ONLINE STORE, UMKM YANG “TERLUPAKAN” DARI DUNIA PERKREDITAN INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.29407/nusamba.v1i2.456Keywords:
online store, kewirausahaan, perkreditan, dan bankAbstract
Kewirausahaan yang sedang digandrungi oleh masyarakat Indonesia dalam kurun waktu 5 tahun terakhir ini adalah membuka toko online (online store) melalui media sosial. Dengan hanya bermodalkan handphone dan pulsa, seseorang bisa membuka bisnis lewat dunia maya dan dilihat oleh banyak orang. Online store yang ada di Indonesia belum memiliki bentuk badan hukum yang jelas, sehingga dukungan untuk berkembang hanya bergantung hanya pada tangan pemilik dari usaha tersebut. Konsumen dan Reseller yang terus bertambah dan image toko yang seiring waktu menjadi mapan dan terpercaya, mendorong si pemilik usaha memiliki keinginan lebih baik untuk mengembangkan usaha online nya. Omset penjualan yang besar dan terus berkembang, tidaklah kalah dengan perusahaan-perusahaan/UMKM lain yang memiliki surat-surat lengkap. Dalam hal ini bank seharusnya dapat merangkul UMKM online sebagai konsumen, dengan membuat produk/ layanan yang sesuai. Fleksibilitas persyaratan sangat diperlukan untuk membuat fasilitas kredit bagi online store ini. Mengingat tidak adanya legalitas dan perizinan yang layak untuk mereka.
Kata kunci: online store, kewirausahaan, perkreditan, dan bank.
Downloads
References
Ginting, Ramlan. 2005. Pengaturan Pemberian Kredit Bank Umum. Bandung: Diskusi Hukum “Aspek Hukum Perbankan, Perdata, dan Pidana Terhadap Pemberian Fasilitas Kredit Dalam Praktek Perbankan di Indonesia
Husnan, Suad & Muhammad, Suwarso. 2008. Studi Kelayakan Proyek. Yogyakarta: UPP SYIM YKPN.
Idroes, Ferry N. 2008. Manajemen Risiko Perbankan “Pemahaman Pendekatan 3 Pilar
Kesepakatan Basel II Terkait Aplikasi Regulasi dan Pelaksanaannya di Indonesia”. Jakarta: Rajawali Pers.
Prasetyanto, Didik. 2011. Perjanjian Kredit Perbankan Mikro Dalam Perspektif Pelindungan Hukum Terhadap Nasabah. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Zimmerer, Thomas W & Scarborough, Norman M. 2008. Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil Buku 1 dan 2. Salemba Empat
Bisnisukm.com
www.bisnis.liputan6.com
www.startupbisnis.com