Analisis dan Optimalisasi Sistem Suspensi Mobil Listrik Anobrain-1 Universitas Singaperbangsa Karawang

Authors

  • Muhammad Faisal Aldriansyah Univeritas Singaperbangsa Karawang
  • Kardiman Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Bobie Suhendra Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.29407/jmn.v8i1.20417

Keywords:

Material Suspensi, Sistem Suspensi Double Wishbone, Sudut Chamber

Abstract

Sistem suspensi pada mobil listrik sangat penting untuk menopang beban, meredam getaran, dan menjaga stabilitas pada kecepatan tinggi. Suspensi Double Wishbone dengan lengan terhubung pada chasis dan roda adalah pilihan yang umum digunakan. Suspensi ini mengontrol sudut camber, meningkatkan pengendalian, dan mengurangi gejala roll atau sway, memberikan stabilitas saat melaju lurus. Suspensi Double Wishbone juga optimal untuk mobil listrik dengan sudut camber yang meningkatkan kontak roda dan memberikan akselerasi yang baik. Ketinggian roll center mobil ini adalah 0,156 m, dan tinggi center of gravity adalah 0,407 m dari titik bawah roda. Variasi material pada pegas shock absorber mempengaruhi sudut camber, dengan material ASTM-A401 Chrome Silicon yang optimal mendekati sudut camber 0° dan meningkatkan kontak roda. Perancangan mobil listrik perlu mempertimbangkan sudut koreksi pegas optimal 0° pada suspensi untuk stabilitas yang baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

1] A. Efendi, “Rancang Bangun Mobil Listrik Sula Politeknik Negeri Subang,” J. Pendidik. Teknol. dan Kejuru., vol. 17, no. 1, p. 75, 2020, doi: 10.23887/jptk-undiksha.v17i1.23057.

[2] O. N. Irvanda, “ANALISIS DAN DEVELOPMENT KESETABILAN KEMAMPUAN SISTEM SUSPENSI PADA MITSUBISHI LANCER SL,” 2019. [Online]. Available: https://api.semanticscholar.org/CorpusID:126890154

[3] A. Efendi, “Perancangan dan Analisis Perhitungan Rangka Mesin Mobil Listrik Sula Politeknik Negeri Subang,” J. Rekayasa Mesin, vol. 15, no. 2, p. 107, 2020, doi: 10.32497/jrm.v15i2.1843.

[4] E. Listijorini, S. Susilo, S. Ula, R. R. Ananda, and H. Haryadi, “MODELING AND DYNAMIC ANALYSIS OF VEHICLE SUSPENSION BASED ON STATE SPACE VARIABLE,” Trends Mech. Eng. Res., vol. 01, no. 02, pp. 66–70, 2023.

[5] R. Putra, A. Mukhtar, and I. Qiram, “Uji Kerja Dinamis Sistem Suspensi Pada Kendaraan Atv,” V-MAC (Virtual Mech. Eng. Artic., vol. 6, no. 2, pp. 67–70, 2021, doi: 10.36526/v-mac.v6i2.1520.

[6] T. Shim and P. C. Velusamy, “Improvement of vehicle roll stability by varying suspension properties,” Veh. Syst. Dyn., vol. 49, no. 1–2, pp. 129–152, 2011, doi: 10.1080/00423111003615196.

[7] M. H. Sadd, Elasticity : Theory, Applications, and Numerics, 4th ed. London: Academic Press, 2020.

[8] Suspension Secrets, “roll centre and roll moment,” suspensionsecrets.co.uk. https://suspensionsecrets.co.uk/roll-centre-and-roll-moment/

[9] R. Rajamani, Vehicle Dynamics and Control, 2nd ed. New York, 2011.

[10] B. Heißing and M. Ersoy, Chassis Handbook: Fundamentals, Driving Dynamics, Components, Mechatronics, Perspectives. Vieweg+Teubner Verlag, 2016. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=d7igDAEACAAJ

Downloads

PlumX Metrics

Published

2025-07-03

How to Cite

[1]
“Analisis dan Optimalisasi Sistem Suspensi Mobil Listrik Anobrain-1 Universitas Singaperbangsa Karawang”, JMN, vol. 8, no. 1, pp. 1–9, Jul. 2025, doi: 10.29407/jmn.v8i1.20417.

Similar Articles

1-10 of 71

You may also start an advanced similarity search for this article.