Pengaruh Play Therapy Dengan Media Boneka Tangan Dalam Bimbingan Kelompok Terhadap Sosio Emosional Siswa SMP Hang Tuah 1 Surabaya Di Masa Pandemi Covid-19

Isi Artikel Utama

Kholifatul Dwinur Kholisah
Sutijono
Dimas Ardika Miftah Farid

Abstrak

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh play therapy dengan media boneka tangan dalam bimbingan kelompok terhadap sosio emosional siswa SMP Hang Tuah 1 Surabaya di masa pandemi Covid-19. Jenis penelitian ini Pre-eksperimental dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Pada rancangan penelitian ini menggunakan rancangan penelitian one group pre-test post-test design. Subjek penelitian sebanyak 5 siswa yang memiliki sosio emosional yang rendah. Pengujian hipotesis yang digunakan oleh peneliti yaitu wilcoxon signed ranks test. Hasil penelitian ini menunjukan terdapat peningkatan rata-rata skor sosio emosional siswa SMP Hang Tuah 1 Surabaya dari nilai mean pre-test 76,80 menjadi nilai mean post-test 96,60 artinya play therapy dengan media boneka tangan dalam bimbingan kelompok berpengaruh terhadap sosio emosional siswa (Asymp. Sig = 0,043; Asymp. Sig = 0,043 < α = 0,05).  Berdasarkan hasil penelitian membuktikan bahwa penggunaan play therapy dengan media boneka tangan dalam bimbingan kelompok terdapat pengaruh terhadap meningkatkan sosio emosional siswa.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Rincian Artikel

Bagian
Artikel

Referensi

Arikunto, Suharsimi. 2015. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaplin, J.P. 2008. Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Ginanti, Ni Wayan, Asep Solikin, and Heru Nurrohman. 2017. “Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik SMPN 1 Selat Kuala Kapuas.” Suluh: Jurnal Bimbingan dan Konseling 2(2): 39–41.

Hartinah, Siti, and Agus Dwi Setyawan. 2019. “Pengembangan Panduan Bimbingan Keterampilan Kerjasama Berbasis Permainan Tradisional Balbudih Untuk Siswa SMP.” 01(02): 109–21.

Hatiningsih, N. 2013. “Play Therapy Untuk Meningkatkan Konsentrasi Pada Anak Attention Deficit Hyperactive Disorder (ADHD).” Journal of Petrology 01(02): 1689–99. http://dx.doi.org/10.1016/j.jsames.2011.03.003%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.gr.2017.08.001%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.precamres.2014.12.018%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.precamres.2011.08.005%0Ahttp://dx.doi.org/10.1080/00206814.2014.902757%0Ahttp://dx.

Kusumaningtyas, Anik suryani. 2016. “Prosiding Seminar Nasional Jurusan BK UNESA Surabaya, 28 Mei 2016 Peran Bimbingan Dan Konseling Dalam Pendidikan Karakter Menyosong Generasi Emas Indonesia.” : 58–63.

Landreth, G.L. 2001. Innovations in Play Therapy. Library od Congress Cataloging in Publication.

Megawanti, Priarti, Erna Megawati, and Siti Nurkhafifah. 2020. “Persepsi Peserta Didik Terhadap PJJ Pada Masa Pandemi Covid 19.” Jurnal Ilmiah Kependidikan 7(2): 75–82.

Sujadi, Eko. 2019. “Penerapan Play Therapy Dengan Menggunakan Permainan Tradisional Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosio Emosional.” Jurnal Bimbingan dan Konseling Terapan 03(01): 14–24.

Sukri, Made. 2019. “Mengatasi Permasalahan Dan Peningkatan Prestasi Belajar IPA Melalui Konseling Eklektif Dengan Perilaku Attending Pada Siswa VIII B2 Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019 SMP Negeri 6 Singaraja.” Jurnal IKA 17(1).

Sulianto Joko, Mei Fita Asri Untari, and Fitri Yulianti. 2014. “Media Boneka Tangan Dalam Metode Berceritera Untuk Menanamkan Karakter Positif Kepada Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan 15(2): 94–104.

Suryabrata, Sumadi. 2015. Metodologi Penelitian. Jakarta: Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Syukur, Abdul. 2015. “Peran Pengasuh Membentuk Sikap Sosio Emosional Anak.” PG--PAUD Trunojoyo 2: 1–7.

Zein, Afrizal. 2020. “Pendeteksian VIirus Corona Dalam Gambar X-Ray Menggunakan Algoritma Artifical Intelligence Dengan Deep Learning Python.” Jurnal Teknologi Informasi ESIT XV(01): 19–23.