Analisis Optimasi Umur Pakai Pegas Daun dan Pegas Coil Pada Kendaraan Pick-Up merk XYZ tipe Single Cabin 4x4
DOI:
https://doi.org/10.29407/jmn.v7i2.22486Keywords:
ANSYS, Kendaraan single cabin 4x4, Pegas Coil, Pegas Daun, Umur PakaiAbstract
Kendaraan tipe Single cabin 4X4 merupakan kendaraan yang sangat diandalkan dalam industri tambang dan konstruksi karena kehandalannya. Namun, penggunaan intensif di lingkungan yang keras sering kali mengakibatkan penurunan drastis dalam umur pakai pegas suspensi akibat getaran konstan dari medan yang tidak rata dan beban berlebihan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh beban terhadap umur pakai pegas suspensi untuk kendaraan tipe Single cabin 4X4. Dalam penelitian ini dilakukan proses pengukuran diikuti dengan analisis menggunakan software ANSYS Workbench R1 2024 untuk memperoleh informasi tentang umur pakai, tegangan, dan deformasi dari pegas daun dan pegas coil. Hasil simulasi menunjukkan bahwa pegas daun nomor 4 memiliki deformasi dan tegangan terbesar, diketahui juga bahwa safety factor pegas daun lebih tinggi daripada pegas coil. Pegas coil memiliki umur pakai yang lebih rendah terutama saat beban overload diterapkan. Pegas daun memiliki nilai life fatigue yang lebih tinggi daripada pegas coil.
Downloads
References
A. Ariyanto, “ANALISIS KESTABILAN SISTEM SUSPENSI MOBIL SEPEREMPAT KENDARAAN DENGAN METODE LYAPUNOV LANGSUNG,” 2015.
F. Kurniawan, “Simulasi dan Analisa Tegangan Impak Pada Rim Velg Truk dengan Metode Elemen Hingga,” 2017, [Online]. Available: https://core.ac.uk/download/pdf/291463450.pdf
S. Aritonang, Imastuti, and P. Herdiyana Wulanuari, “Analisis Kerusakan Yang Disebabkan Oleh Vibrasi Pada SistemSuspensi Kendaraan Roda Empat - Damage Analysis Caused By Vibration At Suspension System of Four Wheels Vehicle,” J. Teknol. Daya Gerak, vol. 1, no. 1, pp. 17–33, 2018, [Online]. Available: http://eprints.ums.ac.id/30618/1/2._
L. Lukman, A. D. Anggono, and S. Sarjito, “Desain Dan Optimisasi Sistem Suspensi Pegas Daun Pada Kendaraan Roda 3 Dengan Menggunakan Catia V5,” Turbo J. Progr. Stud. Tek. Mesin, vol. 7, no. 1, 2018, doi: 10.24127/trb.v7i1.665.
N. A. S. Laksana, B. A. Girawan, and J. S. Pribadi, “Desain dan Analisis Karakteristik Pegas Koil Sistem Suspensi Belakang untuk Kendaraan Ringan Sepeda Motor Listrik,” Infotekmesin, vol. 13, no. 1, pp. 59–66, 2022, doi: 10.35970/infotekmesin.v13i1.908.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. 1967. [Online]. Available: https://www.academia.edu/118903676/Metode_Penelitian_Kuantitatif_Kualit atif_dan_R_and_D_Prof_Sugiono
Bayu Estu Suprayogi, “Perancangan Ulang dan Analisa Sistem Suspensi Mobil Multiguna Pedesaan Dengan Standar Kenyamanan ISO 2631,” Teknik, vol. 4, no. 1, 2015.
K. Rohman, “Analisis Komputasional Karakteristik Mekanik Pegas Daun Prototipe Mobil Fish Car Unej (Fcu) Mudksip,” 2020.
T. M. Arief, “Analisis Kekuatan Struktur Pallet Menggunakan Metode Elemen Hingga,” J. Energi Dan Manufaktur, vol. 7, no. 1, pp. 63–72, 2015.
S. O. Dapas, “Analisis Struktur Rangka Batang,” J. Ilm. Media Eng., vol. 1, no. 2, pp. 156–160, 2011.
R. N. Huda, “Analisa Fatik Pegas Daun Kendaraan Truck Mitsubishi Canter 125 PS Pengangkut Sawit Dengan Metode Elemen Hingga,” 2021, [Online]. Available: https://repository.uir.ac.id/17505/%0Ahttps://repository.uir.ac.id/17505/1/153
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Brilian Cahaya Kristian Kamoda, Yohanis Rampo, Robert Munaiseche
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License