UPAYA MENINGKATKAN KESIAPAN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SOSIOLOGI MELALUI MEDIA “SOCIOLOGY EXPRESSION POCKET” SISWA KELAS XI IPS-1 DI SMAN 1 KAUMAN TULUNGAGUNG

  • Ahmad Huri SMA Negeri 1 Kauman-Tulungagung

Abstract

 
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya siswa masih menganggap Sosiologi  merupakan pelajaran yang membosankan dan kurang menarik. Dengan anggapan tersebut menyebabkan kurangnya minat belajar Sosiologi dan mengakibatkan hasil belajar rendah. Disamping itu,  guru dalam melakukan pembelajaran di kelas masih banyak hanya sebatas menyampaikan informasi (materi konsep). Hal ini ditunjang dengan model pembelajaran guru kurang menarik, kurang menyenangkan siswa. Agar menarik minat dan guru dapat mengetahui kesiapan siswa dalam mengikuti pembelajaran, maka digunakannya media yang diberi nama “Sociology Expression Pocket”. Tujuan penelitian ini adalah; (1) merancang, membuat dan menerapkan media “Sociology Expression Pocket” pada kegiatan pembelajaran Sosiologi untuk mengetahui kesiapan yang dimiliki siswa secara langsung sebelum menerima pembelajaran yang akan diberikan guru, sehingga guru dapat mengambil langkah yang strategis pada proses pembelajaran agar yang akan disampaikan mudah diterima siswa (2) mengetahui peningkatan kesiapan menerima pembelajaran Sosiologi (3) mengetahui efektivitas media tersebut dalam rangka peningkatan hasil belajar siswa. Dalam penelitian ini diperoleh hasil bahwa dengan menggunakan media “Sociology Expression Pocket”  maka: (a) kesiapan belajar lebih baik dan terjadi peningkatan prestasi belajar siswa, pada siklus ke-1 diperoleh rerata = 55,21 dan pada siklus ke-2 diperoleh rerata = 80,46 (b) dapat meningkatkan ketuntasan belajar siswa, yaitu pada siklus ke-l = 59% dan pada siklus ke-2 =  92,5%.

References

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Dirjen Pendiasmen, Direktorat Pendidikan Menengah Umum,Penelitian Tindakan (Action Research) 2000.Departemen Pendidikan Nasional, 2007.Pedoman Khusus Pengembangan Silabus dan Penilaian MataPelajaran SosiologiJakarta.Depdiknas. 2006.Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006Tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: DepdiknasHanawati Dwi (2006).ModulSosiologiXI, Solo: Graha Group.Nana Sudjana. 2004.Media Pengajaran.Bandung: Sinar Baru Algesindo.Sa'dum Akbar, 2003.Kajian Kurikulum dan Modul Pembelajaran Pusat Penelitian Pendidikan. LembagaPenelitian Malang, Universitas Negeri Malang.Sayekti Y, 2001. Strategi Belalar Mengajar.Malang : Universitas Negeri Malang.Sumarno, 2002.Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dirjen Dikti, UP3SD. Jokjakarta,IKIP Jogjakarta, IBRD Loan 3496–IND.Universitas Negeri Malang,2000.Pedoman Penulisan Karya Ilmiah,Edisi Keempat, UNM.Universitas Negeri Malang,2004.Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK,UNM
Published
2017-06-06
How to Cite
HURI, Ahmad. UPAYA MENINGKATKAN KESIAPAN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SOSIOLOGI MELALUI MEDIA “SOCIOLOGY EXPRESSION POCKET” SISWA KELAS XI IPS-1 DI SMAN 1 KAUMAN TULUNGAGUNG. EFEKTOR, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 13-17, june 2017. ISSN 2355-956X. Available at: <http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/efektor-e/article/view/739>. Date accessed: 23 june 2018. doi: https://doi.org/10.29407/e.v4i1.739.