Abstract
Persepsi siswa terhadap mata pelajaran pendidikan jasmani akan membantu tercapainya tujuan pendidikan jasmani. Persepsi memegang peranan penting terhadap minat dan motivasi siswa dalam melakukan proses belajar mengajar. Persepsi akan berpengaruh terhadap keaktifan siswa selama proses belajar mengajar di lapangan.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untukmemperoleh informasi tentang persepsi siswa terhadap pembelajaran guru pendidikan jasmani di SMA Muhammadiyah Kediri. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana persepsi siswaterhadap pembelajaran guru pendidikan jasmani di SMA Muhammadiyah Kediri?
Jenis penelitian ini adalah penelitian survei. Populasi yang digunakan adalah seluruh siswa SMA Muhammadiyah Kediri, sampel yang diambil berjumlah 60 siswa yang terdiri dari 20 siswa dari masing-masing kelas. Instrumen yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa terhadap proses pembelajaran SMA Muhammadiyah Kediri mendapatkan skor 3115 atau rata-rata jawaban siswa 51,917 dengan persentase sebesar 74% dan masuk dalam kategori “Baik”. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa persepsi siswa terhadap pembelajaran guru pendidikan jasmani adalah baik.
References
Husdarta. H.J.S. 2009. Manajemen Pendidikan Jasmani. Bandung: Alfabeta.
Jausi. 2010. Persepsi Peserta Didik Terhadap Pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Kesehatan di SMA/MA Se-kecamatan Lenteng Sumenep. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Maksum, A. 2008. Metodologi Penelitian Dalam Olahraga. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Maksum, A. 2009. Statistik Dalam Olahraga. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Ratumanan, T.G. 2004. Belajar dan Pembelajaran. Surabaya: UnesaUniversity Press.
Riduan. 2002. Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License