LAYANAN KONSELING BEHAVIORAL TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB BELAJAR SISWA DI SEKOLAH

Main Article Content

Muhammad Satriadi Muratama

Abstract

Abstrak tujuan dari studi literatur ini adalah menguraikan konseling behavioral dan teknik self management untuk meningkatkan perilaku disiplin dan tanggung jawab belajar siswa di sekolah. Sifat dari layanan  konseling  behavioral dan teknik self management ini bisa mengurangi dan meningkatkan. Hal yang akan ditingkatkan melalui layanan dan teknik tersebut adalah masalah perilaku disiplin dan tanggung jawab belajar siswa yang rendah. Di sekolah ditemukan banyak siswa yang sering melanggar peraturan sekolah, tidak mengumpulkan tugas tepat pada waktunya, dan kurangnya pemahaman belajar siswa terhadap peraturan yang berlaku di sekolah. Rendahnya perilaku disiplin dan tanggung jawab siswa dalam belajar menjadi faktor terhambatnya proses belajar. Oleh sebab itu untuk mengatasi masalah perilaku disiplin dan tanggung jawab belajar siswa di sekolah, perlu diberikannya layanan konseling behavioral melalui teknik self management.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Muratama, M. S. (2018). LAYANAN KONSELING BEHAVIORAL TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB BELAJAR SISWA DI SEKOLAH. Nusantara of Research : Jurnal Hasil-Hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 5(1), 1-8. https://doi.org/10.29407/nor.v5i1.11793
Section
Artikel
Bookmark and Share

