Analisa Pengaruh Proses Alkali Pada Komposit Serat Tebu Bermatrik Polimer

  • Hesti Istiqlaliyah Univ. Nusantara PGRI Kediri
  • Ah. Sulhan Fauzi Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Kuni Nadliroh Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Haris Mahmudi Universitas Nusantara PGRI Kediri
Abstract views: 273 , PDF downloads: 307
Keywords: Komposit, Polimer, Proses Alkali, Serat Tebu

Abstract

Perkembangan material teknik terutama komposit polimer yang meliputi bahan-bahan baru (high-tech materials), proses manufaktur dan aplikasi teknik dekade ini menunjukkan peningkatan yang cukup sinifikan. Masalah yang timbul seiring dengan perkembangan teknologi bahan komposit polimer tersebut adalah bagaimana memanfaatkan bahan-bahan yang sumber ketersediaannya cukup banyak yang mampu diregenerasikan untuk mengantisipasi krisis bahan terutama jenis plastik polimer, dimana tersedianya sumber bahan dipengaruhi oleh sumber minyak bumi yang tidak bisa diperbaharui. Dari sinilah timbul satu ide atau gagasan, bagaimana memanfaakan serat alam sebagai bahan penunjang atau bahan pengganti komposit yang terbuat dari polimer. Serat alam yang dipilih adalah serat bagasse, karena serat ini banyak ditemukan di sekitar kita sebagai salah satu jenis limbah. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah, untuk mengetahui seberapa besar kekuatan tarik serat setelah mendapat proses treatment berupa proses alkali menggunakan cairan NaOH 5% dengan waktu perendaman 0, 120, dan 180 menit. Setelah proses treatment, serat kemudian diuji kekuatan tariknya. Diharapkan hasil dari penelitian ini dapat dimanfaatkan sebagai temuan atau referensi dalam rekayasa material terutama komposit, serta dapat membantu mengurangi limbah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Istiqlaliyah, H. and Setyowidodo, Irwan, “Efektivitas Proses Carburizing dan Quenching Terhadap Nilai Kekerasan Baja S45C”, Jurnal TECNOSCIENZA, Vol.6, No.1, pp. 203-218, 2021.

Istiqlaliyah, H. and Ilham, Muslimin, “The Effectiveness of the Carburizing Process on ST 42 Steel With Variations of Donor Media”, in Procedia of Engineering and Life Science Conference, 2021, pp. 1-7.

Sriwita, Delni, Astuti, “Pembuatan dan Karakterisasi Sifat Mekanik Bahan Komposit Serat Daun Nenas-Polyester Ditinjau dari Fraksi Massa dan Orientasi Serat”, Jurnal Fisika Unad, Vol. 3, No. 1, pp. 30-36, 2014.

Wona, Hendrikus, “Pengaruh Variasi Fraksi Volume Serat terhadap Kekuatan Bending dan Impak Komposit Polyester Berpenguat Serat Agave Cantula”, Jurnal Teknik Mesin LONTAR, Vol. 2, No. 1, pp. 39-50, 2015.

Kunarto, dan Indra S., “Serat Tebu (bagasse) Sebagai Bahan Pengisi Pada Komposit Dengan Matriks Resin Poliester”, Jurnal Universitas Bandar Lampung, Vol. 2, No. 1, 2016

Groover, Mikell P., Compposite Material Fundamental Of Modern Manu- Facturing Material Processes, and System. 5th Edition, America: Don fowley, 1996.

Matthews L, dam Rawlings D., Composite Material Engineering and Science. London: Elsevier Science, 1999.

Schwartz, M.M., Composite Materail Handbook: Singapura: MC.Graw-Hil, 1984.

Minah F, Astuti S, dan Rastini E., “Karakteristik Material Komposit Polimer Polystirene Dan Serat Tebu”, Jurnal Institut Teknologi Nasional Malang, Vol. 7. No. 1, 2017.

PlumX Metrics

Published
2023-01-21
How to Cite
[1]
H. Istiqlaliyah, A. S. Fauzi, K. Nadliroh, and H. Mahmudi, “Analisa Pengaruh Proses Alkali Pada Komposit Serat Tebu Bermatrik Polimer”, JMN, vol. 5, no. 2, pp. 189-200, Jan. 2023.