Analisis determinan loyalitas pengunjung di perpustakaan kota x

  • Anis Agustina Universitas PGRI Madiun
  • Satrijo Budiwibowo Universitas PGRI Madiun
  • Elana Era Yusdita Universitas PGRI Madiun
Abstract views: 40 , PDF downloads: 15
Keywords: Loyalitas Pengunjung, Kualitas Layanan, Kepuasan Pengunjung

Abstract

This study aims to analyze visitor loyalty based on service quality and visitor satisfaction in the Library of City X. The approach of this study is descriptive qualitative. Data collection techniques using observation, interviews and documentation on visitors and library employees. The results show that the loyalty of visitors in Library X is quite good, but the quality of service and satisfaction of visitors is not yet in accordance with the visitors expectation. The Library and Archives Office of City X needs to improve the quality of services and facilities that will make visitors loyal and satisfied.

References

Aditia, I., & Suhaji. (2012). Faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan pada ud pandan wangi semarang. Ekonomi, 1–19.

Anggia, T. R., Kawet, L., & Ogi, I. (2015). Analisis pengaruh strategi promosi, harga, dan kepuasan terhadap loyalitas konsumen surat kabar manado post. Jurnal EMBA, 3(2), 1041–1050.

Darmajati, D. (2019). Benarkah minat baca orang indonesia serendah ini? Retrieved March 25, 2019, from https://news.detik.com/berita/d-4371993/benarkah-minat-baca-orang-indonesia-serendah-ini

Darman, D. M., Restuhadi, F., & Eliza. (2015). Faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan dan loyalitas konsumen (studi kasus pada pasar buah sudirman kota pekanbaru). Faperta, 2(1).

Hadiwidjaja, R. S., & Dharmayanti, D. (2014). Analisa hubungan experiential marketing, kepuasan pelanggan, loyalitas pelanggan starbucks coffe di surabaya town square. Manajemen Pemasaran, 2(2).

Hadiyati, E. (2010). Analisis kualitas pelayanan dan pengaruhnya terhadap loyalitas pelanggan (studi kasus pada pt. pos indonesia (persero) kantor pos lawang). Manajemen, 2(2), 81–90.

Irawan, D. & Japarianto, E. (2013). Analisis kualitas produk terhadap loyalitas melalui kepuasan sebagai intervening pada pelanggan restoran poor kee surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 1(2).

Jariah, A. (2013). Analisis suku bunga kredit dan kualitas pelayanan serta pengaruhnya terhadap loyalitas nasabah pada bpr di lumajang. Jurnal WIGA, 3(2), 1–19.

Karundeng, F. P. (2013). Kualitas pelayanan dan kepuasan pengaruhnya terhadap loyalitas konsumen pada rumah makan mawar sharron wanea manado. Jurnal EMBA, 1(3), 639–647.

Lupiyoadi, R. (2014). Manajemen pemasaran jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Pritandhari, M. (2015). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas pelanggan dan dampaknya terhadap keunggulan bersaing (studi pada bmt amanah ummah sukoharjo). Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(1), 50–60.

Putri, D. G. D., & Santoso, S. B. (2018). Analisis pengaruh kualitas jasa, nilai yang dirasakan, citra merek melalui kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan. Manajemen, 7(1), 1–13.

Tjiptono, F. (2017). Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.

Widadi, R. H. S., & Wadji, F. (2015). Faktor-faktor yang berpengaruh pada loyalitas pelanggan klinik saraf rumah sakit jiwa daerah dr r.m soedjarwadi. Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya, 17(1).

Published
2020-10-23
How to Cite
Agustina, A., Budiwibowo, S., & Yusdita, E. E. (2020). Analisis determinan loyalitas pengunjung di perpustakaan kota x. JURNAL NUSANTARA APLIKASI MANAJEMEN BISNIS, 5(2), 256- 264. https://doi.org/10.29407/nusamba.v5i2.14580