Rancang bangun mesin smart capsule (kaplet sapi unggul) limbah sawit

  • Linda Rahmadhani Harahap Universitas Negeri Medan
Abstract views: 202 , PDF downloads: 403
Keywords: limbah sawit, mesin, pakan sapi

Abstract

Pembuatan mesin smart kapsul (kaplet sapi unggul) telah dibuat di desa Durian, Kecamatan Pantai Labu, Kabupaten Deli Serdang. Pembuatan mesin bertujuan untuk membantu peternak sapi desa durian dalam mengatasi kesulitan pakan sapi dengan memanfaatkan limbah sawit. Metode yang digunakan mulai dari studi kelayakan, merancang mesin, mengumpulkan dan  membeli alat dan bahan, mengevaluasi hasil dan alat pengujian. Hasil yang diperoleh melalui dua tahap penggilingan yaitu mesin pencaacah dan mesin pencetak smart kapsul limbah sawit yaitu 10 kg / jam penggilingan dan 8 kg/jam dalam pencetakan pakan  Hasil akhir yang diperoleh dari mesin smart kapsul adalah pakan yang siap diberikan kepada sapi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Badan Pusat Statistik Sumut, Produksi Daging menurut Jenis Ternak dan Kabupaten/Kota (ton) Tahun 2016. Medan: BPS Sumut, 2017.

Mujnisa, A., S. Nompo., Sema dan J. Fajri, “Pengaruh pemberian pupuk cair dengan dosis berbeda terhadap kandungan nutrisi rumput benggala (Panicum maximum) pada lahan kering kritis,” Universitas Hasanuddin, 2016.

Dirta, M, “Hubungan Umur dengan Zat Makanan Empelur Pelepah Sawit,”Universitas Jambi, 2007.

Harahap, M.F., Marpaung, M.A., Pranata, J.D., Siregar, B.M, “Inovasi Penyapu Sampah Menggunakan Becak Tenaga Listrik di Kota Medan,” Piston, vol. 2, no. 2, pp. 53-59, 2018.

PlumX Metrics

Published
2019-08-02
How to Cite
[1]
L. R. Harahap, “Rancang bangun mesin smart capsule (kaplet sapi unggul) limbah sawit”, JMN, vol. 2, no. 1, pp. 1-9, Aug. 2019.