Skala Kematangan Karier Siswa SMK

Isi Artikel Utama

Yuanita Dwi Krisphianti
Fenti Adelia Nurwulansari

Abstrak

Hasil studi pendahuluan menemukan bahwa kematangan karir siswa SMK tergolong rendah, antara lain a) siswa tidak memiliki rencana untuk kelanjutan karier setelah lulus sekolah, b) siswa tidak memiliki usaha untuk mencari informasi jurusan karier yang dipilih, c) siswa tidak tertarik membaca informasi tentang karier yang telah dipajang, dan d) siswa kesulitan memutuskan mau kemana dan apa yang harus dikerjakan ketika lulus sekolah. Peneliti perlu berupaya untuk meningkatkan kematangan karier siswa SMK. Untuk mengukur peningkatan kematangan karier dalam upaya tersebut, peneliti mengembangkan instrumen berupa skala kematangan karier siswa SMK yang valid dan reliabel. Oleh karena itu, artikel ini memaparkan uji validitas dan reliabilitas skala kematangan karier siswa SMK yang telah dikembangkan sendiri oleh peneliti. Berdasarkan hasil uji validitas yang ditelah diberikan kepada 139 siswa kelas XI SMK Pemuda Papar, diperoleh 55 item skala yang valid dengan t tabel sebesar 0.166 dan tingkat reliabel sebesar 0.892. Dari 55 aitem valid, semua mewakili setiap indikator kematangan karier. Berdasarkan uji validitas dan reliabilitas instrumen, maka skala kematangan karier dapat digunakan untuk mengukur tigkat kematangan karier siswa SMK Pemuda Papar pada tahap penelitian selanjutnya.

Downloads

Download data is not yet available.

Rincian Artikel

How to Cite
Krisphianti, Y. D., & Nurwulansari, F. A. (2022). Skala Kematangan Karier Siswa SMK. Nusantara of Research : Jurnal Hasil-Hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 9(1), 8-17. https://doi.org/10.29407/nor.v9i1.16315
Bagian
Artikel
Bookmark and Share

Referensi

Azwar, S (1994). Seleksi Aitem dalam Penyusunan Skala Psikologi. Buletin Psiko-logi. 2,26-33.

Borg, W.R & Gall, M.D. 1983. Educational Research an Introduction with Plain. New York: McGaw Hill.

Crites, J. O. 1981. Career Counseling: Models, Method, and Materials. New York: McGraw Hill.

Dillard, J. M. 1985. Life Long Career Planning. Ohio: A Bell & Howell Company.

Febriyanti, Citra. 2016. Pengembangan Skala Pengukuran Perilaku Pro Lingkungan: General Ecological Behavior (GEB) Scale. JP3I. 5(2), 153-182.

Hamzah, Amir. 2019. Kematangan Karier Teori dan Pengukurannya. Batu: Literasi Nusantara.

Healy, Ch. C. (1982). Career Gaidance Through the Life Stages. Los Angeles: Allyn and Bacon, Inc.

Nunnaly, J.C. (1981). Psychometric Theory (2nd edition). New York: McGraw-Hill Publishing Company.

Savickas, M.L. (1999). The Transition from School to Work: A Developmental Perspective. The Career Development Quartely. 4, 326-336.

Sinamora, Henry. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: STIE YKPN.

Suharman. 2012. Pengembangan Skala Kemandirian. Jurnal Psikologi Indonesia. 1(2), 66-76.

Suryabrata, S. (2005). Pengembangan Alat Ukur Psikologis. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Wijaya, F. (2008). Hubungan antara Kematangan Karir dengan Motivasi Belajar pada Siswa Kelas X MAN Cibinong. Skripsi. Tidak Dipublikasikan. Jakarta: Gunadarma.

Zulkaida, A., dkk. 2007. Pengaruh Locus of Control dan Efikasi Diri terhadap Kematangan Karir Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Proceeding PESAT, Agustus 21-22 2007. Jakarta Barat: Auditorium Kampus Gunadarma.

Most read articles by the same author(s)