ONLINE STORE, UMKM YANG “TERLUPAKAN” DARI DUNIA PERKREDITAN INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.29407/nusamba.v1i2.456Keywords:
online store, kewirausahaan, perkreditan, dan bankAbstract
Kewirausahaan yang sedang digandrungi oleh masyarakat Indonesia dalam kurun waktu 5 tahun terakhir ini adalah membuka toko online (online store) melalui media sosial. Dengan hanya bermodalkan handphone dan pulsa, seseorang bisa membuka bisnis lewat dunia maya dan dilihat oleh banyak orang. Online store yang ada di Indonesia belum memiliki bentuk badan hukum yang jelas, sehingga dukungan untuk berkembang hanya bergantung hanya pada tangan pemilik dari usaha tersebut. Konsumen dan Reseller yang terus bertambah dan image toko yang seiring waktu menjadi mapan dan terpercaya, mendorong si pemilik usaha memiliki keinginan lebih baik untuk mengembangkan usaha online nya. Omset penjualan yang besar dan terus berkembang, tidaklah kalah dengan perusahaan-perusahaan/UMKM lain yang memiliki surat-surat lengkap. Dalam hal ini bank seharusnya dapat merangkul UMKM online sebagai konsumen, dengan membuat produk/ layanan yang sesuai. Fleksibilitas persyaratan sangat diperlukan untuk membuat fasilitas kredit bagi online store ini. Mengingat tidak adanya legalitas dan perizinan yang layak untuk mereka.
Kata kunci: online store, kewirausahaan, perkreditan, dan bank.
Downloads
References
Ginting, Ramlan. 2005. Pengaturan Pemberian Kredit Bank Umum. Bandung: Diskusi Hukum “Aspek Hukum Perbankan, Perdata, dan Pidana Terhadap Pemberian Fasilitas Kredit Dalam Praktek Perbankan di Indonesia
Husnan, Suad & Muhammad, Suwarso. 2008. Studi Kelayakan Proyek. Yogyakarta: UPP SYIM YKPN.
Idroes, Ferry N. 2008. Manajemen Risiko Perbankan “Pemahaman Pendekatan 3 Pilar
Kesepakatan Basel II Terkait Aplikasi Regulasi dan Pelaksanaannya di Indonesia”. Jakarta: Rajawali Pers.
Prasetyanto, Didik. 2011. Perjanjian Kredit Perbankan Mikro Dalam Perspektif Pelindungan Hukum Terhadap Nasabah. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Zimmerer, Thomas W & Scarborough, Norman M. 2008. Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil Buku 1 dan 2. Salemba Empat
Bisnisukm.com
www.bisnis.liputan6.com
www.startupbisnis.com
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License