Worksampling Sebagai Usaha Mengukur Produktivitas Perakitan Kursi Model Praktikum Analisa Perancangan Sistem Kerja Dan Ergonomi
pdf

Keywords

Works sampling
Prosentase Produktif
Rasio Delay
Jumlah Menit Pengamatan

How to Cite

[1]
B. I. Putra, I. A. Sari, and R. B. Jakaria, “Worksampling Sebagai Usaha Mengukur Produktivitas Perakitan Kursi Model Praktikum Analisa Perancangan Sistem Kerja Dan Ergonomi”, J, vol. 4, no. 2, pp. 61-69, Dec. 2021.

Abstract

Laboratorium Analisa Perancangan Sistem Kerja dan Ergonomi merupakan salah satu fasilitas yang dimiliki oleh Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Salah satu kegiatan kerja yang dilakukan di fasilitas ini adalah kegiatan perakitan kursi model. Sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa hasil dari setiap kegiatan/ pekerjaan pasti memiliki output, baik itu berupa jasa maupun produk manufaktur. Dalam setiap output yang dikeluarkan memiliki proses-prosesnya sendiri. Dari setiap proses yang ada pasti kita bisa mengamati cara kerja masing-masing proses, apakah termasuk produktif (termasuk dengan tingkat efektif dan efisien tinggi) atau tidak, apakah memiliki idle time atau tidak. Dari hal tersebut, kita bisa mengamati proses kerja menggunakan metode Work Sampling  atau dalam bahasa asingnya disebut Ratio Delay Study atau Random Observation Method. Metode ini adalah suatu teknik untuk mengadakan sejumlah besar pengamatan terhadap aktivitas kerja dari mesin, proses, atau pekerja/operator. Permasalahan yang terjadi saat ini adalah belum adanya pengukuran kegiatan kerja pada operator perakitan kursi model selama pandemi covid 19 yang dilakukan pada mahasiswa peserta praktikum. Pada penelitian ini peneliti akan mencari nilai prosentase produktiv, rasio delay dan jumlah menit produktif. Adapun hasil yang didapat pada penelitian ini adalah banyaknya jumlah pengamatan/ kunjungan berdasarkan penentuan satuan waktu sebanyak 23 kali, terdapat 19 kegiatan produktif dengan prosentase sebesar sebesar 83% dan 4 kegiatan non produktif dengan prosentase sebesar 17%. Nilai ratio delay sebesar 0,20 dan jumlah menit produktifnya sebesar 21,64 menit.

https://doi.org/10.29407/jmn.v4i2.16894
pdf

References

S. Wignjosoebroto, Ergonomi Studi Gerak dan Waktu, Surabaya: Guna WIdya, 2006.

Jono, "Pengukuran Beban Kerja Tenaga Kerja dengan Metode Work Sampling," Spektrum Industri, vol. 13, no. 2, pp. 115-228, 2015.

R. D. Tjahjono, A. P. N. and A. A. Widodo, "IMPLEMENTASI UNIQUE CODE NOMINAL TRANSFER MENGGUNAKAN METODE LINEAR CONGRUENTIAL GENERATOR UNTUK ORDER DEPOSIT," Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan, vol. 1, no. 3, pp. 39-52, 2016.

Hermanto, "ANALISIS PRODUKTIVITAS PEKERJA DI LANTAI PRODUKSI PADA PT. XACTI DEPOK JAWA BARAT DENGAN MENGGUNAKAN METODE WORK SAMPLING," Jurnal Teknik, vol. 4, no. 1, pp. 1-9, 2015.

R. Yasra and M. Sahril, "PENETAPAN WAKTU STANDAR OPERATOR PELAYANAN PENGISIAN BBM DENGAN MENGGUNAKAN METODE WORK SAMPLING. (STUDI KASUS DI PT. PERTAMINA RETAIL SPBU COCO SEILADI BATAM)," Jurnal Industri Kreatif, vol. 3, no. 1, pp. 79-88, 2019.

H. R. Zadry, L. Susanti, B. Yuliandra and D. Jumeno, ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM KERJA, Padang: Andalas University Press, 2015.

E. G. Santoso and J. Raharjo, "Standarisasi, Monitoring, dan Compliance Kebersihan dan K3," Jurnal Tirta, vol. 4, no. 1, pp. 115-120, 2016.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2021 Boy Isma Putra, Indah Apriliana Sari, Ribangun Bamban Jakaria

Downloads

Download data is not yet available.