Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Gaya mengajar dan motivasi untuk belajar hasil Passing Bawah dalam permainan Bola Voli. Selain itu, penelitian juga bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi pada kedua gaya mengajar. Gaya mengajar dalam penelitian ini adalah kebalikan dari gaya mengajar dan praktek gaya gaya mengajar, dan motivasi untuk belajar motivasi belajar tinggi dan rendah motivasi belajar.
Penelitian yang dilakukan ini di SMP Negeri 3 Satu Atap Labuhan Batu Utara Provinsi Sumatera Utara tahun akademik 2013/2014 (Semester 2). Metode penelitian adalah eksperimen dengan desain faktorial 2x2 dengan ukuran sampel dari 52 orang.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Secara keseluruhan ada perbedaan antara gaya mengajar dan gaya mengajar praktek timbal balik Bola Voli hasil belajar, (2) Bagi siswa yang memiliki motivasi tinggi untuk belajar, memberikan gaya mengajar resiprokal untuk memberikan efek yang lebih baik daripada gaya mengajar praktek di hasil belajar Bola Voli, (3) Bagi siswa yang memiliki motivasi belajar rendah, penyediaan gaya mengajar latihan untuk memberikan efek yang lebih baik daripada timbal balik gaya mengajar untuk belajar Bola Voli, dan (4) Ada interaksi antara gaya mengajar dengan motivasi terhadap hasil belajar Bola Voli.
Kata kunci: Mempengaruhi Mengajar, Motivasi Belajar, Permainan Bola Voli.
References
Gagne, Robert M., 1997. The Conditions of Learning New Yok: Holt, Rinehart and Winston.
Halim, Susilodinata dan Mukholid, Agus. 1994. Teaching Physical Education By Muska Mosston Jakarta: Pascasarjana IKIP Jakarta.
Lutan, Rusli. 1998. Belajar Keterampilan Motorik Teori dan Metode Jakarta: Dikti, P2LPTK.
Matakupan, J.. 1992. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Dinas P dan K DKI Jakarta.
Mosston, Musska and Sara Asworth. 1994. Teaching Physical Education. New York: Mac Millan College Publishing Inc.
PBVSI. 1995. Bola Voli. Jakarta: Gramedia.
Purwanto, M. Ngalim. 2007. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rahantoknam, B.E. 1998. Belajar Motorik Teori dan Aplikasinya Dalam Pendidikan Jasmani dan Olahraga, Jakarta: Dikti, P2LPTK.
Sarumpaet. 1991. Teknik Dasar Bola Voli. Jakarta: Sinar Jaya.
Slameto. 1995. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi . Jakarta: Rineka Cipta.
Setyobroto, Sudibyo. 2001. Mental Training. Jakarta: percetakan Solo.
Tangkudung, James. 2012. Kepelatihan Olahraga, Pembinaan Prestasi Olahraga.Jakarta: Cerdas Jaya.
Thomas. L., Good dan J.F. 1990. Bropphy, Educational Psychology: A Realistic Approach New York: Longman.
Yunus, M. 1992. Teknik Dasar Permainan Bola Voli. Yogyakarta: Gramedia.
W.S. Winkel. 1999. Bimbingan Dan Konseling Disekolah Menengah Atas. Jakarta: Grasindo.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License