Pelatihan Tari Topeng Kreasi Sebagai Ketrampilan Psikomotorik Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Jombang
Abstract
PKM ini dilaksanakan di salah satu SDN yang berada di kabupaten Jombang dengan target siswa Sekolah Dasar. PkM bertujuan memberikan Pelatihan terhadap siswa tentang Tari Topeng Kreasi sebagai Ketrampilan Psikomotorik Siswa Sekolah Dasar. Dengan adanya pelatihan ini siswa mendapatkan pengetahuan dan pengalaman baru bagaimana gerak dari tari topeng kreasi untuk meningkatkan ketrampilan psikomotorik yang variatif dan inovatif, dengan pelatihan ini siswa sekolah dasar juga dapat belajar untuk menonjolkan bakat yang ada dalam diri mereka. Karena di zaman modern ini dimana teknologi semakin canggih dan pesat, maka dari itu banyak sekali budaya-budaya dari negara asing masuk ke negara Indonesia. Dampaknya yaitu banyak orang-orang yang mulai meninggalkan dan melupakan budayanya sendiri. Sebagian besar siswa SD pasti tidak mengenal berbagai jenis tarian local yang ada di Indonesia tetapi mereka lebih mengenal dan mengetahui budaya luar yang mana itu bukan bagian dari budaya daerah negara Indonesia. Selain itu masih banyak sekolah dasar yang belum melatih ketrampilan psikomotorik, padahal hal itu sangat penting untuk dilakukan agar siwa dapat mengenal jenis-jenis tarian daerah yang ada di indonesia, dapat mengetahui gerak dan teknik dasar dari tari daerah, serta dapat juga ikut melestarikan tarian-tarian daerah yang ada di Indonesia.
Downloads
References
Saekan, Mukhamad. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif, Nora Media Enterprise, Kudus, Hamidi. 2024. Metode Penelitian Kualitatif, Universitas Muhammadiyah Malang, Malang.
Nursyam, Y. (2017). PELATIHAN SENI TARI GUNA MENINGKATKAN WAWASAN DAN KETERAMPILAN GURU SENI BUDAYA SMP SE-KAB. LIMA PULUH KOTA. Batoboh: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1).
Depalina, S., Nur, K., & Wahyuni, A. (2021). WAWASAN SENI TARI BAGI CALON PENDIDIK ANAK USIA DINI. JURNAL TILA (Tarbiyah Islamiyah Lil Athfaal), 1(1), 40-56.
Mazhud, N. (2020). Pelatihan Gerakan Dasar Tari Tradisional dalam Meningkatkan Keterampilan Menari Siswa Kelas X SMA LPP UMI. Madaniya, 1(4), 190-201.
Miranti, K., Rusyadi, A., & Fahmi, F. (2022). Melatih keterampilan psikomotorik siswa melalui penggunaan lembar kerja siswa (LKS). Journal of Banua Science Education, 2(2), 93-98.
Copyright (c) 2024 Dedikasi Nusantara: Jurnal Pengabdian Masyarakat Pendidikan Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
- Penulis memberikan jurnal tersebut, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya tersebut dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
- Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0