ANALISIS PENGARUH TAHUN PERAKITAN TERHADAP EMISI GAS BUANG KENDARAAN BERMOTOR
pdf

Keywords

Emisi Gas Buang
Tahun Perakitan
Motor Bakar Bensin

How to Cite

[1]
S. Machmud, “ANALISIS PENGARUH TAHUN PERAKITAN TERHADAP EMISI GAS BUANG KENDARAAN BERMOTOR”, J, vol. 4, no. 1, pp. 21-29, Jul. 2021.

Abstract

Seiring dengan peningkatan kebutuhan masyarakat, maka aktifitas transportasi pun juga meningkat. Transportasi merupakan salah satu kegiatan yang berkontribusi besar sebagai penghasil emisi gas buang kendaraan bermotor khususnya yang berbahan bakar bensin. Mengakibatkan tingginya kadar polusi udara akibat emisi gas buang dari kendaraan bermotor. Polusi utama yang dihasilkan dari emisi gas buang kendaraan bermotor adalah Karbon monoksida (CO), Hidrokarbon (HC), Karbon dioksida (CO2), Oksigen (O2) dan Nitrogen oksida (NOx). Gas buang yang dikeluarkan kendaraan bermotor sangat berbahaya bagi kesehatan manusia. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh tahun perakitan terhadap emisi gas buang kendaraan bermotor. Peralatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Alat uji emisi kendaraan bensin ( Emisi Gas Analyzer) merek SPTC. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan analisis. Hasil penelitian menunjukkan Secara keseluruhan dengan menggunakan ketentuan ambang batas bagi mobil lama (< 2007), yakni CO 4,5 % dan HC 1200 ppm, maka hanya 29,05 % dari seluruh kendaraan bermotor yang dikaji mengalami tidak lulus uji emisi, akan tetapi jika menggunakan ketentuan ambang batas bagi mobil baru (≥ 2007), yakni CO 1,5 % dan HC 200 ppm, maka 63,2 % dari seluruh kendaraan bermotor yang dikaji mengalami lulus uji emisi atau 36,8 % kendaraan memiliki emisi gas buang yang melebihi ambang batas yang ditetapkan.

https://doi.org/10.29407/jmn.v4i1.16038
pdf

References

[1] Ayusti, D., 2014, Analisis Kadar Emisi Gas Karbon Monoksida (CO) Dari Kendaraan Bermotor Yang Melalui Penyerapan Karbon Aktif Dari Kulit Buah Durian (Durio zibethinus), Makasar

[2] Badan Lingkungan Hidup (BLH) Provinsi Jawa Tengah., 2013, Proyeksi Bahan Pencemaran Udara Menurut Sumber di Jawa Tengah, Semarang

[3] Bakeri, M., Syarief, A., Khusairi Ach, S., 2012, Analisa Gas Buang Mesin Berteknologi EFI dengan Bahan Bakar, Kabupaten Banjar

[4] Darmawansyah, 2015, Pengaruh Pembebanan Dan Putaran Mesin Terhadap Torsi Dan Daya Yang Dihasilkan Mesin Matari Mgx200/Sl, Pontianak

[5] Famolah, B.R., 2011, Klasifikasi Motor. http://famolahx.blogspot.co.id/2011/06/klasifikasi-motor.html diakses tanggal 04 Juni 2011

[6] Fauzi, M., 2015, Pengaruh Bioetanol Terhadap Lambda Dan Emisi Gas Buang Pada Sepeda Motor Empat Tak Satu Silinder Berbahan Bakar Premium, Semarang

[7] Fauzien, A., 2008, Analisis Penggunaan Venturi Mixer 12 Lubang Menyilang Terhadap Perubahan Performa Dan Emisi Pada Sepeda Motor 4 Langkah/125 CC Dengan Penambahan LPG (Propanan 4,58% Dan Butana 83,14%), Depok

[8] Ginanjar, Y., Bektiarso, P., Muamar., 2011, Ilmu Pengetahuan Bumi dan Antariksa “Atsmotfer Bumi”, Yogyakarta

[9] Hadi, T., 2014, Kaji Eksperimental Pengaruh Penggunaan Campuran Zat Aditif Terhadap Performa Mesin Motor, Bengkulu

[10] Menteri Lingkungan Hidup., 2006, Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 5 Tahun 2006 tentang Ambang Batas Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Tipe Lama, Jakarta

[11] Pratomo, R.Y., 2008, Analisa Performa Sepeda Motor 4 Langkah 1 Silinder Fuel Injection 125 CC Terhadap Variasi Campuran Premium-Etanol (E10- E30), Depok

[12] PT Trakindo Kuala Kencana., 2002, Training Center Trakindo Kuala Kencana,
Tembagapura
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2021 Syahril Machmud

Downloads

Download data is not yet available.