Pengaruh Gaya Mengajar dan Motivasi Belajar Passing Bawah Dalam Permainan Bola Voli Pada Siswa SMP Kelas VIII Tahun 2013/2014
PDF (Bahasa Indonesia)

PlumX Metrics

Keywords

Mempengaruhi Mengajar
Motivasi Belajar
Permainan Bola Voli

How to Cite

Pasaribu, A. M. N. (2016). Pengaruh Gaya Mengajar dan Motivasi Belajar Passing Bawah Dalam Permainan Bola Voli Pada Siswa SMP Kelas VIII Tahun 2013/2014. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 2(2), 85-97. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v2i2.510

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Gaya mengajar dan motivasi untuk belajar hasil Passing Bawah dalam permainan Bola Voli. Selain itu, penelitian juga bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi pada kedua gaya mengajar. Gaya mengajar dalam penelitian ini adalah kebalikan dari gaya mengajar dan praktek gaya gaya mengajar, dan motivasi untuk belajar motivasi belajar tinggi dan rendah motivasi belajar.
Penelitian yang dilakukan ini di SMP Negeri 3 Satu Atap Labuhan Batu Utara Provinsi Sumatera Utara tahun akademik 2013/2014 (Semester 2). Metode penelitian adalah eksperimen dengan desain faktorial 2x2 dengan ukuran sampel dari 52 orang.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Secara keseluruhan ada perbedaan antara gaya mengajar dan gaya mengajar praktek timbal balik Bola Voli hasil belajar, (2) Bagi siswa yang memiliki motivasi tinggi untuk belajar, memberikan gaya mengajar resiprokal untuk memberikan efek yang lebih baik daripada gaya mengajar praktek di hasil belajar Bola Voli, (3) Bagi siswa yang memiliki motivasi belajar rendah, penyediaan gaya mengajar latihan untuk memberikan efek yang lebih baik daripada timbal balik gaya mengajar untuk belajar Bola Voli, dan (4) Ada interaksi antara gaya mengajar dengan motivasi terhadap hasil belajar Bola Voli.
Kata kunci: Mempengaruhi Mengajar, Motivasi Belajar, Permainan Bola Voli.

https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v2i2.510
PDF (Bahasa Indonesia)

References

Durrwatcher, Gerhard. 1990. Bermain Bola Voli. New York: Gramedia.
Gagne, Robert M., 1997. The Conditions of Learning New Yok: Holt, Rinehart and Winston.
Halim, Susilodinata dan Mukholid, Agus. 1994. Teaching Physical Education By Muska Mosston Jakarta: Pascasarjana IKIP Jakarta.
Lutan, Rusli. 1998. Belajar Keterampilan Motorik Teori dan Metode Jakarta: Dikti, P2LPTK.
Matakupan, J.. 1992. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Dinas P dan K DKI Jakarta.
Mosston, Musska and Sara Asworth. 1994. Teaching Physical Education. New York: Mac Millan College Publishing Inc.
PBVSI. 1995. Bola Voli. Jakarta: Gramedia.
Purwanto, M. Ngalim. 2007. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rahantoknam, B.E. 1998. Belajar Motorik Teori dan Aplikasinya Dalam Pendidikan Jasmani dan Olahraga, Jakarta: Dikti, P2LPTK.
Sarumpaet. 1991. Teknik Dasar Bola Voli. Jakarta: Sinar Jaya.
Slameto. 1995. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi . Jakarta: Rineka Cipta.
Setyobroto, Sudibyo. 2001. Mental Training. Jakarta: percetakan Solo.
Tangkudung, James. 2012. Kepelatihan Olahraga, Pembinaan Prestasi Olahraga.Jakarta: Cerdas Jaya.
Thomas. L., Good dan J.F. 1990. Bropphy, Educational Psychology: A Realistic Approach New York: Longman.
Yunus, M. 1992. Teknik Dasar Permainan Bola Voli. Yogyakarta: Gramedia.
W.S. Winkel. 1999. Bimbingan Dan Konseling Disekolah Menengah Atas. Jakarta: Grasindo.
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Copyright (c) 2016 Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran

Downloads

Download data is not yet available.