Abstract
Penelitian ini bertujuan utuk memngetahui pengaruh latihan permainan catur terhadap prestasi akademik bagi siswa SD se-Kabupaten Trenggalek. Penenitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SD se-Kabupaten Trenggalek dan sampel yang digunakan adalah 30 siswa dari SD Negeri 1 Ngares. Instrumen yang digunakan adalah nilai rapor sekolah pada semester ganjil dan semester genap. Teknik analisis data menggunakan uji-t dengan taraf signifikan 5%.
Hasil penelitian ini adalah hasil belajar siswa SD se-Kabupaten Trenggalek sebagai kelompok eksperimen yang berlatih permainan catur terhadap prestasi akademik sangat signifikan. Hal ini dibuktikan dengan t hitung kelompok eksperimen = 4.659 > t tabel = 2,045. Hasil belajar belajar siswa SD se-Kabupaten Trenggalek sebagai kelompok kontrol yang tidak menggunakan latihan catur terhadap peningkatan prestasi akademik tidak signifikan yaitu dengan t hitung = 0,411 < t tabel = 2,045. Terdapat perbedaan antara rata-rata prestasi akademik kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol dengan t hitung = 3,789 > t tabel = 2,00172. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan pelatihan permainan catur terhadap peningkatan prestasi akademik siswa SD se-Kabupaten Trenggalek.
References
Suwaji. (2006). Taktik Jitu Babak Tengah. Surabaya: Terbit Terang.
Maksum, A. (2009). Metodologi Penelitian dalam Olahraga. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya, Fakultas Ilmu Keolahragaan.
Thomas, J.R. dan Nelson, J.K. (1996). Research Methods in Physical Activity, Third Edition. Champaign IL: Human Kinetics.
Maksum, Ali. (2007). Statistik Dalam Olahraga. Surabaya: Unesa University Press.
Prama, Bagas Ananta & Akhsin, Nur. (2009). Pedoman Bermain Catur. Klaten: Intan Pariwara.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.