Analisis Pengaruh Tahun Perakitan Terhadap Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor
Abstract
Seiring dengan peningkatan kebutuhan masyarakat, maka aktifitas transportasi pun juga meningkat. Transportasi merupakan salah satu kegiatan yang berkontribusi besar sebagai penghasil emisi gas buang kendaraan bermotor khususnya yang berbahan bakar bensin. Mengakibatkan tingginya kadar polusi udara akibat emisi gas buang dari kendaraan bermotor. Polusi utama yang dihasilkan dari emisi gas buang kendaraan bermotor adalah Karbon monoksida (CO), Hidrokarbon (HC), Karbon dioksida (CO2), Oksigen (O2) dan Nitrogen oksida (NOx). Gas buang yang dikeluarkan kendaraan bermotor sangat berbahaya bagi kesehatan manusia. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh tahun perakitan terhadap emisi gas buang kendaraan bermotor. Peralatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Alat uji emisi kendaraan bensin ( Emisi Gas Analyzer) merek SPTC. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan analisis. Hasil penelitian menunjukkan Secara keseluruhan dengan menggunakan ketentuan ambang batas bagi mobil lama (< 2007), yakni CO 4,5 % dan HC 1200 ppm, maka hanya 29,05 % dari seluruh kendaraan bermotor yang dikaji mengalami tidak lulus uji emisi, akan tetapi jika menggunakan ketentuan ambang batas bagi mobil baru (≥ 2007), yakni CO 1,5 % dan HC 200 ppm, maka 63,2 % dari seluruh kendaraan bermotor yang dikaji mengalami lulus uji emisi atau 36,8 % kendaraan memiliki emisi gas buang yang melebihi ambang batas yang ditetapkan.
Downloads
References
Ayusti, D., 2014, Analisis Kadar Emisi Gas Karbon Monoksida (CO) Dari Kendaraan Bermotor Yang Melalui Penyerapan Karbon Aktif Dari Kulit Buah Durian (Durio zibethinus), Makasar
Badan Lingkungan Hidup (BLH) Provinsi Jawa Tengah., 2013, Proyeksi Bahan Pencemaran Udara Menurut Sumber di Jawa Tengah, Semarang
Bakeri, M., Syarief, A., Khusairi Ach, S., 2012, Analisa Gas Buang Mesin Berteknologi EFI dengan Bahan Bakar, Kabupaten Banjar
Darmawansyah, 2015, Pengaruh Pembebanan Dan Putaran Mesin Terhadap Torsi Dan Daya Yang Dihasilkan Mesin Matari Mgx200/Sl, Pontianak
Famolah, B.R., 2011, Klasifikasi Motor. http://famolahx.blogspot.co.id/2011/06/klasifikasi-motor.html diakses tanggal 04 Juni 2011
Fauzi, M., 2015, Pengaruh Bioetanol Terhadap Lambda Dan Emisi Gas Buang Pada Sepeda Motor Empat Tak Satu Silinder Berbahan Bakar Premium, Semarang
Fauzien, A., 2008, Analisis Penggunaan Venturi Mixer 12 Lubang Menyilang Terhadap Perubahan Performa Dan Emisi Pada Sepeda Motor 4 Langkah/125 CC Dengan Penambahan LPG (Propanan 4,58% Dan Butana 83,14%), Depok
Ginanjar, Y., Bektiarso, P., Muamar., 2011, Ilmu Pengetahuan Bumi dan Antariksa “Atsmotfer Bumi”, Yogyakarta
Hadi, T., 2014, Kaji Eksperimental Pengaruh Penggunaan Campuran Zat Aditif Terhadap Performa Mesin Motor, Bengkulu
Menteri Lingkungan Hidup., 2006, Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 5 Tahun 2006 tentang Ambang Batas Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Tipe Lama, Jakarta
Pratomo, R.Y., 2008, Analisa Performa Sepeda Motor 4 Langkah 1 Silinder Fuel Injection 125 CC Terhadap Variasi Campuran Premium-Etanol (E10- E30), Depok
PT Trakindo Kuala Kencana., 2002, Training Center Trakindo Kuala Kencana, Tembagapura
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License