Efektivitas Media Flash Card untuk meningkatkan Konsep Diri Siswa
Isi Artikel Utama
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji efektivitas media flash card dalam meningkatkan konsep diri siswa. Konsep diri digambarkan sebagai kemampuan serta sifat individu yang berpikir tentang dirinya serta bagaimana individu tersebut ingin menampilkan dirinya menurut idealnya. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian Pra-Eksperimen dengan menggunakan one group pre-test post-test design. Pengambilan data dilakukan di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Jalan Jawa Surabaya. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara, didapatkan bahwa sekitar 55% siswa menghadapi masalah konsep diri yang rendah, seperti yang diperlihatkan melalui pengisian instrumen bimbingan dan konseling. Hasil pengujian statistik menunjukkan nilai Asymp. Sig = 0,036, di mana nilai Asymp. Sig 0.001 < α = 0.05, sehingga Ho ditolak dan H1 diterima. Data hasil skor pre-test dan post-test juga menunjukkan adanya peningkatan konsep diri siswa setelah pemberian treatment menggunakan media flash card. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media flash card efektif untuk meningkatkan konsep diri siswa.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Rincian Artikel
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Referensi
Farid, D. A. M. (2021). Pengaruh Teknik Restrukturing Kognitif Dalam Konseling Kelompok Terhadap Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling UNIPA Surabaya Di Masa Pandemi Covid-19. Buana Pendidikan, 17(1).
Febriyanto, B. & Yanto A. Penggunaan Media Flash Card untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. https://doi.org/10.32585/jkp.v3i2.302. Jurnal Komunikasi Pendidikan, Vol.3 No.2, 2019, pp 108-116.
Hotimah, E. (2010). Penggunaan Media Flashcard Dalam dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa pada Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris Kelas II MI AR-Rochman Semarang Garut. Jurnal , Education, O.,
Muharis, R. D., & Yulia, C. (2022). Efektivitas Media Flashcard Dalam. 8(2), 683–689.Pendidikan Universitas Garut, 04(01), 10–19.
Keliat & Anna, B. 2005. Proses Keperawatan Kesehatan Jiwa Edisi 2. Jakarta: EGC.
Muharis. R.D., & Yulia, C. Efektivitas Media Flashcard dalam Menigkatkan Self Control Peserta Didik. Research and Development Journal Of Education Vol. 8, No. 2, Oktober 2022, Pp : 683 – 689 p–ISSN 2406-9744 DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v8i2.13647 e–ISSN 2657-1056 Available online at https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/RDJE.
Mulyana, D. 2008. Metodologi Penelitian Komunikasi. Bandung: Remaja Posda Karya.
Noviandari, H., & Mursidi, A. (2019). Relationship of Self Concept, Problem Solving and Self Adjustment in Youth. International Journal for Educational and Vocational Studies, 1(6), 651–657. https://doi.org/10.29103/ijevs.v1i6.1599.
Nurmayani, L., Doyan, A., & Verawati, N. N. S. P. (2018). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 4(1), 98-104. http://dx.doi .org/10.29303/ jpft.v4i1.548.
Putri, A.K., & Setiadi, H. W. Pengembangan Media Flash Card Berbantuan Metode Silaba Pada Kemampuan Membaca Siswa. Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia Vol. 1 No. 1 AprilTahun 2021 | Hal. 15–19. https://journal.actual-insight.com/index.php/pelita/article/view/107/1977DOI: https://doi.org/10.56393/pelita.v1i1.107.
Riyana, C & Susilana, R. (2009). Media pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.
Sholiha, S., & Aulia, L. A.-A. 2020. Hubungan Self Concept dan Self Confidence. Jurnal Psikologi: Jurnal Ilmiah Fakultas Psikologi Universitas Yudharta Pasuruan, 7(1), 41–55. https://doi.org/10.35891/jip.v7i1.1954.
Widiarti, P. W. 2017. Konsep Diri (Self Concept) Dan Komunikasi Interpersonal Dalam Pendampingan Pada Siswa SMP Se Kota Yogyakarta. Informasi, 47(1), 135. https://doi.org/10.21831/informasi.v47i1.15035.
Yulikhah, S., Bukhori, B., & Murtadho, A. 2019. Self concept, self efficacy, and interpersonal communication effectiveness of student. Psikohumaniora, 4(1), 65–76. https://doi.org/10.21580/pjpp.v4i1.3196.
Zahiroh, D. N. (2020). Penggunaan Teknik Manajemen Diri dalam Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Konsep Diri Siswa SMA. PD ABKIN JATIM Open Journal System, 1(1), 47–52.
Febriyanto, B., & Yanto, A. (2019). Penggunaan media Flash Card untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Use of Flash Card Media to Improve Elementary Schools ’ Student Learning Outcomes Budi Febriyanto , Ari Yanto. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 3(2), 108–116.