Analisa pengaruh sudut sudu terhadap kinerja turbin kinetik poros horisontal dan vertikal
PDF (Bahasa Indonesia)

Keywords

turbin kinetik
sudut sudu
poros vertikal
poros horizontal

How to Cite

[1]
yasinta sindy pramesti, “Analisa pengaruh sudut sudu terhadap kinerja turbin kinetik poros horisontal dan vertikal”, J, vol. 1, no. 1, pp. 51-59, Jun. 2018.

Abstract

Turbin kinetik adalah suatu jenis pembangkit listrik yang memanfaatkan energi yang tersimpan pada aliran air yaitu energi potensial dan energi kinetik yang akan diubah menjadi energi mekanik . Salah satu faktor yang mempengaruhi kinerja turbin yaitu sudut sudu. Metodologi penelitian pada turbin kinetik ini memanfaatkan kecepatan fluida (air) yang bergerak dengan. Variasi sudut pengarah aliran dengan sudut yang akan diteliti ini menggunakan sudut 5° 10° , 15° dan variasi debit aliran 50, 70 dan 90 m³/jam. Selain itu, turbin kinetik ini menggunakan variasi poros vertikal dan horizontal. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa daya output yang dihasilkan turbin maksimal sebesar 1,53 Watt terjadi pada debit 90 m3/jam dengan sudut pengarah aliran 15⁰. Efisiensi tertinggi yaitu sebesar 18% terjadi pada debit aliran 50 m3/jam dengan sudut pengarah aliran sebesar 15⁰. Turbin dengan tipe poros horizontal memiliki nilai daya dan efisiensi yang sedikit lebih besar jika dibandingan dengan turbin poros vertikal.

https://doi.org/10.29407/jmn.v1i1.12296
PDF (Bahasa Indonesia)

References

[1] Direktorat Konstruksi dan Energi Baru Terbarukan (DKEBT), 2013. PT. PLN (Persero)

[2] Pietersz, Richard.,Soenoko, Rudy.,Wahyudi, Slamet. 2013. Pengaruh Jumlah Sudu terhadap Optimalisasi Kinerja Turbin Kinetik Roda Tunggal. Jurnal Rekayasa Mesin, Vol.4, No.2 Tahun 2013: 93-100

[3] Asroful Anam. Rudy Soenoko. Denny Widhiyanuriyawan. 2013. Pengaruh Variasi Sudut Input Sudu Mangkok Terhadap Kinerja Turbin Kinetik. Universitas Brawijaya Malang.

[4] Yani, Ahmad,. Mihdar,. Erianto, Rudi. 2016. Pengaruh Variasi Bentuk Sudu Terhadap Kinerja Turbin Air Kinetik Sebagai Alternatif Pembangkit Listrik Daerah Pedesaan. Jurnal Turbo 5 (1).

[5] Ohoirenan. W, Wahyudi. S, dan Sutikno, D,. 2012. Pengaruh Variasi Jumlah Sudu Terhadap Kinerja Turbin Kinetik Roda Tunggal. Prosiding Seminar Nasional Science, Engineering and Technology, Brawijaya Malang.

[6] Warsito, Sri Wahyudi, D. dan Wildan Khoiron. 2011. Realisasi dan Analisa Sumber Energi Baru Terbarukan Nanohidro Dari aliran air Berdebit kecil. Jurnal Material dan Energi Indonesia, Volume 01 Nomor 01.
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2018 Jurnal Mesin Nusantara