Pelatihan “Kreasi Gemas” Sebagai Media Penguatan Literasi Finansial Melalui Pembuatan Produk Kreatif Gantungan Kunci Makrame
DOI:
https://doi.org/10.29407/dedikasi.v5i2.27666Keywords:
Pelatihan, Makrame, Produk Kreatif, BisnisAbstract
Program Kreasi Gemas yang menyasar siswa kelas 6A dan 6B SD Negeri Manggis 2 Puncu dikembangkan untuk mengintegrasikan keterampilan seni dengan pemahaman dasar kewirausahaan. Metode pelaksanaan ini dilakukan dalam tiga tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan kreativitas, keterampilan motorik halus, serta pemahaman siswa mengenai nilai ekonomis produk dan prinsip pemasaran dasar. Selain menghasilkan produk yang menarik, kegiatan ini mendorong siswa untuk melihat peluang usaha dari kerajinan makrame.
Downloads
References
Damariswara, R., Mukmin, B. A., Permana, E. P., Wiguna, F. A., Imron, I. F., Putri, K. E., & Kurnia, I. (2023). Pelatihan Pembuatan Flyer Sebagai Keterampilan Digital Abad Ke-21 Bagi Mahasiswa PGSD Dan Guru SD. Dedikasi Nusantara: Jurnal Pengabdian Masyarakat Pendidikan Dasar.
Herniati, R., Sulistri, E., & Rosdianto, H. (2017). Penerapan Model Predict Observe Explain dengan Pendekatan Learning By Doing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Fisika FLUX, 14(2), 120–128.
Laila, V., Hadi, S., & Subanji. (2019). Pelaksanaan Pendidikan Literasi Finansial pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan.
Latipah, E. L., Zaman, M. B., Antika, T. L., Wahana, A. N. P. D., & Khojin, N. (2023). Pelatihan Mmeningkatkan Motorik Anak dalam Pembuatan Gantungan Kunci (Souvenir) berbasis Kewirausahaan. Era Abdimas: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Multidisiplin, Vol 2 (4), 22-28.
Nguyen, H. V., Ha, G. H., Nguyen, D. N., Doan, A. H., & Phan, H. T. (2022). Understanding Financial Literacy and Associated Factors Among Adult Population in a Low-middle Income Country. Heliyon, 8(6).
Puspitasari, F., Nurindah, M. S., Karmila, M., & Pratama, M. R. B. (2024). Development of Macramé Art Interactive Multimedia Learning on The Bag Product as an Innovative Learning and Teaching. Atlantis Press SARL.
Saidah, K., Laila, A., Damariswara, R., Kurnia, I., Wiguna, F. A., Mukmin, B. A., Permana, E. P., Mujiwati, E. S., & Diyaurrahman, R. N. F. (2024). Pelatihan Penyusunan Modul Ajar Berdiferensiasi berbasis Model Pembelajaran Inovatif untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogis Guru SD Kecamatan Singojuruh Kabupaten Banyuwangi. Dedikasi Nusantara: Jurnal Pengabdian Masyarakat Pendidikan Dasar.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Salsabina Putri Prasetyowati, Sagita Dewi Anggraini, Alvina Venty Vaticasary, Sindy Auliarahma Berlianty, Kharisma Eka Putri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
- Penulis memberikan jurnal tersebut, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya tersebut dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
- Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