References

Agustin, L., Sutardjo, A.W., & Rahayu, M. S. (2017). Konseling Kelompok Berbasis Teknik SelfManagement Tazkiyatun Nafsi: Suatu Intervensi Psikologi Dalam Peningkatan Self-Direction In
Learning Siswa. Jurnal Psikologi, 13(1), 1-12. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/psikologi
Akatdianto, A., Sutama, &Subadi, T. (2012).Penerapan Strategi Course Review Hooray Dalam
Pembelajaran Matematika Pada Bangun Datar Untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Dan
Prestasi Belajar. http://eprints.ums.ac.id/19444/15/10.
Comier, L. J., & Comier, L. S. (1985).Interviewing Strategies for Helpers(2nded). California: Brocks Cole
Publishing Company.
Dewi, N. W. S. W., & Arum, N. K. S. D. (2014). Penerapan Konseling Behavioral Dengan Teknik
Penguatan Positif Untuk Meningkatkan Perilaku Disiplin Siswa Kelas Xi Akomodasi
Perhotelan 3 Smk Negeri 2 Singaraja Tahun Pelajaran 2013/2014. e-journal Undiksa Jurusan
Bimbingan Konseling, 2(1), 1-10.
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJBK/article/download/3954/3157.
Fauzi, F. R. (2016). Penggunaan Metode Think-Pair-Share Untuk Meningkatkan Tanggung Jawab
Belajar Dan Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(5), 209-216.
http://journal.student.uny.ac.id.
George, R. L., & Cristiani, T. S. (1990). Counseling Theory and Practice (3rded). Boston: Allyn and
Bacon.
Gharaibeh, B., Smadi, A. M. A., & Boyle, D. (2017).Psychometric Properties and Characteristics Of
Diabetes Self Management Scale. International Journal of Nursing Sciences, 4(1), 1-8.
http://dx.doi.org/10.1016/j.ijnss.
Gie, T. L. (2000). Cara Belajar yang Baik Bagi Mahasiswa (2nded). Yogyakarta: Gadjah Mada University
Press.
Gorbunovsa, A., Kapenieksb, A., & Cakulac, S. (2016). Self-discipline as a key indicator to improve
learning outcomes in elearning environment.Procedia Social and Behavioral Sciences, 231,
256–262. http://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/.
Gunarsa.(2004). Konseling dan Psikoterapi. Jakarta: Gunung Mulia.
Indayani, A., Sedanayasa, G., & Antari, N. N. M. (2013).Penerapan Konseling Behavioral Dengan
Teknik Penguatan Positif Sebagai Upaya Untuk Meminimalisasi Perilaku Membolos Pada
Siswa Kelas X.1 Sma Negeri 1 Sawan. e-journal Undiksa Jurusan Bimbingan Konseling,
2(1),https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJBK/article/download/3916/3129.
Jung, K. R., Zhou, A. Q., & Lee, R. M. (2017). Self-efficacy, self-discipline and academic performance:
Testing a contextspecific mediation model. Learning and Individual Differences, 60, 33–39.
http://dx.doi.org/10.1016/j.lindif.2017.10.004.
Kanfer, F. H. (1980). Self Management Method in Helping People Change (2nded). New York:
Pergamon Press.
Kessler, D., & Liddy, C. (2017). Self Management Support Programs For Persons With Parkingson’s
disease: An Integrative Riview. Patient Education and Counseling, 1-9.
http://dx.doi.org/10.1016/j.pec.2017.04.011.
Komalasari, G., Wahyuni, E., & karsih.(2016). Teori dan Teknik Konseling. Jakarta: PT. Indeks.
Latipun. (2015). Psikologi Konseling (4thed). Malang: UMM Press
Makhfud.(2011). Hubungan Antara Menejemen Diri Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa
Aktivis Bem IAIN Sunnan Ampel Surabaya.Skripsi, tidak diterbitkan, IAIN Sunnan Ampel
Surabaya, Surabaya.
Marijan.(2012). Metode Pendidikan Anak. Yogyakarta: Sabda Media.
Monica, M. A., &Gani, R. A. (2016).Efektivitas Layanan Konseling Behavioral Dengan Teknik SelfManagement Untuk Mengembangkan Tanggung Jawab Belajar Pada Peserta Didik Kelas Xi Sma Al-Azhar 3 Bandar Lampung.Jurnal Bimbingan dan Konseling, 3(1), 171-
186.https://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/konseli
Ovalia, I. & Hartono.(2011). Pengaruh Penggunaan Strategi Self-Management Dalam Konseling
Kelompok Terhadap Intensitas Minat Belajar Siswa Kelas X Smk Al-Islah Surabaya.Jurnal
Bimbingan Dan Konseling FKIP UNIPA, 59-70.
http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/helper/article/download/605/438.
Pietrofesa, J. J., Leonard, G. E., & Hoose, W. V. (1978).The Authentic Counselor (2nded). Chicago:
Rand McNally College Publishing Company.
Rachman, S. (1963).Introduction to Behaviour Therapy.Behav.Res Ther.
Rianto, J. (2012). Peningkatan Keberanian dan Tanggung Jawab Siswa Dalam Pembelajaran
Matematika Melalui Strategi Cooperative Script (PTK Siswa Kelas VII di MTs PPMI Assalaam).
Naskah Publikasi. http://eprints.ums.ac.id/19712/21/.
Setyawan, T. (2013).Peningkatan Tanggung Jawab Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Strategi
Problem Based Learning Pada Siswa SMP. Naskah
Publikasi.http://eprints.ums.ac.id/23199/12.
Sholihah. N., Hariastuti. R. T., Setiawati. D.. et al. (2013). Penerapan Strategi Self Management Untuk
Meningkatkan Disiplin Belajar Pada Siswa Tunadaksa Cerebral Palcy Kelas IV SDLB-DYPAC
Surabaya. Jurnal BK Unesa, 3(1), 1-13.
http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/article/5256/13/article.
Ugurlu, C. T., Beycioglu, K., Kondakcı, Y., Sincar, M., Yıldırım, M. C., Ozerf, N., & Oncel, A. (2015).
The Views Of Teachers Towards Perception Of Discipline In Schools. Procedia - Social and
Behavioral Sciences, 197, 120 – 125. http://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/.
Vallis, M. (2013). Behavior change counseling-How Do l know lf l Am Doing lt Well? The Development
Of The Behaviour Change Counseling Scale (BCCS).Canadian Journal Of Diabetes, 13, 18-26.
http://dx.doi.org/10.1016/j.jcjd.2013.01.005.
Walker, J., & Shea, T. M. (1984).Behavior Management a Practical Approach for Education.Columbus:
Merrill Publishing.
Westri, P. (2016). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Diskusi Melalui Pendekatan Konseling
Behavioristik Untuk Mengatasi Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas Viii Smp Negeri 2
Tasikmadu.Jurnal Ilmiah Bimbingan dan
Konseling,http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JIK/article/viewFile/507/487.
Wolpe, J. (1963). Psychotherapy: The Nonscientific heritage and the new science. Behav.Res.
Yang, H. K. H. (2016).An Online Self-Adaptive System Management Technique for Multi-Core
Systems.Procedia Computer Science,83, 417 – 424. http://creativecommons.org/licenses/bync-nd/4.0/.