Analisis Optimasi Umur Pakai Pegas Daun dan Pegas Coil Pada Kendaraan Pick-Up merk XYZ tipe Single Cabin 4x4

Authors

  • Brilian Kamoda Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.29407/jmn.v7i2.22486

Keywords:

ANSYS, Kendaraan single cabin 4x4, Pegas Coil, Pegas Daun, Umur Pakai

Abstract

Kendaraan tipe Single cabin 4X4 merupakan kendaraan yang sangat diandalkan dalam industri tambang dan konstruksi karena kehandalannya. Namun, penggunaan intensif di lingkungan yang keras sering kali mengakibatkan penurunan drastis dalam umur pakai pegas suspensi akibat getaran konstan dari medan yang tidak rata dan beban berlebihan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh beban terhadap umur pakai pegas suspensi untuk kendaraan tipe Single cabin 4X4. Dalam penelitian ini dilakukan proses pengukuran diikuti dengan analisis menggunakan software ANSYS Workbench R1 2024 untuk memperoleh informasi tentang umur pakai, tegangan, dan deformasi dari pegas daun dan pegas coil. Hasil simulasi menunjukkan bahwa pegas daun nomor 4 memiliki deformasi dan tegangan terbesar, diketahui juga bahwa safety factor pegas daun lebih tinggi daripada pegas coil. Pegas coil memiliki umur pakai yang lebih rendah terutama saat beban overload diterapkan. Pegas daun memiliki nilai life fatigue yang lebih tinggi daripada pegas coil.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Ariyanto, “ANALISIS KESTABILAN SISTEM SUSPENSI MOBIL SEPEREMPAT KENDARAAN DENGAN METODE LYAPUNOV LANGSUNG,” 2015.

F. Kurniawan, “Simulasi dan Analisa Tegangan Impak Pada Rim Velg Truk dengan Metode Elemen Hingga,” 2017, [Online]. Available: https://core.ac.uk/download/pdf/291463450.pdf

S. Aritonang, Imastuti, and P. Herdiyana Wulanuari, “Analisis Kerusakan Yang Disebabkan Oleh Vibrasi Pada SistemSuspensi Kendaraan Roda Empat - Damage Analysis Caused By Vibration At Suspension System of Four Wheels Vehicle,” J. Teknol. Daya Gerak, vol. 1, no. 1, pp. 17–33, 2018, [Online]. Available: http://eprints.ums.ac.id/30618/1/2._

L. Lukman, A. D. Anggono, and S. Sarjito, “Desain Dan Optimisasi Sistem Suspensi Pegas Daun Pada Kendaraan Roda 3 Dengan Menggunakan Catia V5,” Turbo J. Progr. Stud. Tek. Mesin, vol. 7, no. 1, 2018, doi: 10.24127/trb.v7i1.665.

N. A. S. Laksana, B. A. Girawan, and J. S. Pribadi, “Desain dan Analisis Karakteristik Pegas Koil Sistem Suspensi Belakang untuk Kendaraan Ringan Sepeda Motor Listrik,” Infotekmesin, vol. 13, no. 1, pp. 59–66, 2022, doi: 10.35970/infotekmesin.v13i1.908.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. 1967. [Online]. Available: https://www.academia.edu/118903676/Metode_Penelitian_Kuantitatif_Kualit atif_dan_R_and_D_Prof_Sugiono

Bayu Estu Suprayogi, “Perancangan Ulang dan Analisa Sistem Suspensi Mobil Multiguna Pedesaan Dengan Standar Kenyamanan ISO 2631,” Teknik, vol. 4, no. 1, 2015.

K. Rohman, “Analisis Komputasional Karakteristik Mekanik Pegas Daun Prototipe Mobil Fish Car Unej (Fcu) Mudksip,” 2020.

T. M. Arief, “Analisis Kekuatan Struktur Pallet Menggunakan Metode Elemen Hingga,” J. Energi Dan Manufaktur, vol. 7, no. 1, pp. 63–72, 2015.

S. O. Dapas, “Analisis Struktur Rangka Batang,” J. Ilm. Media Eng., vol. 1, no. 2, pp. 156–160, 2011.

R. N. Huda, “Analisa Fatik Pegas Daun Kendaraan Truck Mitsubishi Canter 125 PS Pengangkut Sawit Dengan Metode Elemen Hingga,” 2021, [Online]. Available: https://repository.uir.ac.id/17505/%0Ahttps://repository.uir.ac.id/17505/1/153

pdf

Downloads

PlumX Metrics

Published

2024-12-31

How to Cite

[1]
B. Kamoda, “Analisis Optimasi Umur Pakai Pegas Daun dan Pegas Coil Pada Kendaraan Pick-Up merk XYZ tipe Single Cabin 4x4”, JMN, vol. 7, no. 2, pp. 186–196, Dec. 2024.