Efektivitas Media Flash Card untuk meningkatkan Konsep Diri Siswa

Isi Artikel Utama

Dimas Ardika Miftah Farid
Aniek Wirastania
Jahju Hartanti

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji efektivitas media flash card dalam meningkatkan konsep diri siswa. Konsep diri digambarkan sebagai kemampuan serta sifat individu yang berpikir tentang dirinya serta bagaimana individu tersebut ingin menampilkan dirinya menurut idealnya. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian Pra-Eksperimen dengan menggunakan one group pre-test post-test design. Pengambilan data dilakukan di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Jalan Jawa Surabaya. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara, didapatkan bahwa sekitar 55% siswa menghadapi masalah konsep diri yang rendah, seperti yang diperlihatkan melalui pengisian instrumen bimbingan dan konseling. Hasil pengujian statistik menunjukkan nilai Asymp. Sig = 0,036, di mana nilai Asymp. Sig 0.001 < α = 0.05, sehingga Ho ditolak dan H1 diterima. Data hasil skor pre-test dan post-test juga menunjukkan adanya peningkatan konsep diri siswa setelah pemberian treatment menggunakan media flash card. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media flash card efektif untuk meningkatkan konsep diri siswa.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Rincian Artikel

Bagian
Artikel

Referensi

Andriasari, F. Konsep Diri Pada Anak Sekolah Dasar dan Menengah Pertama. Seminar Psikologi & Kemanusiaan. 2015 Psychology Forum UMM, ISBN: 978-979-796-324-8.

Farid, D. A. M. (2021). Pengaruh Teknik Restrukturing Kognitif Dalam Konseling Kelompok Terhadap Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling UNIPA Surabaya Di Masa Pandemi Covid-19. Buana Pendidikan, 17(1).

Febriyanto, B. & Yanto A. Penggunaan Media Flash Card untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. https://doi.org/10.32585/jkp.v3i2.302. Jurnal Komunikasi Pendidikan, Vol.3 No.2, 2019, pp 108-116.

Hotimah, E. (2010). Penggunaan Media Flashcard Dalam dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa pada Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris Kelas II MI AR-Rochman Semarang Garut. Jurnal , Education, O.,

Muharis, R. D., & Yulia, C. (2022). Efektivitas Media Flashcard Dalam. 8(2), 683–689.Pendidikan Universitas Garut, 04(01), 10–19.

Keliat & Anna, B. 2005. Proses Keperawatan Kesehatan Jiwa Edisi 2. Jakarta: EGC.

Muharis. R.D., & Yulia, C. Efektivitas Media Flashcard dalam Menigkatkan Self Control Peserta Didik. Research and Development Journal Of Education Vol. 8, No. 2, Oktober 2022, Pp : 683 – 689 p–ISSN 2406-9744 DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v8i2.13647 e–ISSN 2657-1056 Available online at https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/RDJE.

Mulyana, D. 2008. Metodologi Penelitian Komunikasi. Bandung: Remaja Posda Karya.

Noviandari, H., & Mursidi, A. (2019). Relationship of Self Concept, Problem Solving and Self Adjustment in Youth. International Journal for Educational and Vocational Studies, 1(6), 651–657. https://doi.org/10.29103/ijevs.v1i6.1599.

Nurmayani, L., Doyan, A., & Verawati, N. N. S. P. (2018). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 4(1), 98-104. http://dx.doi .org/10.29303/ jpft.v4i1.548.

Putri, A.K., & Setiadi, H. W. Pengembangan Media Flash Card Berbantuan Metode Silaba Pada Kemampuan Membaca Siswa. Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia Vol. 1 No. 1 AprilTahun 2021 | Hal. 15–19. https://journal.actual-insight.com/index.php/pelita/article/view/107/1977DOI: https://doi.org/10.56393/pelita.v1i1.107.

Riyana, C & Susilana, R. (2009). Media pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

Sholiha, S., & Aulia, L. A.-A. 2020. Hubungan Self Concept dan Self Confidence. Jurnal Psikologi: Jurnal Ilmiah Fakultas Psikologi Universitas Yudharta Pasuruan, 7(1), 41–55. https://doi.org/10.35891/jip.v7i1.1954.

Widiarti, P. W. 2017. Konsep Diri (Self Concept) Dan Komunikasi Interpersonal Dalam Pendampingan Pada Siswa SMP Se Kota Yogyakarta. Informasi, 47(1), 135. https://doi.org/10.21831/informasi.v47i1.15035.

Yulikhah, S., Bukhori, B., & Murtadho, A. 2019. Self concept, self efficacy, and interpersonal communication effectiveness of student. Psikohumaniora, 4(1), 65–76. https://doi.org/10.21580/pjpp.v4i1.3196.

Zahiroh, D. N. (2020). Penggunaan Teknik Manajemen Diri dalam Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Konsep Diri Siswa SMA. PD ABKIN JATIM Open Journal System, 1(1), 47–52.

Febriyanto, B., & Yanto, A. (2019). Penggunaan media Flash Card untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Use of Flash Card Media to Improve Elementary Schools ’ Student Learning Outcomes Budi Febriyanto , Ari Yanto. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 3(2), 108–116.