Perkembangan Historiografi Buku Teks Sejarah Di Indonesia Masa Orde Baru Hingga Reformasi

  • Heru Budiono Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Alfian Fahmi Awaludin Universitas Nusantara PGRI Kediri
Abstract views: 5518 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 9993

Abstract

Buku Teks secara umum merupakan media untuk menyampaikan materi mata pelajaran tertentu kepada peserta didik.Demikian halnya dengan buku teks pelajaran sejarah yang dijadikan suatu sumber serta media bagi guru untuk menyampaikan materi yang kaitannya dengan peristiwa yang pernah terjadi dimasa lalu.Namun, berbeda dengan buku teks pada mata pelajaran lainnya, dalam penulisan atau historiografi buku teks pelajaran sejarah sering kali dipengaruhi oleh kepentingan pemerintah pada zamannya. Hal ini pernah terbukti pada masa Orde Baru, dimana buku teks pelajaran sejarah dijadikan salah satu media untuk melegitimasi kekuasaan.Akibatnya terdapat pemahaman yang salah terhadap sebuah persitiwa sejarah pada peserta didik. Materi pelajaran sejarah pada masa Orde Baru juga ciri khas yakni dominasi yang menonjol terhadap peran militer atau ABRI.Ketika momentum reformasi terjadi, terdapat pula usaha untuk memperbaharui historiografi buku teks pelajaran sejarah.Menarik untuk di analisis historiografi buku teks pelajaran sejarah baik pada masa Orde Baru maupun pada masa Reformasi.Karena dengan menganalisis historiografi dalam buku teks mata pelajaran sejarah, kita dapat memahami bagaimana sistem politik mempengaruhi sistem lainnya dan bagaimana sebuah buku teks pelajaran sejarah membawa muatan politik suatu rezim penguasa.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis isi (content analysis).Metode ini bekerja dengan mengumpulkan dan menganalisis muatan makna dari sebuah teks.

PlumX Metrics

Published
2017-11-15
How to Cite
Budiono, H., & Awaludin, A. F. (2017). Perkembangan Historiografi Buku Teks Sejarah Di Indonesia Masa Orde Baru Hingga Reformasi. Efektor, 4(2), 36-43. https://doi.org/10.29407/e.v4i2.969

Most read articles by the same author(s)