajar IPS tentang pekerjaan pada siswa kelas III SD Negeri 1 Bago semester 2 tahun pelajaran 2017/2018 secara signifikan.
References
Ariani, Niken & Dany Haryanto.2010.Pembelajaran Multi Media di Sekolah. Jakarta:Prestasi Pustaka. Arikunto. (2002). Prosedur Penelitian. Rineka Cipta, Jakarta.
Permana, E. P. (2016). PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS SD. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 1(2), 49–58.
Sisdiknas. (2003a). Sistem pendidikan nasional. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum.
Sisdiknas. (2003b). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4301, (c), 1–26. https://doi.org/10.1024/0301-1526.32.1.54
Daryanto.2010. Media Pembelajaran Peranya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran.Yogyakarta: Gava Media
Krathwohl,David R. 2002. A Revision of Bloom's Taxonomy: An Overview. The Ohio State Univetsity Hadi, Susilo dkk. 2008. Kajian Ilmu Pengetahuan Sosial.Salatiga: Widya Sari Press Hamdani.2011.Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia
Huda, Miftahul. 2011. Cooperative Learning: Model, Teknik, Struktur dan Model Terapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Isjoni, H. 2010. Pembelajaran Kooperatif: Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Siswa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Poerwanti, Endang, dkk. 2008. Asesmen Pembelajaran SD. Jakarta: Depdiknas.
Rifa’i, Achmad dan Catharina Tri Anni. 2009. Psikologi Pendidikan. Semarang: Univeritas Negeri Semarang Press.
Suprijono, Agus. 2010. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Thobroni, Muhammad dan Arif Mustofa. 2011. Belajar dan Pembelajaran: Pengembangan Wacana dan Praktik Pembelajaran Dalam Pembangunan Nasional. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Trianto. 2007. Model-Model pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Uno, Hamzah. 2007. Model pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Gorontalo: Bumi Aksara
Winataputra, S Udin.2004. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.
Copyright (c) 2018 EFEKTOR
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.