UPAYA MENINGKATKAN KESIAPAN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SOSIOLOGI MELALUI MEDIA “SOCIOLOGY EXPRESSION POCKET” SISWA KELAS XI IPS-1 DI SMAN 1 KAUMAN TULUNGAGUNG
DOI:
https://doi.org/10.29407/e.v4i1.739Keywords:
Media ‘Sociology Expression Pocket’ , Kesiapan belajar, Hasil belajarAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya siswa masih menganggap Sosiologi merupakan pelajaran yang membosankan dan kurang menarik. Dengan anggapan tersebut menyebabkan kurangnya minat belajar Sosiologi dan mengakibatkan hasil belajar rendah. Disamping itu, guru dalam melakukan pembelajaran di kelas masih banyak hanya sebatas menyampaikan informasi (materi konsep). Hal ini ditunjang dengan model pembelajaran guru kurang menarik, kurang menyenangkan siswa. Agar menarik minat dan guru dapat mengetahui kesiapan siswa dalam mengikuti pembelajaran, maka digunakannya media yang diberi nama “Sociology Expression Pocket”. Tujuan penelitian ini adalah; (1) merancang, membuat dan menerapkan media “Sociology Expression Pocket” pada kegiatan pembelajaran Sosiologi untuk mengetahui kesiapan yang dimiliki siswa secara langsung sebelum menerima pembelajaran yang akan diberikan guru, sehingga guru dapat mengambil langkah yang strategis pada proses pembelajaran agar yang akan disampaikan mudah diterima siswa (2) mengetahui peningkatan kesiapan menerima pembelajaran Sosiologi (3) mengetahui efektivitas media tersebut dalam rangka peningkatan hasil belajar siswa. Dalam penelitian ini diperoleh hasil bahwa dengan menggunakan media “Sociology Expression Pocket” maka: (a) kesiapan belajar lebih baik dan terjadi peningkatan prestasi belajar siswa, pada siklus ke-1 diperoleh rerata = 55,21 dan pada siklus ke-2 diperoleh rerata = 80,46 (b) dapat meningkatkan ketuntasan belajar siswa, yaitu pada siklus ke-l = 59% dan pada siklus ke-2 = 92,5%.
References
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License