Sosialisasi Pentingnya Menerapkan Gaya Hidup Minimalis Sejak Dini Bagi Siswa Kelas VI Di Min 14 Banjar
DOI:
https://doi.org/10.29407/dedikasi.v4i2.23830Keywords:
Gaya hidup minimalis, kegiatan sosialisasi, siswa kelas viAbstract
Kegiatan sosialisasi tentang gaya hidup minimalis yang ditujukan kepada siswa kelas VI bertujuan untuk menanamkan kesadaran akan pentingnya mengelola keuangan sejak dini. Melalui ceramah interaktif, siswa diajak untuk memahami konsep hidup sederhana dan manfaatnya bagi kesejahteraan. Hasil survei menunjukkan bahwa kegiatan ini berhasil memberikan pemahaman yang baik kepada siswa, serta mendapat apresiasi positif dari guru dan kepala sekolah. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi langkah awal dalam membentuk karakter siswa yang hemat dan bijak dalam mengelola uang jajan. Dengan demikian, siswa dapat belajar mengatur keuangan secara mandiri dan mencapai kesejahteraan finansial di masa depan.
Downloads
References
Santoso, G., Asbari, M., & Rantina, M. (2023). Kajian Gaya Hidup Minimalis dan Mental. Jurnal Pendidikan Transformatif, 2(3), 10-15.
Soenarno, A. D., Hermawan, W. S., & Livia, L. (2022). Analisis Komunitas Online Gaya Hidup Minimalis dalam Menyikapi Konsumerisme. Jurnal Dinamika Sosial Budaya, 24(2), 405-424.
Sumiyati, S. (2017). Mengenal Pengelolaan Keuangan Sejak Usia Dini. Islamic Review: Jurnal Riset dan Kajian Keislaman, 6(1), 29-47.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dedikasi Nusantara: Jurnal Pengabdian Masyarakat Pendidikan Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
- Penulis memberikan jurnal tersebut, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya tersebut dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
- Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0