Abstrak
Pencapaian tujuan organisasi menunjukkan kinerja organisasi olahraga yang efektif, dimana strategi yang diambil oleh pimpinan dalam menjalankan organisasi memiliki peran. Penelitian kuantitatif ini menggunakan pendekatan cross sectional survey untuk mengumpulkan data dalam sebulan untuk memahami hubungan antara gaya kepemimpinan dengan kinerja federasi olahraga. Karena keterbatasan waktu, populasi penelitian ini hanya terfokus pada anggota 46 federasi olahraga elit di Provinsi Jawa Tengah. Menggunakan purposive sampling sebagai teknik sampling dan diperoleh 127 responden. Dengan menggunakan skala Guttman, responden mengisi kuesioner terkait gaya kepemimpinan kinerja humanistik, transformasional, partisipatif, pelayan, dan organisasi. Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa keempat gaya kepemimpinan tersebut memiliki hubungan yang positif dimana jika gaya kepemimpinan sering digunakan dalam manajemen organisasi, kinerja organisasi juga akan meningkat karena gaya kepemimpinan pelayan merupakan tingkat korelasi tertinggi antara lain meskipun bukan gaya kepemimpinan yang paling banyak digunakan oleh para pemimpin federasi olahraga elit di Provinsi Jawa Tengah. Gaya kepemimpinan pelayan hanya digunakan oleh 96,61% pemimpin federasi olahraga, tetapi 98,95% pemimpin menggunakan gaya partisipatif atau demokratis.
Referensi
Abbas, M., Ali, A., & Khalid, M. A. (2020). Leadership Style And Employees’ Performance In Pakistan: The Mediating Role Of Organisational Commitment. Malaysian Management Journal. https://doi.org/10.32890/mmj.23.2019.9688
Ainanur, A., Tirtayasa, S., & Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. (2018). Pengaruh Budaya Organisasi, Kompetensi dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 1(1), 1–14. https://doi.org/10.30596/maneggio.v1i1.2234
Alhawamdeh, H. M., & Alsmairat, M. A. K. (2019). Strategic Decision Making And Organization Performance: A Literature Review. International Review of Management and Marketing, 9(4), 95–99. https://doi.org/10.32479/irmm.8161
Ariani, H. P., & Widodo, S. (2020). Pengaruh Disiplin Kerja Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Pt. Yamaha Music Indonesia, Jakarta. 1(1), 14.
Cahyani, I. A., Herawati, J., & Septyarini, E. (2021). Pengaruh Budaya Organisasi, Gaya Kepemimpinan, dan Pelatihan Terhadap Kinerja Karyawan Pada Kantor Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Provinsi D.I Yogyakarta. J-MAS (Jurnal Manajemen dan Sains), 6(1), 130. https://doi.org/10.33087/jmas.v6i1.238
Coetzer, M., Bussin, M., & Geldenhuys, M. (2017). The Functions of a Servant Leader. Administrative Sciences, 7(1), 5. https://doi.org/10.3390/admsci7010005
Danişman, Ş., Tosuntaş, Ş. B., & Karadağ, E. (2015). The Effect of LeadershipLeadership on Organizational Performance. In E. Karadağ (Ed.), Leadership and Organizational Outcomes (pp. 143–168). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-319-14908-0_9
Darmawan, D. (2019). Peranan Motivasi Dan Kompetensi: Analisis Kinerja Pegawai Pemerintahan Daerah Kabupaten Paser. At-Tadbir : jurnal ilmiah manajemen, 3(2). https://doi.org/10.31602/atd.v3i2.2032
Eva, N., Robin, M., Sendjaya, S., van Dierendonck, D., & Liden, R. C. (2019). Servant Leadership: A systematic review and call for future research. The Leadership Quarterly, 30(1), 111–132. https://doi.org/10.1016/j.leaqua.2018.07.004
Farida, A. J., Sunaryo, H., & Aisyah, S. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Servant Leadership, Budaya Perusahaan, Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan. Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 9(6).
Hoch, J. E., Bommer, W. H., Dulebohn, J. H., & Wu, D. (2018). Do Ethical, Authentic, and Servant Leadership Explain Variance Above and Beyond Transformational Leadership? A Meta-Analysis. Journal of Management, 44(2), 501–529. https://doi.org/10.1177/0149206316665461
Jufrizen, J., Mukmin, M., Nurmala, D., & Jasin, H. (2021). Effect of Moderation of Work Motivation on the Influence of Organizational Culture On Organizational Commitment and Employee Performance. International Journal of Business Economics (IJBE), 2(2), 86–98. https://doi.org/10.30596/ijbe.v2i2.6710
Kaya, B., & Karatepe, O. M. (2020). Does servant leadership better explain work engagement, career satisfaction and adaptive performance than authentic leadership? International Journal of Contemporary Hospitality Management, 32(6), 2075–2095. https://doi.org/10.1108/IJCHM-05-2019-0438
Kurniawan, M. (2013). Pengaruh Komitmen Organisasi, Budaya Organisasi, Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Organisasi Publik (Studi Empiris pada SKPD Pemerintah Kabupaten Kerinci). Jurnal Akuntansi, 1(3).
Liden, R. C., Wayne, S. J., Liao, C., & Meuser, J. D. (2014). Servant Leadership and Serving Culture: Influence on Individual and Unit Performance. Academy of Management Journal, 57(5), 1434–1452. https://doi.org/10.5465/amj.2013.0034
Ling, Q., Liu, F., & Wu, X. (2017). Servant Versus Authentic Leadership: Assessing Effectiveness in China’s Hospitality Industry. Cornell Hospitality Quarterly, 58(1), 53–68. https://doi.org/10.1177/1938965516641515
Madanchian, M., Hussein, N., Noordin, F., & Taherdoost, H. (2016). Effects of Leadership on Organizational Performance. Economic and Education, 5.
Ooksang, C., & Sungduck, K. (2014). The impact of coaches’ servant leadership on athletes’ athletic performance. Research Quarterly for Exercise and Sport, 85(S1), A109.
Pandya, S., & R. K. Srivastava. (2017). Factors Influencing Organisational Effectiveness In The Educational Sector. https://doi.org/10.5281/ZENODO.292944
Parent, M. M., Naraine, M. L., & Hoye, R. (2018). A New Era for Governance Structures and Processes in Canadian National Sport Organizations. Journal of Sport Management, 32(6), 555–566. https://doi.org/10.1123/jsm.2018-0037
Robinson, G. M., Neubert, M. J., & Miller, G. (2018). Servant Leadership in Sport: A Review, Synthesis, and Applications for Sport Management Classrooms. Sport Management Education Journal, 12(1), 39–56. https://doi.org/10.1123/smej.2016-0023
Van Dierendonck, D., Stam, D., Boersma, P., de Windt, N., & Alkema, J. (2014). Same difference? Exploring the differential mechanisms linking servant leadership and transformational leadership to follower outcomes. The Leadership Quarterly, 25(3), 544–562. https://doi.org/10.1016/j.leaqua.2013.11.014
##submission.copyrightStatement##