Abstract
Indonesia merupakan negara yang memiliki ribuan budaya yang tersebar di seluruh pelosok negerinya. Macam-macam budaya yang ada di Indonesia membuat keberagaman suku dan adat istiadat. Corak dan keberagaman dari budaya Indonesia salah satunya tercermin dari olahraga tradisional yang lahir dalam masyarakat. Tiap budaya memiliki jenis olahraga tradisional yang beragam dan memiliki potensi untuk dikembangkan lebih jauh. Salah satu potensi yang dimiliki adalah pengambangan dalam sektor industri olahraga. Pencak Dor adalah salah satu olahraga tradisional yang memiliki kemampuan untuk menarik partisipan hingga ribuan orang. Dengan manajemen kegiatan yang baik, bukan tidak mungkin Pencak Dor menjadi sebuah olahraga yang dipertandingkan dalam tingkat nasional.
References
Englander, M. (2012). The Interview: Data Collection in Descriptive Phenomenological Human Scientific Research. Journal of Phenomenological Psychology. 43(1); 13-35.
Gallagher, S. (2012). What Is Phenomenology?. InPhenomenology (pp. 7-18). Palgrave Macmillan UK.
Hermawan, D & Ardiyansyah, F.(tanpa tahun). Pembuatan Iklan Berbasis Video pada Perusahaan R2SHOP Bandung. Jurnal PKN LPKIA.
Husna, N., Noor, I., dan Rozikin, M. (2012). Analisis Pengembangan Potensi Lokal untuk Menguatkan Daya Saing Daerah di Kabupaten Gresik. Jurnal Administrasi Publik. 1(1); 188-196.
Kasrimadi. (2015). Penataan dan Pemberdayaan Pedagang Kaki Lima (Pkl) diKecamatan Tualang Perawang Kabupaten Siak Tahun 2013. Jom FISIP. 2(1); 1-14.
Kim, K., Uysal, M., & Sirgy, M. J. (2013). How does tourism in a community impact the quality of life of community residents?. Tourism Management. 36(52); 527-540.
Lewis, R. A.,& Reiley, D. H. (2014). Online ads and offline sales: measuring the effect of retail advertising via a controlled experiment on Yahoo!. Quantitative Marketing and Economics, 12(3); 235-266.
Maryaningsih, Hermansyah, &Safitri. (2014). Pengaruh Infrastruktur terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia. Buletin Ekonomi Moneter dan Perbankan. 17(1); 61-98.
Nasir, S. R. R. (2014). Perubahan Sosial Masyarakat Lokal Akibat Perkembangan Pariwisata Dusun Wakka Kab. Pinrang (Interaksi Antara Wisatawan & Masyarakat Lokal). Skripsi. Makassar: Universitas Hassanudin.
Nizar, M. (2011). Pengaruh Pariwisata Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia. University Library of Munich, Germany.
Rani, D. P. M. (2014). Pengembangan Potensi Pariwisata Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur (Studi Kasus: Pantai Lombang). Jurnal Politik Muda. 3 (3); 412-421.
Rosana, E. (2011). Modernisasi dan Perubahan Sosial. Jurnal TAPIs. 7(12); 30-47.
Rusdarti. (2010). Potensi Ekonomi Daerah dalam Mengembangkan UKM Unggul di Kabupaten Semarang. JEJAK. 3(2); 143-155.
Prasetyo, E. S. (2013). Pengaruh Iklan, Promosi Penjualan dan PenjualanPerorangan Terhadap Niat Beli di CV. Lancar Makmur Motor Surakarta. Agora. 1(3).
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susilo, Agus. (2011). Perubahan Sosial Masyarakat Lokal AkibatPerkembangan Pariwisata Dusun WakkaKab. Pinrang (Interaksi Antara Wisatawan dan Masyarakat Lokal). Tesis. Jakarta: Universitas Indonesia
Thonon, B., Pletinx, A., Grandjean, A., Billieux, J., & Larøi, F. (2016). The effects of a documentary film about schizophrenia on cognitive, affective and behavioural aspects of stigmatisation. Journal of behavior therapy and experimental psychiatry, 50, 196-200.
Warsilan & Noor, A. (2015). Peranan Infrastruktur terhadap Pertumbuhan Ekonomi danImplikasi pada Kebijakan Pembangunan di Kota Samarinda. Mimbar. 31(2); 359-366.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License